ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER GENAP MATEMATIKA KELAS VIII SMPN SINJAI
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i1.5672
Keywords:
Analisis butir soal, validitas, reliabilitas, Kuder-Richardson, Aiken’s VAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas butir soal Ulangan Akhir Semester Genap mata pelajaran Matematika kelas VIII di SMPN 22 Sinjai. Penelitian ini merupakan penelitian statistik deskriptif. Data diperoleh dari hasil ujian sumatif akhir semester genap sebanyak 25 butir soal pilihan ganda yang dikerjakan oleh 22 siswa kelas VIIIA sebagai sampel, serta lembar validasi dari dua orang validator yang terdiri dari satu orang ahli dan satu orang praktisi pendidikan. Instrumen penelitian divalidasi menggunakan analisis Aiken's V untuk menilai validitas isi, dan reliabilitas soal dihitung menggunakan persamaan Kuder-Richardson 20 (KR-20). Hasil analisis menunjukkan bahwa dari uji validitas Aiken's V, diperoleh nilai sebesar 0,73 yang berada pada kategori validitas tinggi. Sementara itu, koefisien reliabilitas soal berdasarkan KR-20 adalah sebesar 0,955, yang termasuk dalam kategori reliabilitas sangat tinggi. Dengan demikian, butir soal Ulangan Akhir Semester Genap Matematika kelas VIII SMPN 22 Sinjai dapat dinyatakan valid dan reliabel sehingga layak digunakan sebagai alat evaluasi hasil belajar. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi guru dalam menyusun soal yang berkualitas untuk mengukur pencapaian belajar siswa secara optimal.
Downloads
References
Anggraini, F. D. P., Aprianti, A., Setyawati, V. A. V., & Hartanto, A. A. (2022). Pembelajaran statistika menggunakan software SPSS untuk uji validitas dan reliabilitas. Jurnal Basicedu, 6(4), 6491-6504.
Darnella, A., Rahmat, H., & Idrus, A. (2020). Teknik Evaluasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Farida, A. M., & Musyarofah, A. (2021). Validitas dan Reliabilitas dalam Analisis Butir Soal. Al-Mu’arrib: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1.
Idrus, A. (2019). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
Ishak, S., Dermawan, D., & Karmila, K. (2024, November). Efektivitas Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Kurikulum Merdeka Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. In Journal Peqguruang: Conference Series (Vol. 6, No. 2, pp. 566-570).
Ishak, S., & Irmayanti, I. (2019). Perbandingan Kemampuan Menyelesaikan Masalah Matematika Pada Peserta Didik Laki-Laki Dan Perempuan Kelas VIII A SMP Negeri 4 Mamuju. Pepatudzu: Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan, 14(2), 172-186.
Magdalena, I., Fauziah, S. N., Faziah, S. N., & Nupus, F. S. (2021). Analisis validitas, reliabilitas, tingkat kesulitan dan daya beda butir soal ujian akhir semester tema 7 kelas III SDN Karet 1 Sepatan.
Muluki, A. (2020). Analisis kualitas butir tes semester ganjil mata pelajaran IPA Kelas IV MI Radhiatul Adawiyah. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 86-96.
Rahmani, M., Ningsih, K., & Nurdini, A. (2015). Analisis kualitas butir soal buatan guru biologi Kelas X SMA Negeri 1 Tanah Pinoh. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 4(2).
Rahmat, H., Darnella, A., & Wigati, S. (2020). Peran Evaluasi dalam Pendidikan. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 18(1), 22-33.
Ramadhan, M. F., Siroj, R. A., & Afgani, M. W. (2024). Validitas and Reliabilitas. Journal on Education, 6(2), 10967-10975.
Sari, V. N. I., Utomo, A. P. Y., & Sumarwati, S. (2022). Kualitas Soal Bahasa Indonesia Di SMP Muhammadiyah 1 Pontianak: Analisis Butir Soal. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 11(2), 112-119.
Subari, T., Miftahussa’adiah, R., & Ulfa, N. (2021). Pengaruh Evaluasi Soal terhadap Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 89-102.
Ulfa, N. (2020). Strategi Guru dalam Menyusun Soal Ujian. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya Press.
Wigati, S., & Aini, R. (2020). Evaluasi Soal Ujian Akhir Semester dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(4), 65-78.
Elviana. (2020). Analisis Butir Soal dalam Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.