PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERBASIS RME MENGGUNAKAN MEDIA INTERAKTIF QUIZWHIZZER TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

  • Amanda Bella Sasmita Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Mujiyem Sapti Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Prasetyo Budi Darmono Universitas Muhammadiyah Purworejo
Keywords: Berdiferensiasi, RME, Quizwhizzer, Motivasi, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi dan hasil belajar siswa manakah yang lebih baik dengan pembelajaran berdiferensiasi berbasis RME menggunakan media interaktif quizwhizzer daripada pembelajaran ekspositori. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan quasi experimental design. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 6 Purworejo dengan populasi seluruh kelas VII. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Uji prasyarat sebelum perlakuan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji keseimbangan menunjukkan bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan seimbang. Uji normalitas bivariat dan uji homogenitas variansi dan kovariansi setelah perlakuan menunjukkan data berdistribusi normal dan homogen. Uji Hipotesis menggunakan uji-t multivariat, dilanjutkan uji-t univariat.  Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa: (1) motivasi belajar matematika dalam pembelajaran berdiferensiasi berbasis RME menggunakan media interaktif quizwhizzer lebih baik daripada motivasi belajar matematika dalam pembelajaran ekspositori. (2) hasil belajar matematika dalam pembelajaran berdiferensiasi berbasis RME menggunakan media interaktif quizwhizzer lebih baik daripada hasil belajar matematika dalam pembelajaran ekspositori.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ainia, D. K. (2020). Merdeka Belajar dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya bagi Pengembangan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95–101. https://doi.org/10.5430/ijhe.v5n3p1
Chisara, C., Hakim, D. L., & Kartika, H. (2018). Implementasi Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika), 65–72. http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika
Dhani, R. R. (2020). Peran Guru Dalam Pengembangan Kurikulum. 9(1), 45–50. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203
Hasan, F., Pomalato, S. W. D., & Uno, H. B. (2020). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasi Belajar. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(1), 13–20. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v1i1.4547
Khasanah, I., & Alfiandra. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Kelas IX di SMPN 33 Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 5324–5327.
Khoirunnisa, K., & Amidi. (2022). Kajian Teori : Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Outdoor Learning dengan Model Connected Mathematics Project ( CMP ) dan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis. Prisma Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 559–564.
Marlina. (2020). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif.
Meileni, H., Satriadi, I., Oktapriandi, S., & Apriyanty, D. (2021). Model Aplikasi Digital Learning Menggunakan Netboard Untuk Pembelajaran Daring. Jutisi : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 10(3), 525. https://doi.org/10.35889/jutisi.v10i3.719
Nofiardi, R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Motivasi Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 1(01), 27–35. https://doi.org/10.47709/jpsk.v1i01.1254
Puspitasari, V., Rufi’i, & Walujo, D. A. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Model Diferensiasi Menggunakan Book Creator untuk Pembelajaran BIPA di Kelas yang Memiliki Kemampuan Beragam. Jurnal Education and Development Institut, 8(4), 310–319.
Suhartoyo, E., Wailissa, S. A., Jalarwati, S., Samsia, S., Wati, S., Qomariah, N., Dayanti, E., Maulani, I., Mukhlish, I., Rizki Azhari, M. H., Muhammad Isa, H., & Maulana Amin, I. (2020). Pembelajaran Kontekstual Dalam Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 1(3), 161. https://doi.org/10.33474/jp2m.v1i3.6588
Syarifuddin, S., & Nurmi, N. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX Semester Genap SMP Negeri 1 Wera Tahun Pelajaran 2021/2022. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 2(2), 35–44. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v2i2.184
Published
20-11-2023
How to Cite
Sasmita, A. B., Sapti, M., & Darmono, P. B. (2023). PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERBASIS RME MENGGUNAKAN MEDIA INTERAKTIF QUIZWHIZZER TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 379-386. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v8i2.3121