PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL KELAS VIII DI SMPN SATAP 3 SOA
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i2.5764
Keywords:
Aritmatika Sosial, Discovery Learning, Pengembangan ModulAbstract
Penelitian ini berfokus pada pengembangan modul matematika berbasis discovery learning untuk materi Aritmetika Sosial. Modul ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan siswa SMP dalam memahami konsep Aritmetika Sosial dengan cara yang interaktif dan berbasis penemuan. Pengembangan modul menggunakan model ADDIE yang melibatkan lima tahap: analisis kebutuhan pembelajaran, perancangan struktur modul, pengembangan modul yang divalidasi oleh ahli, implementasi melalui uji coba di kelas, dan evaluasi efektivitas modul berdasarkan hasil validasi dan uji coba. Hasil validasi menunjukkan skor rata-rata 87,98%, yang dikategorikan valid, berdasarkan penilaian oleh satu ahli materi dan dua ahli desain. Uji coba di kelas dengan 20 siswa menghasilkan skor kepraktisan sebesar 38,72%, yang dikategorikan praktis. Dengan hasil ini, modul berbasis discovery learning tersebut dinyatakan valid dan praktis, sehingga dapat digunakan sebagai alat bantu pembelajaran. Modul ini dirancang untuk mendukung siswa dalam memahami materi secara aktif dan mandiri, dengan harapan dapat meningkatkan hasil belajar mereka pada materi Aritmetika SosialKata kunci: tiga hingga lima kata aritmatika sosial, discovery learning, pengembangan modul
Downloads
References
Arta Rusidarma Putra, (2018), Tujuan Pendidikan.Yogyakarta: Nusa Indah.
Astuti, M. S. (2015). Peningkatan keterampilan bertanya dan hasil belajar siswa kelas 2 SDN Slungkep 03 menggunakan model Discovery Learning. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(1), 10-23. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i1.p10-23
Bela, M. E., Wewe, M., & Lengi, S. (2021). Pengembangan modul matematika materi aritmatika sosial berbasis pendekatan saintifik untuk siswa kelas VII SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 391-400.https://www.researchgate.net/publication/350608077_Pengembangan_Modul_Matematika_Materi_Aritmatika_Sosial_Berbasis_Pendekatan_Saintifik_Untuk_Siswa_Kelas_VII_SMP
Bela, M. E. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran kontekstual untuk materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas x siswa SMK. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 5(1), 65-75.
Bhoke, W. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Karakter dengan Model Realistic Mathematic Education pada Materi Segiempat. Jurnal Pendidikan Matematika, ISSN 2615-3939. http://journal.stainKudus.ac.id/index.php/jmtk
Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer Science & Business Media. New York.
https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6
Danisa, V. S., Sucita, & Sunarno, W. (2015). Pengembangan Modul Berbasis Brain Based Learning Disertai Vee Diagram Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ranah Kognitif. Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains), 5(November), 141–151.
https://doi.org/10.54373/imeij.v4i2.354
Dhiu, V. (2019). Pengembangan bahan ajar elektronik multimedia berbasis budaya lokal ngada pada tema indahnya keberagaman di negeriku untuk siswa sekolah dasar kelas IV di kabupaten Ngada. Skripsi.(tidak diterbitkan). Ngada: STKIP Citra Bakti.
Fitriani, A. (2019). Pengaruh Model Brain Based Learning Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Mipa, 9(1), 6–9. https://doi.org/10.37630/jpm.v9i1.129
Haryanti, F. & Saputro, B. A. (2016). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Discovery Learning Berbantuan Flipbook Maker untuk Meningkatkan
Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Segitiga https://www.kalamatika.matematika-uhamka.com/index.php/index
Hidayat, R., Hastuti, I. D., & Sutarto, S. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berdasarkan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Matematika Smp Kelas VIII. JPIn: Jurnal Pendidik Indonesia, 5(2), 1-10.
https://doi.org/10.47165/jpin.v5i2.403
Ibrahim, D. (2016). Pengaruh model pembelajaran brain based learning terhadap aktivitas belajar siswa. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 1(2), 159-173.
https://www.researchgate.net/publication/334450515_Pengaruh_Model_Pembelajaran_Brain_Based_Learning_Terhadap_Aktivitas_Belajar_Siswa
Irsalina, A., & Dwiningsih, K. (2018). Analisis kepraktisan pengembangan lembar kegiatan peserta didik (LKPD) berorientasi blended learning pada materi asam basa. Jurnal Kimia dan Pendidikan Kimia, 3(3), 171-182.
Istiana, A. A. Implementasi Program Kampus Mengajar Angkatan 6 Dalam Kegiatan Meningkatkan Literasi Dan Numerasi Siswa Kelas 8 Smp Bhinneka Karya Klego 2023.https://ejournal.melekliterasi.com/index.php/jpmlk/article/view/12
Marsitin, R. (2018). Kemampuan Penalaran Matematik dalam Pembelajaran Discovery Berbasis Mind Map pada Fungsi Kompleks. Jurnal Tadris Matematika, 1(1), 55-64.10.21274/jtm.2018.1.1.55-64
Nasional Pendidikan Fisika III 2017 (h. 167-173). Madiun: Universitas PGRI Brigenta, D., Handhika, J. & Sasono, M. (2017). Pengembangan Modul Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. Seminar Madiun. https://doi.org/10.31851/luminous.v3i1.7079
Nugrahani, P. (2019). Pengembangan Modul Matematika Materi Hubungan Antar Sudut Pada Dua Garis Sejajar Untuk Kelas VII SMP Regina Pacis Surakarta. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Sanata Dharma Yogyakarta. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.35909.35048
Nurdyansyah, N. (2018). Pengembangan bahan ajar modul ilmu pengetahuan alambagi siswa kelas iv sekolah dasar. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v11i2.14507
Nurhasikin, N., Ningsih, K., & Titin, T. (2019). Pengembangan modul berbasis discovery learning materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan sma. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 8(2), 163-178. https://doi.org/10.31571/saintek.v8i2.1223
Pangesti, K. I., Yulianti, D., & Sugianto, S. (2017). Bahan ajar berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa SMA. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 6(3), 53-58. https://doi.org/10.15294/upej.v6i3.19270
Rohana, S. R. (2022). Model Pembelajaran Paikem Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. Al-Ihtirafiah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), 327–345.https://doi.org/10.47498/ihtirafiah.v2i02.1241
Siamy, L., Farida, F., & Syazali, M. (2018). Media belajar matematika berbasis multimedia interaktif dengan pendekatan contextual teaching and learning. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 113-117. http://dx.doi.org/10.24042/djm.v1i1.1919
Utomo, E. P. (2018). Pengembangan LKPD berbasis komik untuk meningkatkan literasi ekonomi peserta didik. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 1-10.
https://dx.doi.org/10.17977/um014v13i12020p030
Wangge, M. C. T., & Wewe, M. (2023). Pengembangan LKS berbasis Pendidikan matematika realistik (PMR) pada materi sistem persamaan linear dua variable (spldv) siswa kelas VIII SMPN SATAP 3 SO’A. jurnal IMEDTECH, 7.(1),1-10. eISSN 2580-6033.https://ejournal.citrabakti.ac.id//index.php/imedtech/article/view/293
Widyanti, W., Zetriuslita, Z., Suripah, S., & Qudsi, R. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Kontekstual pada Materi Kubus dan Balok Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 6(3), 47-57.https://doi.org/10.33369/jpmr.v6i3.16809
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.