INTEGRASI NILAI-NILAI ISLAM DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

(Studi Kasus SMPN 5 Gerung)

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7055

Authors

  • Kamaludin Universitas Islam Negeri Mataram
  • Husnial Pardi Universitas Islam Negeri Mataram
  • Erpin Evendi Universitas Islam Negeri Mataram

Keywords:

integrasi, nilai islam, pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan deskripsi mendalam tentang integrasi nilai-nilai Islam dalam pembelajaran matematika di SMPN 5 Gerung, serta untuk menganalisis faktor-faktor yang mendukung dan menghambat proses implementasinya. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan desain studi kasus, penelitian ini berfokus pada pemahaman fenomena dalam konteks yang lebih dalam. Subjek yang diteliti meliputi guru matematika, kepala sekolah, dan siswa yang terlibat langsung dalam proses pembelajaran. Data penelitian dikumpulkan melalui tiga teknik utama: observasi kegiatan belajar mengajar di kelas, wawancara mendalam dengan informan kunci, dan telaah dokumen yang mencakup perangkat pembelajaran serta dokumen sekolah. Seluruh data yang berhasil dikumpulkan kemudian dianalisis melalui tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Tujuannya adalah untuk menghasilkan gambaran yang komprehensif mengenai praktik integrasi nilai-nilai Islam dalam pembelajaran matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azzuhro, M., & Salminawati, S. (2023a). Integration of Mathematics Learning with Islamic Values in Elementary Schools. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 5(2), 397–413. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v5i2.3000

Azzuhro, M., & Salminawati, S. (2023b). Integration of Mathematics Learning with Islamic Values in Elementary Schools. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 5(2), 397–413. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v5i2.3000

Dwirahayu, G., Satriawati, G., Putri, F. M., Sobiruddin, D., & Firdausi. (2025). Integrating Islamic values and culture in mathematics education: A literature study. In Towards Resilient Societies: The Synergy of Religion, Education, Health, Science, and Technology (pp. 247–252). CRC Press. https://doi.org/10.1201/9781003645542-40

Ilma, F., Irawan, W. H., & Abdussakir, A. (2024). Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Pembelajaran Matematika di Madrasah Ibtidaiyyah. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(3), 3680–3690. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i3.1367

Imamuddin, M., & Isnaniah, I. (2024). Integration of Islam and Mathematics: Religious and Mathematics Education In Grand Mosque of West Sumatra. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 16(2), 640–650. https://doi.org/10.35445/alishlah.v16i2.4724

Imani Zahra, A., & Aini Samsul Putri, A. (2024). Analisis Integrasi Nilai-Nilai Keislaman Dalam Pembelajaran Matematika Pada Kurikulum Merdeka Di Smpn 210 Jakarta. Jurnal Inovasi Global, 2(3). https://doi.org/10.58344/jig.v2i3

Lubis, S., & Sumiatun. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka di Tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI). TA’DIBAN: Journal of Islamic Education, 4(2), 49–56. https://doi.org/10.61456/tjie.v4i2.152

Maarif, S. (2015). Integrasi matematika dan islam dalam pembelajaran matematika. Infinity Journal, 4(2), 223-236.

Nurjanah, M. (2021). Integrasi Nilai-Nilai Islam Dalam Pembelajaran Matematika Di Madrasah Ibtidaiyyah. Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam dan Pendidikan, 13(2), 38-45.

MTsN, E. (n.d.). EL-DARISA: Jurnal Pendidikan Islam Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Pembelajaran Matematika. http://ejournal.staihwduri.ac.id/index.php/eldarisa/98

Nisa’, A. Z., Abdussakir, A., & Rofiki, I. (2023). Integration of Islamic values in mathematical modeling through Model Eliciting Activities Based Learning. International Journal on Teaching and Learning Mathematics, 6(1), 1–14. https://doi.org/10.18860/ijtlm.v6i1.19686

Sari, J. (2024a). INTEGRASI NILAI-NILAI ISLAM DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI TRIGONOMETRI. Jurnal Inovasi Global, 2(3). https://doi.org/10.58344/jig.v2i3

Sari, J. (2024b). INTEGRASI NILAI-NILAI ISLAM DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI TRIGONOMETRI. Jurnal Inovasi Global, 2(3). https://doi.org/10.58344/jig.v2i3

Downloads

Published

2025-10-06

How to Cite

Kamaludin, K., Pardi, H., & Evendi, E. (2025). INTEGRASI NILAI-NILAI ISLAM DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA: (Studi Kasus SMPN 5 Gerung). Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(4). https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7055