DAMPAK IMPLEMENTASI ASESMEN FORMATIF TIPE PEER ASSESMENT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i2.5808

Authors

  • Suryadi Ishak Universitas Negeri Makassar
  • Irfawandi Samad Universitas Al Asyariah Mandar
  • Asti Arifuddin Dinas Pendidikan dan kebudayaan Provinsi Sulawesi Selatan
  • Medawati
  • Syahru

Keywords:

Asesmen formatif; Peer assessment; Hasil belajar

Abstract

Prestasi akademik siswa dalam pelajaran matematika umumnya tergolong rendah. Kondisi ini dipengaruhi oleh kurangnya pemberian umpan balik kepada siswa dan penerapan strategi evaluasi yang belum efektif. Metode evaluasi yang mampu meningkatkan pemahaman siswa dengan pemberian umpan balik terutama dari teman sebaya adalah Asesmen formatif tipe Peer Asesmen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak implementasi asesmen formatif tipe peer asesmen terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen semu. Sampel penelitian terdiri dari siswa kelas XI SMA Negeri 4 Bulukumba pada tahun ajaran 2024/2025, yang dibagi menjadi dua kelompok, satu sebagai kelas eksperimen dan satu lagi merupakan kelas kontrol. Instrumen pada penelitian ini adalah tes hasil belajar yang dikumpulkan melalui pemberian tes setelah pelaksanaan pembelajaran selesai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata – rata nilai tes hasil belajar siswa di kelas eksperimen adalah 87,07 dan mediannya adalah 85. Rata – rata nilai tes hasil belajar siswa pada kelas kontrol adalah 75,00 dan median 75,00. Hasil temuan ini mengindikasikan bahwa siswa pada kelas eksperimen memiliki pemahaman yang lebih baik terhadap materi setelah diterapkannya metode peer asesmen. Selanjutnya, hasil analisis Uji Nonparametrik menghasilkan p value < 0,001. Karena nilai p < 0,05 maka Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa implementasi asesmen formatif tipe peer asesmen berdampak positif terhadap hasil belajar matematika siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asri, S. A., & Ishak, S. (2025). ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER GENAP MATEMATIKA KELAS VIII SMPN SINJAI. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 120-133.
Ajir, B., Salmawati, S., & Ishak, S. (2025). Literature Review: Inovasi Pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) Pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Matematika (JIMAT), 6(1).
Bloom, B. S. (1956). Taxonomy of educational objectives: The classification of educational goals. Handbook I: Cognitive domain. New York: David McKay Company.
Nurwijaya, A., & Purba, R. (2023). Statistik dalam penelitian pendidikan: Teori dan aplikasi dengan SPSS. Penerbit Akademika Press.
Cobb, P. & Gravemeijer, K. (2006). Design research from a learning design perspective. Dalam Akker, Gravemeijer, K., McKenney, S., & Nieveen, N. (Eds.), Educational design research (h. 17-51). New York: Routledge.
White, T. (2022). Peer Assessment: Enhancing student learning through formative assessment.
Journal of Educational Assessment, 15(3), 120-135.
Wiliam, D., & Thompson, M. (2007). Integrating assessment with learning: What will it take to make it work? In C. A. Dwyer (Ed.), The future of assessment: Shaping teaching and learning (pp. 53-82). Lawrence Erlbaum Associates.
Al Ishaqi, A. M., & Triyana, I. W. (2023). Pengaruh Penerapan Asesmen Formatif dengan Metode Peer Assessment terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan, 11(2), 80-90.
Rahmawati, I. L., Hartono, & Nugroho, S. E. (2015). Pengembangan asesmen formatif untuk meningkatkan kemampuan self-regulation siswa pada tema suhu dan perubahannya. Jurnal Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang
Saito, H., & Fujita, T. (2004). Characteristics and user acceptance of peer rating in EFL writing classrooms. Language Teaching Research, 8(1), 31–54.
Atikah, & Amelia. (2024). Strategi penilaian dan evaluasi efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa serta umpan balik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Perspektif: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Humaniora, 9(1), Diakses pada 8 Maret 2025, dari https://journal.staiypiqbaubau.ac.id/index.php/Perspektif/article/view/1454
Black, P., & Wiliam, D. (1998). Assessment and classroom learning. Assessment in Education: Principles, Policy & Practice, 5(1), 7-74. https://doi.org/10.1080/0969595980050102
Falchikov, N., & Goldfinch, J. (2000). Student peer assessment in higher education: A meta- analysis comparing peer and teacher marks. Review of Educational Research, 70(3), 287-322. https://doi.org/10.3102/00346543070003287
Radiusman. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Siswa pada Pembelajaran Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 6(1), 1-8. jurnal.umj.ac.id
Sadler, D. R. (1989). Formative assessment and the design of instructional systems.
Instructional Science, 18(2), 119-144. https://doi.org/10.1007/BF00117714
Topping, K. (1998). Peer assessment between students in colleges and universities. Review of Educational Research, 68(3), 249-276. https://doi.org/10.3102/00346543068003249
Tsai, Y. (2022). Why Feedback Literacy Matters for Learning Analytics. In arXiv (Cornell University). Cornell University. https://doi.org/10.48550/arxiv.2209.00879
Wartulas, S. (2011). Penilaian Sekolah Dasar. Universitas Peradaban.

Downloads

Published

2025-06-02

How to Cite

Ishak, S., Irfawandi Samad, Asti Arifuddin, Medawati, & Syahru. (2025). DAMPAK IMPLEMENTASI ASESMEN FORMATIF TIPE PEER ASSESMENT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 306–319. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i2.5808