LEARNING OBSTACLE PADA MATERI VOLUME BANGUN RUANG SISWA KELAS V SDN 02 CAMPANG TIGA ILIR

  • Reza Gunawan Universitas PGRI Palembang
  • Nyiayu Fahriza Fuadiah Universitas PGRI Palembang
  • Nora Surmilasari Universitas PGRI Palembang
Keywords: Pembelajaran Kubus dan Balok, Matematika SD

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi karna adanya hambatan belajar (Learning Obstacle) yang dialami siswa SD Negeri 02 Campang Tiga Ilir. Hambatan Belajar tersebut didapat dari hasil studi pendahuluan pada materi volume bangun ruang kubus dan balok. Jenis learning obstacle yang difokuskan pada materi ini adalah ontogenic obstacle, didactical obstacle, dan epistemologi obstacle. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dan instrumen berupa tes pada materi volume kubus dan balok, analisis materi, analisis bahan ajar, analisis rpp dan wawancara. Learning obstacle diperoleh dengan menganalisis learning obstacle yang dialami siswa dilihat dari 4 (empat) yaitu tes diagnostik learning obstacle, aspekanalisis bahan ajar, analisis RPP, dan wawancara dengan guru kelas dan siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 02 Campang Tiga Ilir sebagai responden yang mengikutu tes diagnostik learning obstacle dan responden wawancara dan guru kelas sebagai responden dalam wawancara. Hasil penelitian ini ditemukan beberapa hambatan belajar yang dikategorikan menjadi 3 jenis yaitu ontogenic obstacle, didactical obstacle, dan epistemological obstacle. Jenis learning obstacle yang dialami siswa yaitu kurangnya pemahaman konsep dalam menyelesaikan soal dasar materi dan kesulitan dalam menyelesaikan soal yang menjadi ontogenic obstacle, didactical obstacle, terkait perangkat pembelejaran yang digunakan oleh guru, dan epistemological obstacle yakni keterbatasan konteks pemehaman yang dimiliki siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Komariyah, S., & Laili, A. F. (2018). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika.
Nawafil, M., & Junaidi. (2020). Revitalisasi Paradigma Baru Dunia Pembelajaran Yang Membebaskan. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia.
Octaviani, K. D., & Dkk. (2021). Kemampuan Visualisasi Spasial Siswa Dalam Memecahkan Masalah Geometri Bangun Ruang Sisi Datar. International Journal Of Progressive Mathematics Education.
Pristiwanti, D., & Dkk. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 7912.
Rosita, D. C., & Maharani, A. (2020). Learning Obstacles Siswa Pada Materi Lingkaran. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika.
Safitri, G., & Dasari, D. (2022). Hambatan Belajar Siswa Pada Konsep Volume Kubus Dan Balok Student’s Obstacles In Learning Volume Of Cube And Cuboid. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika.
Sawitri, L. A., & Agustika, G. N. (2022). Pengembangan Audio Visual Berbasis Kontekstual Learningmateri Volume Bangun Ruang Kubus Dan Balok Untuk Kelas Vsd. Jurnal Pendidikan Dan Konseling.
Solikha, E. (2018). Peningkatan Kemampuan Menghitung Volume Bangun Ruang Melalui Model Pembelajaan Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas Vi Sdn Cangkringsari Sukodono. Jurnas Tunas Bangsa.
Sugiyamti. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Membuat Skets Grafik Fungsi Aljabar Sederhana Pada Sistem Koordinat Kartesius Melalu Metode Cooperatif Learning Jigsaw Pada Siswa Kelas Viii F Smp Negeri 6 Sukoharjo Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018. Edunomika.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suyedi, S. S., & Idrus, Y. (2019). Hambatan-Hambatan Belajar Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Mahasiswa Dalam Pembelajaran Mata Kuliah Dasar Desain Jurusan Ikk Fpp Unp. Gorga Jurnal Seni Rupa.
Yamti, S. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Membuat Skets Grafik Fungsi Aljabar Sederhana Pada Sistem Koordinat Kartesius Melalui Metode Cooperatif Learning Jigsaw Pada Siswa Kelas Viii F Smp Negeri 6 Sukoharjo Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018. Edunomika.
Published
16-11-2023
How to Cite
Gunawan, R., Fuadiah, N. F., & Surmilasari, N. (2023). LEARNING OBSTACLE PADA MATERI VOLUME BANGUN RUANG SISWA KELAS V SDN 02 CAMPANG TIGA ILIR. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 369-378. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v8i2.3113