DESAIN DIDAKTIS KONSEP PECAHAN DESIMAL UNTUK KELAS IV SEKOLAH DASAR

  • siti walida Universitas PGRI Palembang
  • Nyiayu Fahriza Fuadiah Universitas PGRI Palembang
  • Arief Kuswidyanarko Universitas PGRI Palembang
Keywords: Learning Obstacle, Didactical Design Research, Hypothetical Learning Trajectory

Abstract

Latar belakang penelitian ini disebabkan adanya hambatan belajar (Learning Obstacle) yang dialami oleh peserta didik. Hambatan belajar tersebut didapatkan dari hasil studi pendahuluan tentang materi pecahan desimal. Dengan demikian, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyusun desain didaktis materi pecahan desimal supaya dapat mengatasi learning obstacle  yang dialami peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan  metode Didactical Design Research (DDR) melalui tiga tahapan, yaitu a) Analisis Prosfektif, b) Analisis Metapedadidaktis, dan c) Analisis Retrosfektif. Pengumpulan data dalam penelitian ini ialah  wawancara, tes, dokumentasi, rekaman video. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa LO yang dialami peserta didik pada materi pecahan desimal yaitu peserta didik masih ada yang belum mengenal berbagai bentuk pecahan, peserta didik tidak bisa mengubah bentuk pecahan biasa menjadi pecahan desimal atau tidak bisa mengubah pecahan desimal menjadi pecahan biasa, peserta didik belum mampu  menyelesaikan soal penjumlahan pecahan.  Hypothetical Learning Trajectory (HLT) disusun berdasarkan LO yang dialami peserta didik yaitu: 1) mengenal berbagai bentuk pecahan, 2) menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan mengubah bentuk pecahan biasa menjadi pecahan desimal dan mengubah pecahan desimal menjadi pecahan biasa. Desain didaktis di implementasikan dan diperoleh dari hasil tes identifikasi akhir mengalami penurunan LO dibandingkan pada saat tes diagnostik awal. Berdasarkan temuan tersebut dilakukan revisi terhadap desain didaktis hipotetik dan diperoleh desain didaktis revisi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
01-05-2023
How to Cite
walida, siti, Fuadiah, N. F., & Kuswidyanarko, A. (2023). DESAIN DIDAKTIS KONSEP PECAHAN DESIMAL UNTUK KELAS IV SEKOLAH DASAR. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 87-98. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v8i1.2387