PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATERI BUNGA TUNGGAL MAJEMUK DAN ANUITAS SISWA KELAS XI KULINER SMK NEGERI 6 PADANG

  • Delvi Marten Universitas PGRI Smatera Barat
  • Hafizah Delyana Universitas PGRI Smatera Barat
  • Sofia Edriati Universitas PGRI Smatera Barat
Keywords: pengembangan, media interaktif, model ADDIE

Abstract

Permasalahan  belajar yang terjadi pada siswa salah satunya yaitu  kurangnya daya tarik siswa dalam belajar, pemahaman terhadap materi rendah dan nilai ulangan harian yang masih tergolong rendah  dikarenakan siswa kurang memahami materi pembelajaran dan siswa kurang tertarik untuk belajar dengan proses pembelajaraqn yang masih bersifat konvensnal. Bahan ajar yang disajikan secara konvensional akan membuat siswa cenderung malas untuk belajar karena tidak dapat menarik perhatian siswa dalam belajar. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 6 Paang Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Tahapan pada model pengembangan ini terdiri atas lima tahapan, yaitu analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa media pembelajran interaktif yang dikembangkan memperoleh hasil validitas materi dan media sebesar 82,95% dan 88% dengan kategori sangat tinggi . Hasil nilai akhir  nilai praktikalitas guru  sebesar 87.83% dengan kategori sangat praktis dan nilai praktikalisasi siswa sebesar 83.43% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif pada materi bunga tunggal, majemuk dan anuitas di SMK Negeri 6 Padang dinyatakan valid dan praktis untuk di gunakan pendidik dan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Istiqlal. 2018. “Manfaat Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Dan Mengajar.” Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah 3(2):139–44.
Afsari, Sisca. 2021. “systematic literature review : efektivitas pendekatan pendidikan matematika realistik pada pembelajaran matematika systematic literature review : the effectiveness of realistic.” 1(3):189–97.
Agustina, Lasia, and Indra Martha Rusmana. 2019. “Pembelajaran Matematika Menyenangkan Dengan Aplikasi Kuis Online Quizizz.” Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sosiomadika 2(1):1–7.
Aisyah, Siti, Noor Fajriah, and Nuruddin Wiranda. 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel Kelas Vii Dengan Metode Drill and Practice.” Computer Science Education Journal (CSEJ) 1(2):49–62.
Arindiono, Rudi Yulio, Nugrahadi Ramadhani, Desain Produk Industri, Fakultas Teknik, Institut Teknologi, Sepuluh Nopember, Jl Arief, and Rahman Hakim. 2013. “Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Matematika Untuk Siswa Kelas 5 SD.” 2(1).
Dedek Kustiawati, Jafar, Fitria Legi Adiawati, and Hanifah Ayuningtias. 2022. “Penerapan Perhitungan Bunga Majemuk Dan Anuitas Pada Angsuran.” 4:5199–5208.
Faqih, Muhamad. 2021. “Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Dalam Pembelajaran Puisi.” Konfiks Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia 7(2):27–34. doi: 10.26618/konfiks.v7i2.4556.
Hapsari, Gita Permata Puspita, and Zulherman Zulherman. 2021. “Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa.” Jurnal Basicedu 5(4):2384–94.
Komariyah, Siti, Ahdinia Fatmala, Nur Laili, Program Studi, and Pendidikan Matematika. 2018. “Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Matematika.” 4(2):55–60.
Manalu, Juliati Boang, Pernando Sitohang, Netty Heriwati, and Henrika Turnip. 2022. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar.” 1:80–86. doi: 10.34007/ppd.v1i1.174.
Maydiantoro, Albert. 2020. “Model Penelitian Pengembangan.” Chemistry Education Review (CER) 3(2):185.
Miftah, M. 2013. “Fungsi, Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa.” Jurnal Kwangsan 1(2):95. doi: 10.31800/jkwangsan-jtp.v1n2.p95--105.
Monoarfa, Merrisa, and Abdul Haling. 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran Canva Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru.” Seminar Nasional Hasil Pengabdian 2021 1085–92.
Nursidik, Hamidah, and Indah Resti Ayuni Suri. 2018. “Media Pembelajaran Interaktif Berbantu Software Lectora Inspire.” Desimal: Jurnal Matematika 1(2):237. doi: 10.24042/djm.v1i2.2583.
Pranata, Khavisa, Arif Nur Fikri, and Zulherman Zulherman. 2022. “Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Melalui Zoom Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4(4):6231–40. doi: 10.31004/edukatif.v4i4.2982.
Riduwan. 2010. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan Dan Peneliti Pemula. Alfabeta.
Wahyuni, Nuorma, Dila Seltika Canta, Erlin Setyaningsih, Adi Hermawansyah, Article Information, and Canva Dan Kurikulum. 2023. “PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI CANVA SEBAGAI ALAT.” 1:156–63.
Wulandari, Suci. 2020. “Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Minat Siswa Belajar Matematika Di SMP 1 Bukit Sundi.” Indonesian Journal of Technology, Informatics and Science (IJTIS) 1(2):43–48. doi: 10.24176/ijtis.v1i2.4891.
Yeo, G. L. (2019). Exploring Mathematical Learning Approaches: A Comparative Study of East Asian and Western Mathematics Education. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 15(6), em1710. DOI: 10.29333/ejmste/104922
Published
28-05-2024
How to Cite
Marten, D., Delyana, H., & Edriati, S. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATERI BUNGA TUNGGAL MAJEMUK DAN ANUITAS SISWA KELAS XI KULINER SMK NEGERI 6 PADANG. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 130-146. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v9i1.3784