PENALARAN VISUAL SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH LUAS BANGUN DATAR
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v9i2.4886
Keywords:
Penalaran, Penalaran Visual, Pemecahan Masalah, Bangun DatarAbstract
Penelitan ini bertujuan untuk mendeskripsikan penalaran visual siswa dalam memecahkan masalah luas bangun datar. Subjek penelitian adalah 3 orang siswa kelas VII C Madrasah Tsanawiyah Batusitanduk. Tiga subjek dalam penelitian yang dipilih berdasarkan pemberian tes penalaran visual disertai think aloud dan wawancara. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Adapun instrument pendukungnya yaitu; tes penalaran visual dan pedoman wawancara. Analisis data yang digunakan yaitu dengan mengumpulkan data, direduksi, kemudian penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan penalaran siswa pada indikator investigatting, ditunjukkan dengan siswa dapat langsung mengerjakan soal yang diberikan karena dapat dengan mudah menggali data dari informasi visual yang terdapat pada soal ; (2) Kemampuan penalaran visual siswa pada indikator interpreting, ditunjukkan dengan siswa dapat menemukan hubungan antar data berdasarkan informasi visual yang terdapat pada soal serta menjelaskan ide-ide yang dituliskannya ; (3) Kemampuan penalaran visual siswa pada indikator appliying, siswa dapat menganalisa dengan baik informasi visual yang diberikan dengan melakukan perhitungan terhadap nilai-nilai yang diperoleh.
Downloads
References
Maulida, D., Hidayat, F., Yanti, W., Muslim, A., Fitria, M., Nahdlatul Ulama Kalimantan Selatan, U., Kunci, K., Visual, P., & Ruang, B. (2024). Penalaran Visual Siswa dalam Pemecahan Masalah Geometri Ditinjau dari Gaya Belajar Students’ Visual Reasoning In Solving Geometry Problems As Seen In The From Learning Styles Info Artikel Abstrak. Journal of Scientech Research and Development, 6(2). https://idm.or.id/JSCR/index.php/JSCR
Prasetyo, M. P., & Buchori, A. (2024). Eksplorasi kemampuan penalaran visual siswa pada materi perbandingan trigonometri ditintau dari gender. Journal of Didactic Mathematics, 5(1), 32–41. https://doi.org/10.34007/jdm.v5i1.2114
Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik Dalam Pembelajaran Matematika. MES: Journal Of Mathematics Education And Science, 2(1).
Shafira, Z. N., Adetia, E., Julaeha, N. S., Pertiwi, Y. A., Devi, D., Faisal, M., Zikri, A., Artikel, I., Kunci, K., Kemampuan, :, Matematis, P., & Review, S. L. (2023). Tren Penelitian Kemampuan Penalaran Matematis di Indonesia. In Intellectual Mathematics Education (IME) (Vol. 1, Issue 1). https://jurnal.ysci.or.id/index.php/IME
Sujarwo, E., & Yunianta, T. N. H. (2018).Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII SMP Dalam Menyelesaikan Soal Luas Bangun Datar. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 2(1), 1-8.
Sumartini, T. S. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 1-10.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.