INTEGRASI NILAI-NILAI ISLAM DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (STUDI KASUS : MA DARUNNAJAH AL-FALAH TELAGAWARU)
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i2.5888
Keywords:
Integrasi, Nilai-Nilai Islam, Pembelajaran MatematikaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti terhadap pembelajaran matematika terintegrasi nilai-nilai islam disekolah. Beberapa tahun terakhir terdapat minat yang semakin meningkat terhadap integrasi integrasi nilai-nilai islam dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan pemahaman siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan integrasi nilai-nilai islam dalam pembelajaran matematika MA Darunnajah Al-Falah Telagawaru. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus, metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di MA Darunnajah Al-Falah Telagawaru, Kecamatan Labuapi, Kabupaten Lombok Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan integarsi nilai-nilai islam dalam pembelajaran matematika melalui 3 tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Penerapan integrasi nilai-nilai islam dalam pembelajaran matematika matematika disekolah masih belum sepenuhnya mengandung nilai-nilai islam, masih penggunaan RPP secara umum, serta belum menjadikan penerapan nilai-nilai islam dalam pembelajaran matematika sebagai indikator utama menilai keberhasilan dalam pembelajaran matematika.
Downloads
References
Arifin, M. I. (2023). Matematika Terintegrasi Keislaman.
Ariningsih, I., & Amalia, R. (2020). Membangun Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Yang Berintegrasi Keislaman. Journal on Teacher Education, 1(2), 1–8. https://doi.org/10.31004/jote.v1i2.511
Azzahrah, F., Setiawan, B., & Supana, S. (2018). Internalisasi Nilai Religius Pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp) Muatan Lokal Bahasa Jawa Di Lembaga Pendidikan Islam. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 16(3), 321–330. https://doi.org/10.32729/edukasi.v16i3.497
Dasar, S., Kecamatan, D., & Jepara, K. (2021). Indonesian Journal for Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di Era Pandemi pada. 2(1), 327–335.
Dr. Elis Ratnawulan, Dr. H.A Rusdiana. (n.d.). https://digilib.uinsgd.ac.id/2336/1/BUKU EVALUASI PEMBELAJARAN.pdf
Engel Novita Ramadani, & Dina Fitria Handayani. (2024). Instrumen Penilaian Hasil Pembelajaran Kognitif Pada Tes Objektif. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial (Jupendis), 2(4), 86–96. https://doi.org/10.54066/jupendis.v2i4.2159
Hamidah, I., & Susilawati, S. (2023). Pembelajaran Matematika Berintegrasi Nilai-Nilai Keislaman Dalam Pembentukan Karakter Siswa. Indonesian Journal of Teaching and Learning (INTEL), 2(1), 29–36. https://doi.org/10.56855/intel.v2i1.143
Imamuddin, M. (2023). Peranan Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Pembelajaran Matematika. Kaunia : Integration and Interconnection of Islam and Science Journal, 19(1), 15–21.
Kurniati, A. (2015). Mengenalkan Matematika Terintegrasi Islam Kepada Anak Sejak Dini. Suska Journal of Mathematics Education, 1(1), 1. https://doi.org/10.24014/sjme.v1i1.1326
Kusnadi, D., Islam, A., & Bima, M. (2022). INTEGRASI NILAI-NILAI ISLAM DALAM MEMBELAJARKAN MATEMATIKA SEBAGAI BENTUK PENGUATAN KARAKTER. 9(1).
Maryati, I., & Priatna, N. (2017). Integrasi Nilai-Nilai Karakter Matematika melalui Pembelajaran Kontekstual. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 333–344. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i3.456
Mouwn Erland. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Issue March).
Nur Safana, M., & Luthfia Atika, N. (2024). Integrasi Nilai-Nilai Islam Pada Pembelajaran Matematika: Kajian Literatur. Religion : Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 3(2), 114–125. https://maryamsejahtera.com/index.php/Religion
Putri, T. A., Wati, L. R., Islam, U., Imam, N., & Padang, B. (2024). Memahami Konsep Desain Pembelajaran Serta Evaluasi Penilaian dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. 2.
Sugiono. (2012). Metode Penelitian Kualitatif Sugiyono. Mode Penelitian Kualitatif.
Weran, Y. T. I., Rais, B., & Mikha. (2021). Pengabdian dan Pemberdayaan Masyakat. ABDIMASY: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 104–114. https://ejournal.stai-tbh.ac.id/index.php/abdimasy/article/download/521/328
Yustinaningrum, B., Lubis, N. A., Gradini, E., & Fitri, A. (2020). Integrasi Nilai Islami dengan Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Matematikadi MTs Negeri 3 Aceh Tengah. 4(2), 205–214.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.