PENALARAN VISUAL SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH LUAS BANGUN DATAR

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v9i2.4886

Authors

Keywords:

Penalaran, Penalaran Visual, Pemecahan Masalah, Bangun Datar

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mendeskripsikan penalaran visual siswa dalam memecahkan masalah luas bangun datar. Subjek penelitian adalah 3 orang siswa kelas VII C Madrasah Tsanawiyah Batusitanduk. Tiga subjek dalam penelitian yang dipilih berdasarkan pemberian tes penalaran visual disertai think aloud dan wawancara. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Adapun instrument pendukungnya yaitu; tes penalaran visual dan pedoman wawancara. Analisis data yang digunakan yaitu dengan mengumpulkan data, direduksi, kemudian penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan penalaran siswa pada indikator investigatting, ditunjukkan dengan siswa dapat langsung mengerjakan soal yang diberikan karena dapat dengan mudah menggali data dari informasi visual yang terdapat pada soal ; (2) Kemampuan penalaran visual siswa pada indikator interpreting, ditunjukkan dengan siswa dapat menemukan hubungan antar data berdasarkan informasi visual yang terdapat pada soal serta menjelaskan ide-ide yang dituliskannya ; (3) Kemampuan penalaran visual siswa pada indikator appliying, siswa dapat  menganalisa dengan baik informasi visual yang diberikan dengan melakukan perhitungan terhadap nilai-nilai yang diperoleh.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ikram, M., & Palopo, C. (2013). Eksplorasi Penalaran Siswa Dalam Pemecahan Masalah Trigonometri Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Logis Pada Siswa Kelas XII-IPA (Doctoral Dissertation, Tesis Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar. Tidak diterbitkan).
Maulida, D., Hidayat, F., Yanti, W., Muslim, A., Fitria, M., Nahdlatul Ulama Kalimantan Selatan, U., Kunci, K., Visual, P., & Ruang, B. (2024). Penalaran Visual Siswa dalam Pemecahan Masalah Geometri Ditinjau dari Gaya Belajar Students’ Visual Reasoning In Solving Geometry Problems As Seen In The From Learning Styles Info Artikel Abstrak. Journal of Scientech Research and Development, 6(2). https://idm.or.id/JSCR/index.php/JSCR
Prasetyo, M. P., & Buchori, A. (2024). Eksplorasi kemampuan penalaran visual siswa pada materi perbandingan trigonometri ditintau dari gender. Journal of Didactic Mathematics, 5(1), 32–41. https://doi.org/10.34007/jdm.v5i1.2114
Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik Dalam Pembelajaran Matematika. MES: Journal Of Mathematics Education And Science, 2(1).
Shafira, Z. N., Adetia, E., Julaeha, N. S., Pertiwi, Y. A., Devi, D., Faisal, M., Zikri, A., Artikel, I., Kunci, K., Kemampuan, :, Matematis, P., & Review, S. L. (2023). Tren Penelitian Kemampuan Penalaran Matematis di Indonesia. In Intellectual Mathematics Education (IME) (Vol. 1, Issue 1). https://jurnal.ysci.or.id/index.php/IME
Sujarwo, E., & Yunianta, T. N. H. (2018).Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII SMP Dalam Menyelesaikan Soal Luas Bangun Datar. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 2(1), 1-8.
Sumartini, T. S. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 1-10.

Downloads

Published

2024-11-22

How to Cite

Ashari, N. W. (2024). PENALARAN VISUAL SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH LUAS BANGUN DATAR. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 32–41. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v9i2.4886