PENGEMBANGAN E-MODUL PADA MATERI KEKONGRUENAN DAN KESEBANGUNAN DI KELAS IX SMP NEGERI 18 PADANG

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i1.5395

Authors

  • Dhea Adrin Neelam Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Radhya Yusri Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Hafizah Delyana Universitas PGRI Sumatera Barat

Keywords:

Dhea Adrin Neelam, Radhya Yusri, Hafizah Delyana

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran membuat peserta didik kurang aktif dan kesulitan dalam memhami materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah E-modul pada materi Kekongruenan dan Kesebangunan yang valid dan praktis untuk peserta didik di kelas IX SMP Negeri 18 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan R&D (Research and Development) dengan model pengembangan 4-D. produk yang dikembangkan berupa E-modul pada materi Kekongruenan dan Kesebangunan. Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi, lembar praktikalitas, dan pedoman wawancara. Hasil uji validitas E-modul, diperoleh hasil validitas E-modul sebesar 92,35% dengan kategori sangat valid. Selanjutnya hasil praktikalitas yang diujikan kepada guru matematika dan peserta didik kelas IX SMP Negeri 18 Padang diperoleh hasil persentasenya 94,60% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa E-modul pada materi kekongruenan dan kesebangunan di SMP Negeri 18 Padang sudah layak untuk digunakan dan berada pada kategori valid dan praktis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, R., Sulasteri, S., Nur, F., Suci, A., & Sari, D. (2023). Development of Guided Discovery Based Mathematics Teaching Materials Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Penemuan Terbimbing pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Lengkung Kelas IX SMP / MTs. 5(1), 35–46.
Ammy, P. M. (2021). Approach in Improving Student’s Mathematical Understanding Abilities. JTAM (Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika), 5(2), 463–469. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jtam/article/view/4743%0Ahttp://journal.ummat.ac.id/index.php/jtam/article/download/4743/3201
Andajani, K. (2022). Modul Pembelajaran Berdiferensiasi. Mata Kuliah Inti Seminar Pendidikan Profesi Guru, 2.
Awwaliyah, H., Rahayu, R., & Muhlisin, A. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Smp Tema Cahaya. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 4(2), 516–523. https://doi.org/10.31002/nse.v4i2.1899
Fadli, R., & Hakiki, M. (2020). Validitas Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 1(1), 9–15. https://doi.org/10.52060/pti.v1i1.302
Febriana, R., Yusri, R., & Delyana, H. (2020). Modul Geometri Ruang Berbasis Problem Based Learning Terhadap Kreativitas Pemecahan Masalah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 9, 1(93).
Gazali, R. Y. (2016). Pembelajaran matematika yang bermakna. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 181–190. https://doi.org/10.33654/math.v2i3.47
Hartono, W., & Noto, M. S. (2017). Pengembangan Modul Berbasis Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Matematis pada Perkuliahan Kalkulus Integral. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 320. https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i2.616
Hodiyanto, H. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas MIPATEK IKIP PGRI Pontianak Jalan Ampera No 8 Pontianak , Kalimantan Barat AdMathEdu | Vol . 7 No . 1 | Juni 2017 Kemampuan … ( Hodiyanto ) Pendahuluan Manusia. AdMathEdu, 7(1), 9–18. https://www.neliti.com/publications/177556/kemampuan-komunikasi-matematis-dalam-pembelajaran-matematika
Khasanah, I., & Nurmawati, I. (2021). Pengembangan Modul Digital sebagai Bahan Ajar Biologi untuk Siswa Kelas XI IPA. Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education, 2(1), 34–44. https://doi.org/10.35719/mass.v2i1.57
Rochmad. (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Jurnal Kreano, 3(1), 59–72.
Septian, A., Adawiyah, A., Hasanah, A., Jusniani, N., Mustopa, F. F., Tyas, M. D., & Palwa, N. (2023). Implementasi Dukungan Psikososial , Literasi dan Numerasi untuk Siswa Korban Gempa Bumi di Kabupaten Cianjur. 51–59.
Yusri, R., & Husaini, A. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Microsoft Power Point Dalam Pembelajaran Matematika Kelas X MA KM Muhammadiyah Padang Panjang. Jurnal IPTEK Terapan, 11(1), 1-8.
Sugianto, D., Abdullah, A. G., Elvyanti, S., & Muladi, Y. (2017). Modul Virtual: Multimedia Flipbook Dasar Teknik Digital. Innovation of Vocational Technology Education, 9(2), 101–116. https://doi.org/10.17509/invotec.v9i2.4860

Downloads

Published

2025-03-30

How to Cite

Neelam, D. A., Yusri, R. ., & Delyana, H. . (2025). PENGEMBANGAN E-MODUL PADA MATERI KEKONGRUENAN DAN KESEBANGUNAN DI KELAS IX SMP NEGERI 18 PADANG. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 75–83. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i1.5395