PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERBASIS RME UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI SISWA

  • Tuntun Asmara Setyaning Jati Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Mujiyem Sapti Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Riawan Yudi Purwoko Universitas Muhammadiyah Purworejo
Keywords: Numerasi, Pembelajaran Berdiferensiasi, RME

Abstract

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran berdiferensiasi berbasis RME yang diterapkan dapat meningkatkan kemampuan numerasi siswa Subjek yang diambil pada penelitian ini adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 6 Purworejo dengan jumlah 32 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus 2 kali pertemuan. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi keterlaksanaan dan lembar tes evaluasi. Penelitian ini menunjukkan penerapan pembelajaran berdiferensiasi berbasis RME dengan tingkat kemampuan numerasi sebesar 76,6% pada siklus I meningkat menjadi 90,4% pada siklus II. Kemudian terjadinya peningkatan kemampuan numerasi berdasarkan indikator: 1) Siswa dapat menggunakan berbagai macam angka-angka dan simbol-simbol dari 81,25% meningkat menjadi 95,55%, 2) Siswa mampu menganalisis informasi yang ditampilkan dalam bentuk (grafik, tabel, bagan, dsb) dari 79,68% meningkat menjadi 87,77%, 3) Siswa mampu menggunakan interpretasi hasil analisis untuk mengambil kesimpulan dari 68,75% meningkat menjadi 87,77%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi berbasis RME dapat meningkatkan kemampuan numerasi siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asiyah, R, S. (2023). Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa Sdn Bulukerto 01 Batu. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2(Mi), 5–24.
Hadi, S., & Zaidah, A. (2021). Analisa Kemampuan Numerasi dan Self Efficacy Siswa pada AKM. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(7), 300–310. https://doi.org/10.5281/zenodo.5716119
Hartatik, S. (2020). Indonesia Kemampuan Numerasi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Education and Human Development Journal, 5(1), 32–42. https://doi.org/10.33086/ehdj.v5i1.1456
Kemendikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Nasoha, S. R., Araiku, J., Pratiwi, W. D., & Yusup, M. (2022). Kemampuan Numerasi Siswa Melalui Implementasi Bahan Ajar Matematika Berbasis Problem Based Learning. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(2), 49–61. https://doi.org/10.31851/indiktika.v4i2.7903
OECD. (2016). Penilaian dan Kerangka Analisis PISA 2018.
Panjaitan, N., Lumbantobing, M. T., & Sibagariang, S. A. (2022). Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan Pengaruh Model Pembelajaran Realistis Mathematics Education ( RME ) Terhadap Hasil Belajar Matematika Di. 13(1), 112–122.
Shoimin, A. (2017). 68 Model Pembelajaran INOVATIF dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media.
Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Matematics Education and Science2, 2(1), 58–67.
Suwartiningsih. (2021). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan di Kelas IXb Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020 / 2021. 1, 80–94.
Wijaya, A. (2012). Pendidikan Matematika Realistik (Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika). Graha Ilmu.
Published
20-11-2023
How to Cite
Jati, T. A. S., Sapti, M., & Purwoko, R. Y. (2023). PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERBASIS RME UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI SISWA. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 387-396. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v8i2.3120