PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DIGITAL BERBASIS NUMERASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v9i2.3857

Authors

  • Rifa Zulfa Anggraini Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Ria Sudiana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Nurul Anriani Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Keywords:

Media Pembelajaran, Numerasi, Kemampuan Komunikasi Matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) digital berbasis numerasi dengan tujuan meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP. Jenis penelitian yang digunakan yaitu R&D dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek penelitian kelas IX berjumlah 24 siswa untuk uji coba skala kecil dan kelas VIII berjumlah 35 siswa untuk uji coba skala besar SMP Negeri 14 Kota Serang. Validitas oleh ahli materi diperoleh 76,35% dan ahli media 83,65% sehingga akumulasi hasil validasi termasuk kedalam kriteria valid. Hasil kepraktisan setelah menggunakan produk menurut respon pendidik diperoleh 85,05% dan respon siswa diperoleh 82,60% sehingga akumulasi hasil penilaian termasuk kedalam kriteria sangat praktis. Uji coba produk dilakukan melalui pretest dan posttest untuk menilai efektivitasnya. Hasil analisis data menggunakan Nilai N-Gain sebesar 0,6408 menunjukkan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan kriteria cukup efektif. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa lembar kerja peserta didik digital berbasis numerasi untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya penggunaan teknologi dalam mendukung pembelajaran matematika yang berpusat pada kemampuan komunikasi matematis siswa SMP.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Effendi, R., Herpratiwi, H., & Sutiarso, S. (2021a). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 920–929. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.846
Hariani, T. (2021). Pengembangan Media Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas I DI SDN 2 Pakuan. Universitas Muhammadiyah Mataram.
Herlina, P., Hamdu, G., & Nugraha, A. (2023). Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik (E-LKPD) Interaktif Berbasis Education For Sustainable Development (ESD) di SD. Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya.
Indriani, V. M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Microsoft Power Point Pada Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku Kelas IV Sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(5), 1044-1053
Ningsih, S., Ihsanudin, & Rafianti, I. (2020). Pengaruh Model Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Kemandirian Belajar (Vol. 1, Issue 1).
Rasuh, N. T. (2021). Pengembangan LKPD Interaktif Berbasis Liveworksheets Pada Topik Hidrolisis Garam untuk Mengidentifikasi Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik SMA. Universitas Sanata Dharma.
Satiti, W. S., Rosyid, M. A., & Khotimah, K. (2021). Pengembangan LKPD Materi Kubus dan Balok Menggunakan Konteks Pribadi untuk Peserta Didik Kelas VIII. 3(3).
Sugiharni, G. A. D., & Setiasih, N. W. (2018). Validitas dan Reliabilitas Instrumen Evaluasi Blanded Learning Mata Kuliah Matematika Diskrit di STIKOM Bali Berbasis Model Alkin. Jpornal Indomath: Indonesia Mathematics Education, 1(2), 93-108.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Surani, D. (2019). Studi Literatur: Peran Teknologi Pendidikan Dalam Pendidikan 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 456–469.
Yusuf, A. (2021). Konsep “Merdeka Belajar” dalam Pandangan Filsafat Konstruktivisme. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 7(2), 120–133.
Yusup, F. (2018). Uji Validasi Dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17-23.

Downloads

Published

2024-11-27

How to Cite

Anggraini, R. Z., Sudiana, R. ., & Anriani, N. . (2024). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DIGITAL BERBASIS NUMERASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 78–88. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v9i2.3857