PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERBASIS RME MENGGUNAKAN MEDIA INTERAKTIF QUIZWHIZZER TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi dan hasil belajar siswa manakah yang lebih baik dengan pembelajaran berdiferensiasi berbasis RME menggunakan media interaktif quizwhizzer daripada pembelajaran ekspositori. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan quasi experimental design. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 6 Purworejo dengan populasi seluruh kelas VII. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Uji prasyarat sebelum perlakuan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji keseimbangan menunjukkan bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan seimbang. Uji normalitas bivariat dan uji homogenitas variansi dan kovariansi setelah perlakuan menunjukkan data berdistribusi normal dan homogen. Uji Hipotesis menggunakan uji-t multivariat, dilanjutkan uji-t univariat. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa: (1) motivasi belajar matematika dalam pembelajaran berdiferensiasi berbasis RME menggunakan media interaktif quizwhizzer lebih baik daripada motivasi belajar matematika dalam pembelajaran ekspositori. (2) hasil belajar matematika dalam pembelajaran berdiferensiasi berbasis RME menggunakan media interaktif quizwhizzer lebih baik daripada hasil belajar matematika dalam pembelajaran ekspositori.
Downloads
References
Chisara, C., Hakim, D. L., & Kartika, H. (2018). Implementasi Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika), 65–72. http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika
Dhani, R. R. (2020). Peran Guru Dalam Pengembangan Kurikulum. 9(1), 45–50. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203
Hasan, F., Pomalato, S. W. D., & Uno, H. B. (2020). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasi Belajar. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(1), 13–20. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v1i1.4547
Khasanah, I., & Alfiandra. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Kelas IX di SMPN 33 Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 5324–5327.
Khoirunnisa, K., & Amidi. (2022). Kajian Teori : Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Outdoor Learning dengan Model Connected Mathematics Project ( CMP ) dan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis. Prisma Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 559–564.
Marlina. (2020). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif.
Meileni, H., Satriadi, I., Oktapriandi, S., & Apriyanty, D. (2021). Model Aplikasi Digital Learning Menggunakan Netboard Untuk Pembelajaran Daring. Jutisi : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 10(3), 525. https://doi.org/10.35889/jutisi.v10i3.719
Nofiardi, R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Motivasi Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 1(01), 27–35. https://doi.org/10.47709/jpsk.v1i01.1254
Puspitasari, V., Rufi’i, & Walujo, D. A. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Model Diferensiasi Menggunakan Book Creator untuk Pembelajaran BIPA di Kelas yang Memiliki Kemampuan Beragam. Jurnal Education and Development Institut, 8(4), 310–319.
Suhartoyo, E., Wailissa, S. A., Jalarwati, S., Samsia, S., Wati, S., Qomariah, N., Dayanti, E., Maulani, I., Mukhlish, I., Rizki Azhari, M. H., Muhammad Isa, H., & Maulana Amin, I. (2020). Pembelajaran Kontekstual Dalam Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 1(3), 161. https://doi.org/10.33474/jp2m.v1i3.6588
Syarifuddin, S., & Nurmi, N. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX Semester Genap SMP Negeri 1 Wera Tahun Pelajaran 2021/2022. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 2(2), 35–44. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v2i2.184
Copyright (c) 2023 Amanda Bella Sasmita, Mujiyem Sapti, Prasetyo Budi Darmono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.