LEARNING OBSTACLE PADA MATERI VOLUME BANGUN RUANG SISWA KELAS V SDN 02 CAMPANG TIGA ILIR
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi karna adanya hambatan belajar (Learning Obstacle) yang dialami siswa SD Negeri 02 Campang Tiga Ilir. Hambatan Belajar tersebut didapat dari hasil studi pendahuluan pada materi volume bangun ruang kubus dan balok. Jenis learning obstacle yang difokuskan pada materi ini adalah ontogenic obstacle, didactical obstacle, dan epistemologi obstacle. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dan instrumen berupa tes pada materi volume kubus dan balok, analisis materi, analisis bahan ajar, analisis rpp dan wawancara. Learning obstacle diperoleh dengan menganalisis learning obstacle yang dialami siswa dilihat dari 4 (empat) yaitu tes diagnostik learning obstacle, aspekanalisis bahan ajar, analisis RPP, dan wawancara dengan guru kelas dan siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 02 Campang Tiga Ilir sebagai responden yang mengikutu tes diagnostik learning obstacle dan responden wawancara dan guru kelas sebagai responden dalam wawancara. Hasil penelitian ini ditemukan beberapa hambatan belajar yang dikategorikan menjadi 3 jenis yaitu ontogenic obstacle, didactical obstacle, dan epistemological obstacle. Jenis learning obstacle yang dialami siswa yaitu kurangnya pemahaman konsep dalam menyelesaikan soal dasar materi dan kesulitan dalam menyelesaikan soal yang menjadi ontogenic obstacle, didactical obstacle, terkait perangkat pembelejaran yang digunakan oleh guru, dan epistemological obstacle yakni keterbatasan konteks pemehaman yang dimiliki siswa.
Downloads
References
Nawafil, M., & Junaidi. (2020). Revitalisasi Paradigma Baru Dunia Pembelajaran Yang Membebaskan. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia.
Octaviani, K. D., & Dkk. (2021). Kemampuan Visualisasi Spasial Siswa Dalam Memecahkan Masalah Geometri Bangun Ruang Sisi Datar. International Journal Of Progressive Mathematics Education.
Pristiwanti, D., & Dkk. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 7912.
Rosita, D. C., & Maharani, A. (2020). Learning Obstacles Siswa Pada Materi Lingkaran. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika.
Safitri, G., & Dasari, D. (2022). Hambatan Belajar Siswa Pada Konsep Volume Kubus Dan Balok Student’s Obstacles In Learning Volume Of Cube And Cuboid. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika.
Sawitri, L. A., & Agustika, G. N. (2022). Pengembangan Audio Visual Berbasis Kontekstual Learningmateri Volume Bangun Ruang Kubus Dan Balok Untuk Kelas Vsd. Jurnal Pendidikan Dan Konseling.
Solikha, E. (2018). Peningkatan Kemampuan Menghitung Volume Bangun Ruang Melalui Model Pembelajaan Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas Vi Sdn Cangkringsari Sukodono. Jurnas Tunas Bangsa.
Sugiyamti. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Membuat Skets Grafik Fungsi Aljabar Sederhana Pada Sistem Koordinat Kartesius Melalu Metode Cooperatif Learning Jigsaw Pada Siswa Kelas Viii F Smp Negeri 6 Sukoharjo Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018. Edunomika.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suyedi, S. S., & Idrus, Y. (2019). Hambatan-Hambatan Belajar Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Mahasiswa Dalam Pembelajaran Mata Kuliah Dasar Desain Jurusan Ikk Fpp Unp. Gorga Jurnal Seni Rupa.
Yamti, S. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Membuat Skets Grafik Fungsi Aljabar Sederhana Pada Sistem Koordinat Kartesius Melalui Metode Cooperatif Learning Jigsaw Pada Siswa Kelas Viii F Smp Negeri 6 Sukoharjo Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018. Edunomika.
Copyright (c) 2023 Reza Gunawan, Nyiayu Fahriza Fuadiah, Nora Surmilasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.