DIAGNOSIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BERDASARKAN TINGKAT KEMAMPUAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v9i2.5253

Authors

  • Muhammad Muzaini Universitas Muhammadiyah Makassar

Keywords:

Bangun Ruang Sisi Datar, Konsep Matematika, Prinsip, Tingkat Kemampuan Matematika, Verbal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiagnosa kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika, diantaranya kesulitan dalam menggunakan konsep, prinsip, dan menyelesaikan masalah verbal. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari 3 orang dari 38 orang dari dua kelas berbeda pada Kelas VIII SMP Unismuh Makassar yang dikategorikan kemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah. Instrumen yang digunakan yaitu tes kesulitan menyelesaikan soal dan pedoman Wawancara.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan metode wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa kesulitan yang dialami oleh siswa berdasarkan indikator kesulitan dalam menyelesaikan soal yaitu, siswa kemampuan matematika tinggi mengalami kesulitan dalam menggunakan konsep yang berkaitan dengan rumus, Siswa kemampuan matematika sedang mengalami kesulitan dalam menggunakan prinsip yang berkaitan tidak menyelesaikan perhitungan, dan siswa kemampuan matematika rendah mengalami kesulitan dalam menyelesaikan masalah verbal yang berkaitan dengan penarikan kesimpulan, hal ini disebabkan kurangnya pemahaman konsep maupun prinsip, serta siswa juga mengalami kesulitan menyelesaikan masalah verbal matematika  yang belum mampu secara optimal sehingga menyebabkan siswa kesulitan dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar. Berdasarkan hasil penelitian di atas, disimpulkan bahwa kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika berpengaruh terhadap siswa Kelas VIII SMP Unismuh Makassar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Awwalin, A. A. (2021). Analisis kesulitan siswa smp kelas viii pada materi bangun ruang sisi datar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(1), 225-230.
Barnes, A. (2021). Enjoyment in learning mathematics: Its role as a potential barrier to children’s perseverance in mathematical reasoning. Educational Studies in Mathematics, 106(1), 45-63.
Chinn, S. (2020). More trouble with maths: A complete manual to identifying and diagnosing mathematical difficulties. Routledge.
Chotimah, S., Sari, I. P., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematik siswa SMP pada materi kubus dan balok. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi, 6(2), 86-89.
DiNapoli, J., & Miller, E. K. (2022). Recognizing, supporting, and improving student perseverance in mathematical problem-solving: The role of conceptual thinking scaffolds. The Journal of Mathematical Behavior, 66, 100965.
Dwidarti, U., Mampouw, H. L., & Setyadi, D. (2019). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi himpunan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 315-322.
Fahlevi, M. S., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal uraian pada materi bangun ruang sisi datar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(4), 313-322.
Fitriati, F., Rosli, R., Iksan, Z., & Hidayat, A. (2024). Exploring challenges in preparing prospective teachers for teaching 4C skills in mathematics classroom: A school-university partnership perspective. Cogent Education, 11(1), 2286812.
Fitriani, N., & Nurfauziah, P. (2020). Meningkatkan kemampuan advanced mathematical thinking dengan menggunakan model pembelajaran matematika knisley pada mata kuliah trigonometri. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(1), 69-80.
Herawati, E., & Kadarisma, G. (2021). Analisis kesulitan siswa smp kelas vii dalam menyelesaikan soal operasi aljabar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(2), 355-364.
Kilpatrick, J. (2020). History of research in mathematics education. Encyclopedia of mathematics education, 349-354.
Lamanna, L., Gea, M. M., & Batanero, C. (2022). Do Secondary School Students’ Strategies in Solving Permutation and Combination Problems Change with Instruction? Canadian Journal of Science, Mathematics and Technology Education, 22(3), 602-616.
Lerman, S. (Ed.). (2020). Encyclopedia of mathematics education. Cham: Springer International Publishing.
Lin, X. (2021). Investigating the unique predictors of word-problem solving using meta-analytic structural equation modeling. Educational Psychology Review, 33(3), 1097-1124.
Mediyani, D., & Mahtuum, Z. A. R. (2020). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal materi statistika pada siswa smp kelas VIII. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(4), 385-392.
Olsson, J., & Granberg, C. (2024). Teacher-student interaction supporting students’ creative mathematical reasoning during problem solving using Scratch. Mathematical Thinking and Learning, 26(3), 278-305.
Rohmah, A. S. (2020). Analisis kesalahan siswa MTs dalam menyelesaikan soal pada materi teorema pythagoras. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(5), 433-442.
Russell, B. (2020). Principles of mathematics. Routledge.
Sapitri, Y., Fitriani, N., & Kadarisma, G. (2020). Analisis kesulitan siswa smp dalam menyelesaikan soal pada materi aritmetika sosial. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(5), 567-574.
Trapsilasiwi, D., Jhahro, K. F., & Setiawan, T. B. (2018). Pemahaman Konsep Siswa Pada Pemecahan Masalah Soal Geometri Pokok Bahasan Segiempat Ditinjau Dari Gaya Kognitif Reflektif-Impulsif Siswa. Kadikma, 9(1), 116-122.
Unaenah, E., & Sumantri, M. S. (2019). Analisis pemahaman konsep matematis siswa kelas 5 sekolah dasar pada materi pecahan. Jurnal Basicedu, 3(1), 106-111.
Van Nieuwenhove, L., & De Wever, B. (2022). Why are low-educated adults underrepresented in adult education? Studying the role of educational background in expressing learning needs and barriers. Studies in Continuing Education, 44(1), 189-206.
Verschaffel, L., Schukajlow, S., Star, J., & Van Dooren, W. (2020). Word problems in mathematics education: A survey. Zdm, 52, 1-16.
Vinner, S. (2020). Concept development in mathematics education. Encyclopedia of Mathematics Education, 123-127.
Xu, Y., Yu, H., Wan, X., & Zhang, L. (2024). Strategies for sustainable development in university education: Breaking barriers and cultivating awareness. Education and Information Technologies, 1-42.
Wang, S., Christensen, C., Cui, W., Tong, R., Yarnall, L., Shear, L., & Feng, M. (2023). When adaptive learning is effective learning: comparison of an adaptive learning system to teacher-led instruction. Interactive Learning Environments, 31(2), 793-803.
Yulianti, E. N., Rahmawati, N. D., & Purwosetiyono, F. D. (2021, August). Analisis kesulitan siswa dalam mengerjakan soal matematika pada materi fungsi komposisi dan fungsi invers ditinjau dari motivasi belajar. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (Vol. 6, pp. 37-41).

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Muzaini, M. . (2024). DIAGNOSIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BERDASARKAN TINGKAT KEMAMPUAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 465–483. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v9i2.5253