PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERBASIS RME UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI SISWA
Abstract
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran berdiferensiasi berbasis RME yang diterapkan dapat meningkatkan kemampuan numerasi siswa Subjek yang diambil pada penelitian ini adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 6 Purworejo dengan jumlah 32 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus 2 kali pertemuan. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi keterlaksanaan dan lembar tes evaluasi. Penelitian ini menunjukkan penerapan pembelajaran berdiferensiasi berbasis RME dengan tingkat kemampuan numerasi sebesar 76,6% pada siklus I meningkat menjadi 90,4% pada siklus II. Kemudian terjadinya peningkatan kemampuan numerasi berdasarkan indikator: 1) Siswa dapat menggunakan berbagai macam angka-angka dan simbol-simbol dari 81,25% meningkat menjadi 95,55%, 2) Siswa mampu menganalisis informasi yang ditampilkan dalam bentuk (grafik, tabel, bagan, dsb) dari 79,68% meningkat menjadi 87,77%, 3) Siswa mampu menggunakan interpretasi hasil analisis untuk mengambil kesimpulan dari 68,75% meningkat menjadi 87,77%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi berbasis RME dapat meningkatkan kemampuan numerasi siswa.
Downloads
References
Hadi, S., & Zaidah, A. (2021). Analisa Kemampuan Numerasi dan Self Efficacy Siswa pada AKM. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(7), 300–310. https://doi.org/10.5281/zenodo.5716119
Hartatik, S. (2020). Indonesia Kemampuan Numerasi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Education and Human Development Journal, 5(1), 32–42. https://doi.org/10.33086/ehdj.v5i1.1456
Kemendikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Nasoha, S. R., Araiku, J., Pratiwi, W. D., & Yusup, M. (2022). Kemampuan Numerasi Siswa Melalui Implementasi Bahan Ajar Matematika Berbasis Problem Based Learning. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(2), 49–61. https://doi.org/10.31851/indiktika.v4i2.7903
OECD. (2016). Penilaian dan Kerangka Analisis PISA 2018.
Panjaitan, N., Lumbantobing, M. T., & Sibagariang, S. A. (2022). Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan Pengaruh Model Pembelajaran Realistis Mathematics Education ( RME ) Terhadap Hasil Belajar Matematika Di. 13(1), 112–122.
Shoimin, A. (2017). 68 Model Pembelajaran INOVATIF dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media.
Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Matematics Education and Science2, 2(1), 58–67.
Suwartiningsih. (2021). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan di Kelas IXb Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020 / 2021. 1, 80–94.
Wijaya, A. (2012). Pendidikan Matematika Realistik (Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika). Graha Ilmu.
Copyright (c) 2023 Tuntun Asmara Setyaning Jati, Mujiyem Sapti, Riawan Yudi Purwoko
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.