ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PADA MASA PAMDEMI COVID-19 DI UPTD SMP NEGERI 3 GUNUNGSITOLI TAHUN PELAJARAN 2021/2022

  • Eunike Zai Universitas Nias
  • Yakin Niat Telaumbanua Universitas Nias
  • Yulisman Zega Universitas Nias
  • Sadiana Lase Universitas Nias
Keywords: Analisis Kemampuan, pemahaman konsep matematis

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan peneliti di UPTD SMP Negeri 3 Gunungsitoli. Ditemukan masalah yaitu siswa yang tidak dapat menyelesaikan tes pemahaman konsep matematis, tujuan penelitian ini adalah untuk  mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada masa pandemic covid-19. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan kerangka penelitian deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemahaman konsep berbentuk esay tes dan lembar wawancara. Data penelitian yang diperoleh diolah dengan cara mendeskripsikan hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematis yang didapat dari setiap lembar jawaban siswa. Berdasarkan hasil analisis data penelitian yang sudah dilakukan di UPTD SMP Negeri 3 Gunungsitoli dengan jumlah subjek penelitian 80 peserta didik pada kelas VIII, serta 3 peserta didik dengan kategori rendah, sedang dan tinggi, dapat disimpulkan bahwa pada setiap indikator peserta didik kurang pada indikator menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematika, mengembangkan syarat perlu atau syarat cukup dari suatu konsep, menggunakan, memanfaatkan dan memilih prosedur atau operasi tertentu, mengaplikasikan konsep atau logaritma dalam pemecahan masalah sehingga siswa termasuk pada kategori sedang dengan memperoleh nilai rata-rata 61 (kualifikasi cukup).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, dkk. 2018. Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII dalam Penerapan Model Penemuan Terbimbing, dalam Jurnal Letters of Mathematics Education, Vol. 5, No. 1, Desember, 52-60, Palembang: UIN Raden fatah Palembang. (http://ejournal.stikp-pgri-sumbar.ac.id/index.php/jurnal lemma/article/view/3006 diakses pada 10 Oktober 2021)
Faizah. 2017. Hakikat Belajar Dan Pembelajaran, dalam Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Vol. 1, No. 2, 176-185, Universitas Islam Lamongan.(https://journalfai.unisla.ac.id/index.php/at-thulab/article/view/85/79 diakses pada 15 September 2021)
Fajar,dkk. 2018. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Kendari, dalam Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 9, No. 2, Juli, 229-239, Universitas Halu Oleo (http://ojs.uho.ac.id/index.php/JPM/article/view/5872 diakses pada 20 September 2021)
Fitria, dkk. 2019. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Yang Menggunakan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching, dalam Jurnal Prisma Universitas Suryakancana, Vol. 8, No. 2, Desember, 124-134, Universitas Pasundan (http://jurnal.unsur.ac.id/prisma diakses pada 14 september 2021)
Hernawati, Pradipta. 2021. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Pada Penerapan E-Learning berbasis Google Classroom, dalam Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 5, No. 2, Juli, 1616-1625, Jakarta Timur: Universitas Muhammadiyah (http://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/683 diakses pada 14 September 2021)
Junianti, dkk. 2020. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Karakter Siswa SMP Dalam Pembelajaran E-Learning, dalam Jurnal Inovasi dan Riset Matematika, Vol. 1, No. 2, Juni, 135-149, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
(http://www.jurnal.untirta.ac.id/index.php/wilangan diakses pada 14 September 2021).
Kartika. 2018. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Pada Materi Bentuk Aljabar, dalam Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol. 2, No. 4, 777-785, Riau: Universitas Riau (https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/25 diakses pada 14 September 2021)
Pranajaya, dkk. 2020. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Pada Materi Himpunan Kelas VIII SMP Negeri 8 Singkawang, dalam Jurnal Of Education Review And Research, Vol. 3, No. 2, Desember, 86-98, Singkawang: STKIP Singkawang. (https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JERR/article/view/2147 diakses pada 14 September 2021)
Warmi. 2019. Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII Pada Materi Lingkaran, dalam Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 8, No. 2, Mei, 297-306, Karawang: Universitas Singaper Bangsa Karawang.
(http://journal.institutupendidikan.ac.id/index.php/mosharafa diakses pada 14 September 2021).
Yuniarti, Supriyono, dkk. 2020. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Bentuk Aljabar di Tinjau Dari Gaya Belajar. Vol. 2, No. 2, Oktober, 95-105, Purworejo : Universitas Muhammadiyah Purworejo.
(http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jipm diakses pada 14 September 2021)
Published
13-11-2023
How to Cite
Zai, E., Telaumbanua, Y. N., Zega, Y., & Lase, S. (2023). ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PADA MASA PAMDEMI COVID-19 DI UPTD SMP NEGERI 3 GUNUNGSITOLI TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 228-252. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v8i2.3097