PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBANTUAN POWTOON UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA
Abstract
Pengembangan video pembelajaran matematika berbasis Powtoon merupakan salah satu media pembelajaran yang digunakan sebagai sarana untuk membantu siswa dalam meningkatkan minat belajar serta serta memahami materi yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan video animas matematika berbasis Powtoon materi fungsi. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan Reseach and Development (R&D). Penelitian ini menggunakan model ADDIE. Yang uji cobanya dilakukan di MAN Kota Palopo dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas X.E yang berjumlah 23 orang. Untuk mengetahui kelayakan produk, peneliti menggunakan angket kepada validator ahli materi dan ahli media, angket praktikalitas dan angket minat belajar kepada siswa. Hasil akhir pengembangan dalam penelitian ini adalah video pembelajaran matematika terbatas pada materi fungsi berupa video pembelajaran yang dapat diakses secara online di youtube. Hasil olah data kevalidan penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran matematika berbasis Powtoon pada materi fungsi untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas X.E yaitu pada hasil penilaian ahli materi (80%) dengan kategori valid, ahli media (80%) dengan kategori valid, respon siswa (75,5%) dengan kategori sangat praktis dan minat belajar hasil analisis inferensial statistic menggunakan rumus paired sample t-test terdapat perbedaan siginifikan antara minat belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran yaitu sebesar 15,26%.
Downloads
References
Aprillia Fitriana, I., Matematika, P., & Sjakhyakirti Jl Sultan Muh Mansyur Kb Gede, U. (2023). PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI HIMPUNAN MENGGUNAKAN APLIKASI POWTOON UNTUK SISWA SMP. Binagogik, 10(1), 118–124. https://doi.org/https://doi.org/10.61290/pgsd.v10i1.149
Eldi Mulyana. (2023). Efektifitas media pembelajaran Powtoon untuk meningkatkan hasil belajar IPS (Vol. 10). JIPSINDO: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i1.52706
Dr Muhammad Yaumi. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. Kencana.
Lulud Oktaviani. (2020). Powtoon: A Digital Medium to Optimize Student’s Cultural Presentation In Elt Classroom. TEKNOSASTIK: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 18(1), 33–41. https://doi.org/https://doi.org/10.33365/ts.v18i1.526
Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1237
Herzamzam, D. A. (2018). Peningkatkan minat belajar matematika melalui pendekatan matematika realistik (PMR) pada siswa sekolah dasar. Visipena. https://doi.org/https://doi.org/10.46244/visipena.v9i1.430
Kustandi, C., & Darmawan, D. (2021). Development of powtoon animation learning media in improving understanding of mathematical concept. Malikussaleh Journal of Mathematics Learning, 4(2), 105–116. https://doi.org/https://doi.org/10.29103/mjml.v4i2.5710
Rachmadina, D., & Pratiwi, D. D. (2021). Developing mathematics video assisted by powtoon application in contextual learning approach. Journal of Physics: Conference …. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1796/1/012027
Rahmah, N., Munir, N. P., Musa, L. A. D., Salmilah, Ihsan, M., & Juleha. (2023). Liveworksheets: E-LKPD Geometry Based on Contextual Junior High School Level. 1, 102–109. https://doi.org/10.2991/978-94-6463-148-7_11
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.