PENGEMBANGAN LKPD ELEKTRONIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI MTsN 1 MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan LKPD elektronik dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah yang valid, praktis, dan efektif sehingga dapat meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa MTsN pada materi pola bilangan. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar validasi LKPD elektronik, lembar RPP, tes kemampuan literasi numerasi (pretest dan posttest), dan angket respon. Setelah LKPD elektronik dan instrumen dinyatakan valid oleh dosen validator ahli media dan ahli materi, dilanjutkan dengan uji keterbacaan dan uji lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) LKPD elektronik dengan model pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dengan persentase dari ahli media sebesar 98,26% dan dari ahli materi sebesar 91,04% dengan kategori sangat layak, (2) LKPD elektronik dengan model pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan telah memenuhi kriteria praktis dengan persentase dari angket kepraktisan untuk guru sebesar 80,56%, angket respon siswa sebesar 79,03%, dan angket respon ahli (dosen) sebesar 83,33% dengan kategori sangat praktis, (3) LKPD elektronik dengan model pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan telah memenuhi kriteria efektif yang ditentukan dari (a) ketercapaian ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 90%; (b) ketercapaian ketuntasan indikator yang dirumuskan sebesar 85,34%; (c) peningkatan kemampuan literasi numerasi siswa setelah belajar menggunakan LKPD elektronik mengalami peningkatan sebesar 43,61 dan ditinjau dari nilai n-gain peningkatan berada pada kategori tinggi dengan rata-rata 0,76; (d) pembelajaran dengan menggunakan LKPD elektronik memperoleh respon positif dengan persentase sebesar 83,33%.
Downloads
References
Astari, T. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Realistik untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD Kelas IV. Jurnal Pelangi, 9(2), 150–160.
Febrian, Heri., P. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Mata Pelajaran CNC Dasar Di SMK Muhammadiyah 1 Salam. Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin Volume, 6(6), 441–446. https://doi.org/10.24176/re.v8i1.1792
Fitriasari, D. N., & Yuliani .(2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Berbasis Guided Discovery Learning Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Terintegrasi Pada Materi Fotosintesis Kelas XII SMA. Berkalah Ilmiah Pendidikan Biologr, 10(3),510-522.
Kharisma, Jeaniver Juliane, A. A. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Masalah Berorientasi pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Prestasi Belajar Matematika. Journal of Mathematical Education, 1(1), 34–36.
Kholifatus, Y.F., Agustingsih,. Wardoyo, A. . (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS). Edustream : Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 143–151.
Luthfiana, Maria,. Yuliansyah, A. F. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika : Judika Education, 3(01), 273–290.
OECD, U. I. for S. (2013). PISA 2012 Assessment and Analytical Framework : Mathematics, Reading, Science, Problem Solving And Financial Literacy. Paris : OECD Publishing.
Prastowo. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta : Diva Press.
Rahayu, S ., Ladamay, I,. Ulfatin., N., Kumala F.N., W. S. . (2021). Pengembangan LKPD Elektronik Pembelajaran Tematik Berbasis High Order Thinking Skil (HOTS). EduHumaniora : Jurnal Pendidikan Dasar, 13(2), 112–118.
Sani, Ridwan Abdullah, D. (2018). Penelitian Pendidikan. Tangerang : Tira Smart, Anggota IKAPI.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : PT Alfabeta.
Umar, Hasratuddin, & Surya, E. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Model Think Aloud Pair Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SD Negeri 067248 Medan. Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika, 06(03), 3402-3416
Copyright (c) 2024 Yulia Ayu Utami Tarigan, Budi Halomoan Siregar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.