INTEGRASI NILAI-NILAI ISLAM DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (STUDI KASUS : MA DARUNNAJAH AL-FALAH TELAGAWARU)

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i2.5888

Authors

  • Samsul Bahri Universitas Islam Negeri Mataram
  • Erpin Evendi Universitas Islam Negeri Mataram
  • Kristayulita Kristayulita Universitas Islam Negeri Mataram

Keywords:

Integrasi, Nilai-Nilai Islam, Pembelajaran Matematika

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti terhadap pembelajaran matematika terintegrasi nilai-nilai islam disekolah.  Beberapa tahun terakhir terdapat minat yang semakin meningkat terhadap integrasi integrasi nilai-nilai islam dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan pemahaman siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan integrasi nilai-nilai islam dalam pembelajaran matematika MA Darunnajah Al-Falah Telagawaru. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian yaitu pendekatan kualitatif dengan  jenis studi kasus, metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di MA Darunnajah Al-Falah Telagawaru, Kecamatan Labuapi, Kabupaten Lombok Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan integarsi nilai-nilai islam dalam pembelajaran matematika melalui 3 tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Penerapan integrasi nilai-nilai islam dalam pembelajaran matematika matematika disekolah masih belum sepenuhnya mengandung nilai-nilai islam, masih penggunaan RPP secara umum, serta belum menjadikan penerapan nilai-nilai islam dalam pembelajaran matematika sebagai indikator utama menilai keberhasilan dalam pembelajaran matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina Rahayu, Fitri Raudah, S. E. (2022). Integrasi Nilai-Nilai Islam Dalam Pembelajaran Matematika Di Madrasah Ibtidaiyyah. Jurnal Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 13(2), 38–45. https://doi.org/10.47435/al-qalam.v13i2.741
Arifin, M. I. (2023). Matematika Terintegrasi Keislaman.
Ariningsih, I., & Amalia, R. (2020). Membangun Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Yang Berintegrasi Keislaman. Journal on Teacher Education, 1(2), 1–8. https://doi.org/10.31004/jote.v1i2.511
Azzahrah, F., Setiawan, B., & Supana, S. (2018). Internalisasi Nilai Religius Pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp) Muatan Lokal Bahasa Jawa Di Lembaga Pendidikan Islam. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 16(3), 321–330. https://doi.org/10.32729/edukasi.v16i3.497
Dasar, S., Kecamatan, D., & Jepara, K. (2021). Indonesian Journal for Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di Era Pandemi pada. 2(1), 327–335.
Dr. Elis Ratnawulan, Dr. H.A Rusdiana. (n.d.). https://digilib.uinsgd.ac.id/2336/1/BUKU EVALUASI PEMBELAJARAN.pdf
Engel Novita Ramadani, & Dina Fitria Handayani. (2024). Instrumen Penilaian Hasil Pembelajaran Kognitif Pada Tes Objektif. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial (Jupendis), 2(4), 86–96. https://doi.org/10.54066/jupendis.v2i4.2159
Hamidah, I., & Susilawati, S. (2023). Pembelajaran Matematika Berintegrasi Nilai-Nilai Keislaman Dalam Pembentukan Karakter Siswa. Indonesian Journal of Teaching and Learning (INTEL), 2(1), 29–36. https://doi.org/10.56855/intel.v2i1.143
Imamuddin, M. (2023). Peranan Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Pembelajaran Matematika. Kaunia : Integration and Interconnection of Islam and Science Journal, 19(1), 15–21.
Kurniati, A. (2015). Mengenalkan Matematika Terintegrasi Islam Kepada Anak Sejak Dini. Suska Journal of Mathematics Education, 1(1), 1. https://doi.org/10.24014/sjme.v1i1.1326
Kusnadi, D., Islam, A., & Bima, M. (2022). INTEGRASI NILAI-NILAI ISLAM DALAM MEMBELAJARKAN MATEMATIKA SEBAGAI BENTUK PENGUATAN KARAKTER. 9(1).
Maryati, I., & Priatna, N. (2017). Integrasi Nilai-Nilai Karakter Matematika melalui Pembelajaran Kontekstual. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 333–344. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i3.456
Mouwn Erland. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Issue March).
Nur Safana, M., & Luthfia Atika, N. (2024). Integrasi Nilai-Nilai Islam Pada Pembelajaran Matematika: Kajian Literatur. Religion : Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 3(2), 114–125. https://maryamsejahtera.com/index.php/Religion
Putri, T. A., Wati, L. R., Islam, U., Imam, N., & Padang, B. (2024). Memahami Konsep Desain Pembelajaran Serta Evaluasi Penilaian dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. 2.
Sugiono. (2012). Metode Penelitian Kualitatif Sugiyono. Mode Penelitian Kualitatif.
Weran, Y. T. I., Rais, B., & Mikha. (2021). Pengabdian dan Pemberdayaan Masyakat. ABDIMASY: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 104–114. https://ejournal.stai-tbh.ac.id/index.php/abdimasy/article/download/521/328
Yustinaningrum, B., Lubis, N. A., Gradini, E., & Fitri, A. (2020). Integrasi Nilai Islami dengan Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Matematikadi MTs Negeri 3 Aceh Tengah. 4(2), 205–214.

Downloads

Published

2025-06-02

How to Cite

Bahri, S., Evendi, E., & Kristayulita, K. (2025). INTEGRASI NILAI-NILAI ISLAM DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (STUDI KASUS : MA DARUNNAJAH AL-FALAH TELAGAWARU). Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 376–392. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i2.5888