IMPLEMENTASI PELAKSANAAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 7 UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI DAN NUMERASI DI SISWA SDK SUPILAPE

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i2.5761

Authors

  • Maria Anjelina Putrini Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Citra Bakti
  • Wilibaldus Bhoke Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Citra Bakti
  • Maria Editha Bela Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Citra Bakti
  • Melkior Wewe Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Citra Bakti

Keywords:

Implementasi,, Program Kampus Mengajar, Literasi, Numerasi

Abstract

Program Kampus Mengajar bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T), serta memberikan pengalaman praktis bagi mahasiswa di luar lingkungan kampus. Penelitian ini difokuskan pada peningkatan literasi dan numerasi siswa dengan kemampuan rendah dengan metode deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui dokumentasi serta observasi, yang hasilnya kemudian disimpulkan. Berdasarkan penelitian, Program Kampus Mengajar Angkatan 7 terbukti efektif dalam meningkatkan numerasi serta literasi siswa di Sekolah Dasar Katolik Supilape, sebagaimana terlihat dalam hasil penelitian dan pembahasan. Mahasiswa berperan aktif dalam mendampingi siswa dan bekerja sama dengan guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Program yang dilaksanakan ialah pojok baca dan jam tambah numerasi, mendapat respons positif dari guru dan siswa karena membantu meningkatkan pemahaman materi dengan metode yang lebih interaktif dan menarik. Efektivitas program ini terlihat dari hasil Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Pada pretest, 58% siswa memiliki kemampuan literasi dalam kategori cukup, sementara 41% belum tuntas dalam numerasi. Setelah program dijalankan, hasil posttest menunjukkan peningkatan signifikan, dengan 72% siswa berada dalam kategori baik untuk literasi dan 60% dalam kategori cukup untuk numerasi. Peningkatan ini menunjukkan bahwa metode yang diterapkan dalam program berjalan efektif, membantu siswa memahami materi secara lebih baik. Hal ini juga membuktikan bahwa pendampingan oleh mahasiswa dan kerja sama dengan guru pada pembelajaran berdampak positif pada perkembangan akademik siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

An-Nisa, Y. N., & Legowo, M. (2022). Peran mahasiswa Kampus Mengajar dalam meningkatkan literasi dan motivasi di SD Negeri Poter 2 Bangkalan. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Ilmu Sosial (SNIIS), 2022, 267–280. Universitas Negeri Surabaya.
Bha, Y. A., Bela, M. E., & Wangge, M. C. T. (2024). Implementasi program kerja Kampus Mengajar untuk meningkatkan mutu pembelajaran pada kemampuan literasi dan numerasi di SD Inpres Rawe. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(8), 8136–8142.
Bhoke, W. (2024). Inquiry-based student worksheets to support numeracy skills. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(1), 277–283.
Fitriana, E., & Ridlwan, M. K. (2021). Pembelajaran transformatif berbasis literasi dan numerasi di sekolah dasar. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 8(1), 1284–1291.
Kedhi, K., & Bhoke, W. (2023). Upaya meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi dengan menggunakan metode AKM pada siswa kelas V SDN Radha. Jurnal Citra Magang dan Persekolahan, 1(3), 124–136.
Machmudah, N. H., & Hidayati, C. (2023). Implementasi program Kampus Mengajar Angkatan 5 dalam meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi hingga adaptasi teknologi pada SDN Gunungsari I/484 Surabaya. Prosiding Seminar Nasional Manajemen dan Ekonomi, 2(1), 171–180.
Peng, P., Lin, X., Ünal, Z. E., Lee, K., Namkung, J., Chow, J., & Sales, A. (2020). Examining the mutual relations between language and mathematics: A meta-analysis. Psychological Bulletin, 146(7), 595–634.
Rasdiyanti, Y., Wangge, M. C. T., Wewe, M., Bela, M. E., & Bhoke, W. (2023). Profil kemampuan literasi, digital, dan budaya siswa kelas IV UPTD SD Negeri Riominsi. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 9(1), 557–564.
Shabrina, L. M. (2022). Kegiatan Kampus Mengajar dalam meningkatkan keterampilan literasi dan numerasi siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 916–924.
Sugiyono. (2019). Metodologi penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Susanto, A. B. .(2024). Implementasi Program Kampus Mengajar untuk Meningkatkan Literasi dan Numerasi bagi Siswa Sekolah Dasar Kelas Tinggi. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 4(2), 147–154. https://doi.org/10.56972/jikm.v4i2.177
Tai, Y. V., Tali Wangge, M. C., Bhoke, W., & Wewe, M. (2024). Analisis kemampuan numerasi pada materi penjumlahan dan perkalian pada siswa kelas III UPTD SDI Tarawaja. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 9(1), 435–443. https://doi.org/10.32938/jipm.Vol9.No1.2024.435-443
Teguh, M. (2020). Gerakan literasi sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 1(2), 1–9.
Wahyuti, E., Purwadi, P., & Kusumaningtyas, N. (2023). Analisis kemampuan pemecahan masalah melalui pembelajaran literasi baca tulis dan numerasi pada anak usia dini. Enggang: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 3(2), 9–20.
Yulianeta. (2023). The implementation of Kampus Mengajar Perintis program as an alternative solution to problems in elementary schools during the pandemic. IJE: International Journal of Education, 16(2), 145–156.

Downloads

Published

2025-06-01

How to Cite

Putrini, M. A., Bhoke, W. ., Bela, M. E. ., & Wewe, M. W. (2025). IMPLEMENTASI PELAKSANAAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 7 UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI DAN NUMERASI DI SISWA SDK SUPILAPE. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 164–181. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i2.5761