PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI TINGKAT ADVERSITY QUOTIENT (AQ)

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v9i2.4867

Authors

  • Nur Syahrini Nasution Universitas Negeri Medan
  • Budi Halomoan Siregar Universitas Negeri Medan

Keywords:

Peningkatan, PBL, Adversity Quotient, Kemampuan Berpikir Kreatif, quasi-eksperimen

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif dapat mendorong siswa untuk menemukan ide, menghasilkan sebuah gagasan serta konsep baru sehingga dapat menyelesaikan permasalahan dalam matematika. Salah satu tantangan utama dalam menghadapi abad 21 adalah mengembangkan kemampuan siswa untuk berpikir secara kreatif. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa saat ini masih tergolong rendah. Hal ini juga dipengaruhi oleh ketahanan siswa dalam memecahkan masalah yang berbeda-beda. Penelitian ini bertujuan (1) untuk memperoleh peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model PBL dan model pembelajaran langsung, serta (2) untuk melihat interaksi antara model pembelajaran Problem Based Learning dan tingkat Adversity Quotient siswa terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi-eksperimen. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-C sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen, dimana terdapat seorang siswa pada tingkat quitters, 21 siswa pada tingkat campers, dan 9 siswa pada tingkatan climbers. Sedangkan pada kelas kontrol, terdapat kategori AQ siswa pada kelas kontrol terdiri dari 4 siswa pada tingkat quitters, 22 siswa pada tingkat campers, dan 5 siswa pada tingkat climbers. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket Adversity Response Profile (ARP) dan tes berpikir kreatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peningkatan rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol dengan nilai N-gain sebesar 0,50, dan termasuk dalam kategori sedang, (2) Semakin tinggi AQ siswa maka semakin tinggi kemampuan berpikir kreatifnya. Artinya, terdapat interaksi antara model pembelajaran PBL dan tingkat AQ siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Bruner, J. . S. (1960). The Process of Education. Harvard University Press Cambridge.
Bulut, D., Samur, Y., & Cömert, Z. (2022). The effect of educational game design process on students’ creativity. Smart Learning Environments, 9(1). https://doi.org/10.1186/s40561-022-00188-9
Di Martino, P. (2019). Pupils’ view of problems: the evolution from kindergarten to the end of primary school. Educational Studies in Mathematics, 100(3), 291–307. https://doi.org/10.1007/s10649-018-9850-3
Irawan, A:Surya, E. (2017). Application of the Open ended Approach to Mathematics Learning in te Sub-subject off Rectangular. Internastional Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 6(10), 1407–1413. https://doi.org/10.12691/education-6-10-11
Le, S. (2023). Team-based learning in online education: the development of students’ creative thinking skills in digital art. Education and Information Technologies, 28(11), 14967–14986. https://doi.org/10.1007/s10639-023-11808-3
Meltzer, D. E. (2002). The Relationship Between Mathematics PreparationAnd conceptual learning gain in physics:A possible inhidden Variablei in Diagnostic pretest scores. Ames:Department of physics and Astronomy,Lowa State University.
Nasution, P. R. (2017). Perbedaan Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Pada Pembelajaran Berbasis MasalahDan Pembelajaran Konvensional Di SMPN 4 Padangsidimpuan. Paidagogeo, 2(1), 46–62.
Publishing, U., & Services, A. (2010). Person-centered medicine from deep inside : personal reflections of my depression and recovery. 10(January), 86–88.
Rusman. (2014). Model-model Pebelajaran (Mengembangkan Profesionalitas Guru). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sihombing, S. W., & Siregar, B. H. (2018). Penerapan Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Negeri 18 Medan. Seminar Nasional Pendidikan Dasar Universitas Negeri Medan, 205–212.
Siregar, S. (2012). Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Stoltz, P. (2000). Adversity Quotient (Y. Hardiwati (ed.)).
Sudjana. (2015). Metode Statistika. Bandung: PT Tarsito.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D) dan Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Thornhill-Miller, B., Camarda, A., Mercier, M., Burkhardt, J. M., Morisseau, T., Bourgeois-Bougrine, S., Vinchon, F., El Hayek, S., Augereau-Landais, M., Mourey, F., Feybesse, C., Sundquist, D., & Lubart, T. (2023). Creativity, Critical Thinking, Communication, and Collaboration: Assessment, Certification, and Promotion of 21st Century Skills for the Future of Work and Education. Journal of Intelligence, 11(3). https://doi.org/10.3390/jintelligence11030054
Wang, W., & Wang, Q. (2023). The effectiveness of collaborative problem solving in promoting students’ critical thinking: A meta-analysis based on empirical literature. 1–11. https://doi.org/10.1057/s41599-023-01508-1
Wang, Y., Xu, Z., Lou, J., & Chen, K. (2023). Factors influencing the complex problem- solving skills in reflective learning : results from partial least square structural equation modeling and fuzzy set qualitative comparative analysis. 1–17.
Zhu, M., & Zhang, K. (2023). Promote collaborations in online problem ‑ based learning in a user experience design course : Educational design. Education and Information Technologies, 28(6), 7631–7649. https://doi.org/10.1007/s10639-022-11495-6

Downloads

Published

2024-11-29

How to Cite

Nasution, N. S., & Siregar, B. H. . (2024). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI TINGKAT ADVERSITY QUOTIENT (AQ). Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 247–262. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v9i2.4867