PENGARUH PENDEKATAN INKUIRI BERBANTUAN LKPD ELEKTRONIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA KELAS VIII

  • Adam Zuhri Prika Universitas Negeri Medan
  • Budi Halomoan Siregar Universitas Negeri Medan
Keywords: LKPD Elektronik, Pendekatan Inkuiri, Kemampuan Berpikir Kreatif

Abstract

Riset ini dilatarbelakangi oleh kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang masih rendah, proses jawaban murid cenderung sama dengan apa yang didapatkannya dari penyelesaian contoh soal yang diberikan oleh pendidik dan kurangnya penggunaan media pembelajaran sehingga kemampuan tersebut kurang. Riset ini berguna dalam mengetahui pengaruh pendekatan inkuiri berbantuan LKPD Elektronik terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif murid dan mendeskripsikan proses jawaban tersebut dalam menyelesaikan masalah berkaitan dengan kemampuan berpikir kreatif tersebut. Riset ini memakai taktik Quasi Experiment yang berjenis kuantitatif. Sampel dalam penelitian berjumlah 63 siswa dengan kelas eksperimen sebanyak 32 siswa dan 31 siswa pada kelas kontrol di kelas VIII SMP Negeri 4 Medan. Nonequivalent Control Group Design merupakan desain dalam riset ini. Instrumen riset ini mencakup tes kemampuan berpikir kreatif matematika siswa pada topik SPLDV yang sebelumnya direalisasikan uji validitas dan reliabilitas. Taktik analisis data yang dipakai ialah uji normalitas, homogenitas dan hipotesis. Hasil yang didapatkan adalah seluruh data berdistribusi normal dan homogen. Selain itu, ada dampak yang positif dari pendekatan inkuiri berbantuan LKPD-Elektronik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis. Sehingga disimpulkan ada pengaruh dari pendekatan inkuiri berbantuan LKPD-Elektronik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis murid dan proses penyelesaian masalah siswa melalui pendekatan inkuiri berbantuan LKPD elektronik lebih baik dibandingkan konvensional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminah, S., & Radita, N. (2020). Pengembangan modul pembelajaran aljabar linier dan Matriks dengan pendekatan inkuiri untuk mahasiswa Teknik informatika. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 5(2), 156-170.
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta.
Arini, D. A., Gianistika, C., & Rahmat, R. (2019). Penerapan Pendekatan Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SDN Rengasdengklok Selatan II). Jurnal Tahsinia, 1(1), 25-37.
Erlina, S. (2019). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Sejarah Dengan Menggunakan Pendekatan Inkuiri Pada Siswa SMA Negeri 1 Metro. Jurnal Dewantara, 7(01), 122-135.
Hendriana, B. (2019). Lembar kerja peserta didik berbasis cabri 3D untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689-1699.
Nabilla, G. A. F. (2020). Pengembangan Buku Saku Digital Berbasis Science Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Berbantuan Appypie Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Skripsi.
Pangestu, N. S., & Yunianta, T. N. H. (2019). Proses berpikir kreatif matematis siswa extrovert dan introvert SMP kelas VIII berdasarkan tahapan Wallas. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 215-226.
Prihastuti, L., Fitriyani, S., Romadhon, F. H., Pratiwi, D. R., & Prayitno, H. J. (2021). Pembelajaran Kreatif Guna Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 21-30.
Purnaningsih, I., & Zulkarnaen, R. (2022). Identifikasi Faktor Penyebab Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Pada Siswa Kelas Viii. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 7(2), 291-302.
Shalikhah, M. (2019). Analisis kesulitan siswa smp negeri 3 pleret pada materi aritmatika sosial. Academy of Education Journal, 10(01), 44-54.
Siregar, B. H., Mansyur, A., R., S. L., & Rahmadani, F. (2022). Teori & Praktis Multimedia Pembelajaran Interaktif. Medan: Umsu Press.
Subakti, D. P., Marzal, J., & Hsb, M. H. E. (2021). Pengembangan E-LKPD Berkarakteristik Budaya Jambi Menggunakan Model Discovery Learning Berbasis STEM Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1249-1264.
Sudjana, Nana. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Syafira, A. R., Salsabila, E., & Purwanto, S. (2021). Pengaruh LKPD Berbasis Discovery Terhadap Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Google Classroom. J-PiMat, 3(2), 407-416.
Syarifa, S. (2017). Pengembangan LKPD Berorientasi Nilai-Nilai Agama Islam Melalui Pendekatan Inkuiri Terbimbing Materi Trigonometri. Skripsi.
Yuliani, T. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dan Self Efficacy Peserta Didik (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS LAMPUNG).
Published
28-05-2024
How to Cite
Zuhri Prika, A., & Halomoan Siregar, B. (2024). PENGARUH PENDEKATAN INKUIRI BERBANTUAN LKPD ELEKTRONIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA KELAS VIII. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 168-185. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v9i1.3773