ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PADA MASA PAMDEMI COVID-19 DI UPTD SMP NEGERI 3 GUNUNGSITOLI TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan peneliti di UPTD SMP Negeri 3 Gunungsitoli. Ditemukan masalah yaitu siswa yang tidak dapat menyelesaikan tes pemahaman konsep matematis, tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada masa pandemic covid-19. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan kerangka penelitian deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemahaman konsep berbentuk esay tes dan lembar wawancara. Data penelitian yang diperoleh diolah dengan cara mendeskripsikan hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematis yang didapat dari setiap lembar jawaban siswa. Berdasarkan hasil analisis data penelitian yang sudah dilakukan di UPTD SMP Negeri 3 Gunungsitoli dengan jumlah subjek penelitian 80 peserta didik pada kelas VIII, serta 3 peserta didik dengan kategori rendah, sedang dan tinggi, dapat disimpulkan bahwa pada setiap indikator peserta didik kurang pada indikator menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematika, mengembangkan syarat perlu atau syarat cukup dari suatu konsep, menggunakan, memanfaatkan dan memilih prosedur atau operasi tertentu, mengaplikasikan konsep atau logaritma dalam pemecahan masalah sehingga siswa termasuk pada kategori sedang dengan memperoleh nilai rata-rata 61 (kualifikasi cukup).
Downloads
References
Faizah. 2017. Hakikat Belajar Dan Pembelajaran, dalam Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Vol. 1, No. 2, 176-185, Universitas Islam Lamongan.(https://journalfai.unisla.ac.id/index.php/at-thulab/article/view/85/79 diakses pada 15 September 2021)
Fajar,dkk. 2018. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Kendari, dalam Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 9, No. 2, Juli, 229-239, Universitas Halu Oleo (http://ojs.uho.ac.id/index.php/JPM/article/view/5872 diakses pada 20 September 2021)
Fitria, dkk. 2019. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Yang Menggunakan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching, dalam Jurnal Prisma Universitas Suryakancana, Vol. 8, No. 2, Desember, 124-134, Universitas Pasundan (http://jurnal.unsur.ac.id/prisma diakses pada 14 september 2021)
Hernawati, Pradipta. 2021. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Pada Penerapan E-Learning berbasis Google Classroom, dalam Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 5, No. 2, Juli, 1616-1625, Jakarta Timur: Universitas Muhammadiyah (http://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/683 diakses pada 14 September 2021)
Junianti, dkk. 2020. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Karakter Siswa SMP Dalam Pembelajaran E-Learning, dalam Jurnal Inovasi dan Riset Matematika, Vol. 1, No. 2, Juni, 135-149, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
(http://www.jurnal.untirta.ac.id/index.php/wilangan diakses pada 14 September 2021).
Kartika. 2018. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Pada Materi Bentuk Aljabar, dalam Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol. 2, No. 4, 777-785, Riau: Universitas Riau (https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/25 diakses pada 14 September 2021)
Pranajaya, dkk. 2020. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Pada Materi Himpunan Kelas VIII SMP Negeri 8 Singkawang, dalam Jurnal Of Education Review And Research, Vol. 3, No. 2, Desember, 86-98, Singkawang: STKIP Singkawang. (https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JERR/article/view/2147 diakses pada 14 September 2021)
Warmi. 2019. Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII Pada Materi Lingkaran, dalam Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 8, No. 2, Mei, 297-306, Karawang: Universitas Singaper Bangsa Karawang.
(http://journal.institutupendidikan.ac.id/index.php/mosharafa diakses pada 14 September 2021).
Yuniarti, Supriyono, dkk. 2020. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Bentuk Aljabar di Tinjau Dari Gaya Belajar. Vol. 2, No. 2, Oktober, 95-105, Purworejo : Universitas Muhammadiyah Purworejo.
(http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jipm diakses pada 14 September 2021)
Copyright (c) 2023 Eunike Zai, Yakin Niat Telaumbanua, Yulisman Zega, Sadiana Lase
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.