PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v9i2.4866

Authors

  • Muhammad Aldi Universitas Negeri Medan
  • Budi Halomoan Siregar Universitas Negeri Medan

Keywords:

ADDIE, Bahan Ajar Digital, Problem Based Learning, Penelitian dan Pengembangan, Kemampuan Literasi Matematis

Abstract

Literasi matematika merupakan kemampuan individu dalam merumuskan, menggunakan, dan menafsirkan masalah matematika dalam berbagai konteks, termasuk penggunan prosedur, konsep, fakta dan alat matematika dalam penggambaran suatu fenomena atau peristiwa dalam kehidupan sehari-hari. Namun, kemampuan literasi matematis siswa saat ini masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar digital berbasis Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa. Penelitian ini dilakukan di salah satu SMP yang terletak di Percut Sei Tuan. Pemilihan lokasi ini didasarkan pada fakta bahwa sekolah tersebut belum pernah menggunakan bahan ajar digital berbasis Problem Based Learning sebagai sumber belajar matematika. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2023/2024, dengan subjek penelitian yaitu kelas VIII-1 dengan jumlah 32 siswa. Objek penelitian ini adalah bahan ajar digital berbasis Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE, yang terdiri dari tahapan analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa bahan ajar digital berbasis Problem Based Learning memenuhi kriteria validitas, kepraktisan, dan keefektifan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, S., Aoun, N. Ben, Ali, G., El-Affendi, M. A., & Anwar, M. S. (2023). Multi-Clustered Mathematical Model for Student Cognitive Skills Prediction Optimization. IEEE Access, 11, 65371–65381. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2023.3285612
Ardianti, S. D., Wanabuliandari, S., Saptono, S., & Alimah, S. (2019). Respon Siswa Dan Guru Terhadap Modul Ethno-Edutainment Di Sekolah Islam Terpadu. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 14(1): 1-24
Barnett, L. M., Jerebine, A., Keegan, R., Watson-Mackie, K., Arundell, L., Ridgers, N. D., Salmon, J., & Dudley, D. (2023). Validity, Reliability, and Feasibility of Physical Literacy Assessments Designed for School Children: A Systematic Review. Sports Medicine, 53(10), 1905–1929. https://doi.org/10.1007/s40279-023-01867-4
Feriyanto. (2022). Strategi Penguatan Literasi Numerasi Matematika Bagi Peserta Didik Pada Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Gammath, 7(2), 86–94. https://karya.brin.go.id/id/eprint/23928/1/2541-2612_7_2_2022-3.pdf
Foy, P., & Joncas, M. (2000). TIMSS Sample Design. In TIMSS 1999 Technical Report. http://sling11.bc.edu/timss1999i/pdf/T99_TR.book.pdf#page=31
Grotlüschen, A., Desjardins, R., & Liu, H. (2020). Literacy and numeracy: Global and comparative perspectives. International Review of Education, 66(2–3), 127–137. https://doi.org/10.1007/s11159-020-09854-x
Halomoan Siregar, B. (2023). Pengembangan Bahan Ajar digital Interaktif Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis PENDAHULUAN Menurut (Kunandar, 2013), Hasil belajar matematika ialah hal yang begitu utama pada saat. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 07(July), 2104–2117.
Hodiyanto., dkk. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Bermuatan Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis . Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 323-334
Li, T., Wang, W., Li, Z., Wang, H., & Liu, X. (2022). Problem-based or lecture-based learning, old topic in the new field: a meta-analysis on the effects of PBL teaching method in Chinese standardized residency training. BMC Medical Education, 22(1). https://doi.org/10.1186/s12909-022-03254-5
Lodhi, A., Rosich, N., & Cantero, B. (2019). Study of the Interactions of Pakistani Bilingual Students in Solving Mathematical Problems in the Secondary School. Redimat-Revista De Investigacion En Didactica De Las Matematicas, 8(1), 76+. https://doi.org/10.4471/redimat.2019.2396
Miftahul Jannah, & Miftahul Hayati. (2024). Pentingnya kemampuan literasi matematika dalam pembelajaran matematika. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 4(1), 40–54. https://doi.org/10.29303/griya.v4i1.416
Nabela, S. J., & Agustine, P. C. (2024). Development of Digital Teaching Material Based on Numeracy For 4th Class Primary School. Journal of Education and Learning Mathematics Research (JELMaR), 5(1), 1–6. https://doi.org/10.37303/jelmar.v5i1.125
Nurani, R. D. (2022). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS MASALAH KREATIF UNTUK PENCAPAIAN LITERASI MATEMATIS SISWA SMK (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
OECD, 2., & PISA, 2. R. (2022). What Students Know and Can Do – Student Performance in Mathematics, Reading, and Science. OECD Publishing, Vol 1.
Rafianti, I., Setiani, Y., & Yandari, I. A. V. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Tutorial Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Smp. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(2). https://doi.org/10.30870/jppm.v11i2.3759
Ridwan. (2016). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sinaga. C. V. R. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Forum Pemuda Aswaja.
Siregar, B. H., Mansyur, A., Lumongga, S., & Ramadhani, F. (2022). Teori & Praktis Multimedia Pembelajaran Interaktif. Medan: Umsu Press.
Siswono, T. Y. (2019). Paradigma Penelitian Pendidikan: Pengembangan Teori dan Aplikasi Pendidikan Matematika. (Nita, Ed.) Surabaya: PT. Remaja Rosdakarya
Suwarno, M. (2020). Cognitive load theory in the development of multimedia mathematics learning. Alauddin Journal of Mathematics Education, 2(2), 117–125. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/ajme
Soubra, L., Al-Ghouti, M. A., Abu-Dieyeh, M., Crovella, S., & Abou-Saleh, H. (2022). Impacts on Student Learning and Skills and Implementation Challenges of Two Student-Centered Learning Methods Applied in Online Education. Sustainability (Switzerland), 14(15). https://doi.org/10.3390/su14159625
Widayoko, A., Latifah, E., & Yuliati, L. (2018). Peningkatan Kompetensi Literasi Saintifik Siswa SMA dengan Bahan Ajar Terintegrasi STEM pada Materi Impuls dan Momentum. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(11), 1463–1467. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Downloads

Published

2024-11-29

How to Cite

Aldi, M., & Siregar, B. H. . (2024). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 207–223. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v9i2.4866