PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DIGITAL BERBASIS NUMERASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v9i2.3857
Keywords:
Media Pembelajaran, Numerasi, Kemampuan Komunikasi MatematisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) digital berbasis numerasi dengan tujuan meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP. Jenis penelitian yang digunakan yaitu R&D dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek penelitian kelas IX berjumlah 24 siswa untuk uji coba skala kecil dan kelas VIII berjumlah 35 siswa untuk uji coba skala besar SMP Negeri 14 Kota Serang. Validitas oleh ahli materi diperoleh 76,35% dan ahli media 83,65% sehingga akumulasi hasil validasi termasuk kedalam kriteria valid. Hasil kepraktisan setelah menggunakan produk menurut respon pendidik diperoleh 85,05% dan respon siswa diperoleh 82,60% sehingga akumulasi hasil penilaian termasuk kedalam kriteria sangat praktis. Uji coba produk dilakukan melalui pretest dan posttest untuk menilai efektivitasnya. Hasil analisis data menggunakan Nilai N-Gain sebesar 0,6408 menunjukkan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan kriteria cukup efektif. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa lembar kerja peserta didik digital berbasis numerasi untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya penggunaan teknologi dalam mendukung pembelajaran matematika yang berpusat pada kemampuan komunikasi matematis siswa SMP.
Downloads
References
Hariani, T. (2021). Pengembangan Media Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas I DI SDN 2 Pakuan. Universitas Muhammadiyah Mataram.
Herlina, P., Hamdu, G., & Nugraha, A. (2023). Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik (E-LKPD) Interaktif Berbasis Education For Sustainable Development (ESD) di SD. Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya.
Indriani, V. M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Microsoft Power Point Pada Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku Kelas IV Sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(5), 1044-1053
Ningsih, S., Ihsanudin, & Rafianti, I. (2020). Pengaruh Model Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Kemandirian Belajar (Vol. 1, Issue 1).
Rasuh, N. T. (2021). Pengembangan LKPD Interaktif Berbasis Liveworksheets Pada Topik Hidrolisis Garam untuk Mengidentifikasi Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik SMA. Universitas Sanata Dharma.
Satiti, W. S., Rosyid, M. A., & Khotimah, K. (2021). Pengembangan LKPD Materi Kubus dan Balok Menggunakan Konteks Pribadi untuk Peserta Didik Kelas VIII. 3(3).
Sugiharni, G. A. D., & Setiasih, N. W. (2018). Validitas dan Reliabilitas Instrumen Evaluasi Blanded Learning Mata Kuliah Matematika Diskrit di STIKOM Bali Berbasis Model Alkin. Jpornal Indomath: Indonesia Mathematics Education, 1(2), 93-108.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Surani, D. (2019). Studi Literatur: Peran Teknologi Pendidikan Dalam Pendidikan 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 456–469.
Yusuf, A. (2021). Konsep “Merdeka Belajar” dalam Pandangan Filsafat Konstruktivisme. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 7(2), 120–133.
Yusup, F. (2018). Uji Validasi Dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17-23.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.