REVIEW PENELITIAN BERTEMA KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA DI JURNAL-JURNAL BERBAHASA INDONESIA: TREN PENELITIAN TAHUN 2020-2023

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i1.5387

Authors

  • Ami Fatikarani Universitas Mulawarman
  • Safrudiannur Safrudiannur Universitas Mulawarman

Keywords:

Kesulitan Belajar, Matematika, artikel, literature review, jurnal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tren penelitian analisis kesulitan belajar matematika di jurnal-jurnal Indonesia ditinjau dari (1) identitas artikel (yaitu tahun terbit dan indeksasi SINTA terhadap jurnal tempat terbit), dan (2) konten artikel (rumusan masalah, metode, dan partisipan). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Systematic Literature Review (Tinjauan Literatur) dengan menggunakan metode Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-Analyses (PRISMA) dan diperoleh 53 artikel. Hasil analisis menunjukkan bahwa tren penelitian kesulitan belajar matematika ditinjau dari identitas artikel diperoleh bahwa (a) Tahun 2021 merupakan tren tahun terbit dengan kuantitas publikasi terbanyak kemudian mengalami penurunan di tahun 2023, dan (b) kebanyakan artikel selama 2020-2023 terbit di jurnal Non-sinta (tidak terakreditasi SINTA). Hasil analisis ditinjau dari konten artikel bahwa (a) rumusan masalah penelitian yang mendominasi adalah mendeskripsikan kesulitan belajar matematika dan hanya sedikit penelitian yang membahas cara mengatasi kesulitan belajar matematika, (b) metode penelitian yang mendominasi adalah metode penelitian kualitatif dan hanya sedikit dengan metode mix method/metode campuran, dan (c) partisipan penelitian cenderung di SD/MI dan SMP/MTs, hanya sedikit dengan partisipan mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Di Martino, P., & Gregorio, F. (2019). The mathematical crisis in secondary-tertiary transition. International Journal of Science and Mathematics Education, 17(4), 825–843.
Fatikarani, A. & Safrudiannur. (2024). Tren Penelitian Kesulitan Belajar Matematika di Jurnal-Jurnal Berbahasa Indonesia Tahun 2020-2023: Review Tahap Awal. Proceedings of National Seminar (Edisi 1, pp. 19-32). Makassar, Indonesia: Universitas Negeri Makassar.
Fauziah, R. & Puspitasari, N. (2022). Kesulitan Belajar Matematika Siswa SMA pada Pokok Bahasan Persamaan Trigonometri di Kampung Pasanggrahan. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 325–334.
Geisler, S., & Rolka, K. (2021). “That wasn’t the math I wanted to do!”-students’ beliefs during the transition from school to university mathematics. International Journal of Science and Mathematics Education, 19(3), 599–618. https://doi.org/10.1007/s10763-020-10072-y.
Hasibuan, E. K. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar di SMP Negeri 12 Bandung. AXIOM: Jurnal Pendidikan dan Matematika, 7(1), 18-30.
Hidayat, R., Adnan, M., Abdullah, M. F. N. L., & Safrudiannur. (2022). A systematic literature review of measurement of mathematical modeling in mathematics education context. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 18(5), em2108. https://doi.org/10.29333/ejmste/12007.
Indhirasti, A., Safrudiannur, & Dimpudus, A. (2023). Tren Penelitian Analisis Buku Matematika Tingkat Sekolah Menengah Pertama di Jurnal-Jurnal Indonesia Tahun 2018-2021. Delta Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 11(1), 57 – 68.
Iqbal, F. M. & Hw, S. (2022). Analisis Kesulitan Siswa dalam Memecahkan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 1978-1988.
Jayanti, I., Arifin, N., & Nur, D. R. (2020). Analisis faktor internal dan eksternal kesulitan belajar matematika kelas V. SISTEMA: Jurnal Pendidikan, 1(1), 1-7.
Kholil, M & Zulfiani, S. 2020. Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Matematika Siswa Madrasah Ibtidaiyah Da’watul Falah Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi. EDUCARE: Journal of Primary Education, 1(2), 151-168
Korina, M. J., & Juandi, D. (2022). Kesulitan Belajar Matematika Siswa di Indonesia Ditinjau dari Self-Efficacy: Systematic Literature Review (SLR). Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathemetics Learning and Education. 7(2), 181-192.
Nursyamsiah, G., Savitri, S., Yuspriyati, D. N., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis Kesulitan Siswa SMP Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Maju, 7(1), 98-102.
Safrudiannur, Belke, L. & Rott, B. (2020). A Pseudo-Longitudinal Approach for Investigating Pre-Service Teachers’ Beliefs During Their University Education. International Journal of Science and Mathematics Education 20(6), 1099–1122. https://doi.org/10.1007/s10763-021-10194-x
Safrudiannur, Labulan, P. M., Suriaty, Ngilawajan, D. A., Cahyono, A. N., Putra, Z. H., Rott, B. (2023). Pre-service mathematics teachers’ beliefs: a quantitative study to investigate the complex relationships in their beliefs. Inter. Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 54(8), 1420–1436. https://doi.org/10.1080/0020739X.2023.2170289
Safrudiannur, & Rott, B. (2019). The different mathematics performances in PISA 2012 and a curricula comparison: enriching the comparison by an analysis of the role of problem solving in intended learning processes. Mathematics Education Research Journal.
Sari, L. K. & Madio, S.S. (2021). Kesulitan Belajar Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Jarak Jauh. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 409-420.
Utami, Y. P. & Maskar, S. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Model Asynchronous pada Siswa SMKN 9 Bandar Lampung melalui Google Classroom. JI-MR: Jurnal Ilmiah Matematika Relistik, 3(1), 12-21.
Wasiah, U. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa SMP dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 9(3), 307-317.

Downloads

Published

2025-03-30

How to Cite

Fatikarani, A. ., & Safrudiannur, S. (2025). REVIEW PENELITIAN BERTEMA KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA DI JURNAL-JURNAL BERBAHASA INDONESIA: TREN PENELITIAN TAHUN 2020-2023. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 84–92. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i1.5387