IMPLEMENTASI PELAKSANAAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 7 UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI DAN NUMERASI DI SISWA SDK SUPILAPE
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i2.5761
Keywords:
Implementasi,, Program Kampus Mengajar, Literasi, NumerasiAbstract
Program Kampus Mengajar bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T), serta memberikan pengalaman praktis bagi mahasiswa di luar lingkungan kampus. Penelitian ini difokuskan pada peningkatan literasi dan numerasi siswa dengan kemampuan rendah dengan metode deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui dokumentasi serta observasi, yang hasilnya kemudian disimpulkan. Berdasarkan penelitian, Program Kampus Mengajar Angkatan 7 terbukti efektif dalam meningkatkan numerasi serta literasi siswa di Sekolah Dasar Katolik Supilape, sebagaimana terlihat dalam hasil penelitian dan pembahasan. Mahasiswa berperan aktif dalam mendampingi siswa dan bekerja sama dengan guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Program yang dilaksanakan ialah pojok baca dan jam tambah numerasi, mendapat respons positif dari guru dan siswa karena membantu meningkatkan pemahaman materi dengan metode yang lebih interaktif dan menarik. Efektivitas program ini terlihat dari hasil Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Pada pretest, 58% siswa memiliki kemampuan literasi dalam kategori cukup, sementara 41% belum tuntas dalam numerasi. Setelah program dijalankan, hasil posttest menunjukkan peningkatan signifikan, dengan 72% siswa berada dalam kategori baik untuk literasi dan 60% dalam kategori cukup untuk numerasi. Peningkatan ini menunjukkan bahwa metode yang diterapkan dalam program berjalan efektif, membantu siswa memahami materi secara lebih baik. Hal ini juga membuktikan bahwa pendampingan oleh mahasiswa dan kerja sama dengan guru pada pembelajaran berdampak positif pada perkembangan akademik siswa.
Downloads
References
Bha, Y. A., Bela, M. E., & Wangge, M. C. T. (2024). Implementasi program kerja Kampus Mengajar untuk meningkatkan mutu pembelajaran pada kemampuan literasi dan numerasi di SD Inpres Rawe. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(8), 8136–8142.
Bhoke, W. (2024). Inquiry-based student worksheets to support numeracy skills. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(1), 277–283.
Fitriana, E., & Ridlwan, M. K. (2021). Pembelajaran transformatif berbasis literasi dan numerasi di sekolah dasar. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 8(1), 1284–1291.
Kedhi, K., & Bhoke, W. (2023). Upaya meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi dengan menggunakan metode AKM pada siswa kelas V SDN Radha. Jurnal Citra Magang dan Persekolahan, 1(3), 124–136.
Machmudah, N. H., & Hidayati, C. (2023). Implementasi program Kampus Mengajar Angkatan 5 dalam meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi hingga adaptasi teknologi pada SDN Gunungsari I/484 Surabaya. Prosiding Seminar Nasional Manajemen dan Ekonomi, 2(1), 171–180.
Peng, P., Lin, X., Ünal, Z. E., Lee, K., Namkung, J., Chow, J., & Sales, A. (2020). Examining the mutual relations between language and mathematics: A meta-analysis. Psychological Bulletin, 146(7), 595–634.
Rasdiyanti, Y., Wangge, M. C. T., Wewe, M., Bela, M. E., & Bhoke, W. (2023). Profil kemampuan literasi, digital, dan budaya siswa kelas IV UPTD SD Negeri Riominsi. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 9(1), 557–564.
Shabrina, L. M. (2022). Kegiatan Kampus Mengajar dalam meningkatkan keterampilan literasi dan numerasi siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 916–924.
Sugiyono. (2019). Metodologi penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Susanto, A. B. .(2024). Implementasi Program Kampus Mengajar untuk Meningkatkan Literasi dan Numerasi bagi Siswa Sekolah Dasar Kelas Tinggi. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 4(2), 147–154. https://doi.org/10.56972/jikm.v4i2.177
Tai, Y. V., Tali Wangge, M. C., Bhoke, W., & Wewe, M. (2024). Analisis kemampuan numerasi pada materi penjumlahan dan perkalian pada siswa kelas III UPTD SDI Tarawaja. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 9(1), 435–443. https://doi.org/10.32938/jipm.Vol9.No1.2024.435-443
Teguh, M. (2020). Gerakan literasi sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 1(2), 1–9.
Wahyuti, E., Purwadi, P., & Kusumaningtyas, N. (2023). Analisis kemampuan pemecahan masalah melalui pembelajaran literasi baca tulis dan numerasi pada anak usia dini. Enggang: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 3(2), 9–20.
Yulianeta. (2023). The implementation of Kampus Mengajar Perintis program as an alternative solution to problems in elementary schools during the pandemic. IJE: International Journal of Education, 16(2), 145–156.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.