PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS XI SMA NEGERI 1 BAWOLATO

  • Marlinawati Telaumbanua Universitas Nias
  • Sadiana Lase Universitas Nias
  • Yakin Niat Telaumbanua Universitas Nias
Keywords: Powerpoint, Masalah Matematis, Problem Based Learning

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya permasalahan yaitu kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan di dalam kelas cenderung monoton hanya berpusat pada guru yang menggunakan metode ceramah saat mengajar, serta ketersediaan bahan ajar sebagai alat bantu yang digunakan guru dalam proses pembelajaran di kelas masih terbatas. Penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi seperti komputer dan laptop juga masih jarang dan bahkan tidak digunakan dalam proses pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas isi, bahasa, dan desain media powerpoint, yang dikembangkan, mengetahui kepraktisan media pembelaran powerpoint, serta untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran powerpoint dengan pendekatan problem based learning dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas XI. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, validasi, dan tes. Observasi bertujuan untuk menganalisis masalah yang terjadi disekolah, validasi perlu dilakukan untuk menguji kelayakan produk berdasarkan para tim ahli, sedangkan tes dilakukan untuk mengetahui implikasi produk yang telah dikembangkan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/UU_tahun2003_nomor020.pdf).
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013
Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan, (https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/5364/pp-no-32-tahun-2013)
Sholehah, S. H., Handayani, D. E., & Prasetyo, S. A. (2018). Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD Negeri Karangroto 04 Semarang Vol. 23. No. 3. (online), (https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI/article/view/16494, diakses pada 2 oktober 2021).
Mutia. 2019. Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa SMP Kelas IX dalam Memahami Konsep Tabung dan Alternatif Pemecahannya dengan Pendekatan Pemecahan Masalah. Vol. 2. No. 1. (online). https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/equation/article/view/2305, diakses pada 10 oktober 2021)
Aman, A. (2017). Penilaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Vol.2. No.1. (online), https://core.ac.uk/download/pdf/228854900.pdf, diakses pada 08 oktober 2021).
Hodiyanto, et al. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Bermuatan Problem Posing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Vol.9. No.2. Mei (online), (https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv9n2_13/, diakses pada 02 November 2021)
Batubara, Hamdan, Husein. 2020. Media Pembelajaran Efektif. Semarang: Fatawa Publishing.
Batubara, Hamdan, Husein 2021. Media Pembelajaran Digital. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Marfuah, S., et al. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Powerpoint Disertai Visual Basic For Application Materi Jarak Pada Bangun Ruang Kelas X Vol.1. No.1. (online), https://www.neliti.com/publications/261261/, diakses pada 02 oktober 2021)
Rusman. 2016. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada
Koriaty, S, dan Agustani, M. D. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Game Edukasi untuk Meningkatkan Minat Siswa Kelas X TKJ SMK Negeri 7 Pontianak, dalam Jurnal Edukasi. Vol. 14. No. 2. (online), (https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/edukasi/article/view/360/349, diakses pada 10 oktober 2021).
Hamzah, Amir. 2020. Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development) Uji Produk Kuantitatif dan Kualitatif Proses dan Hasil. Sampang : Literasi Nusantara.
Hodiyanto, et al. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Bermuatan Problem Posing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Vol.9. No.2. Mei (online), (https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv9n2_13/, diakses pada 02 November 2021)
Pramesti, P. D., et al. (2021). Media Pembelajaran Daring Interaktif Berbasis Powerpoint Dengan Fungsi Hyperlink. Vol. 4, No. 2. (online) (https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JP2/index diakses pada 25 November 2021)
Suryani, Nunuk, Achmad, Setiawan, dan Aditin Putria. 2018. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Dewi, M. D., & Nur Izzati. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Berbasis Rme Materi Aljabar Kelas VII SMP. Vol.8. No.2. (online), (https://scholar.archive.org/work/2dkx2potijegdcbpmcey66fibm/access/wayback/https://jurnal.unikal.ac.id/index.php/Delta/article/download/1039/pdf91, diakses pada pada 16 oktober 2021).
Putri, N. W. S., dan Kadek Suryati. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Program Linier Berbasis Geogebra di STMIK STIKOM Indonesia. Vol.9. No.2. (online), (https://doi.org/10.24843/JMAT.2017.v07.i01.p77, diakses pada 02 oktober 2021).
Usfiyana, Ifa. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash CS6 untuk Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di SMP Al-Ishlah Semarang, dalam Joined Journal. Vol. 2. No. 1. (online), (http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/jiptika/article/view/865/750 diakses pada 5 oktober 2021).
Noviyana, Hesti. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMP. Vol.2. (online). (https://core.ac.uk/download/pdf/288291564.pdf, diakses pada 17 desember 2021).
Agustina, Tri Rahayu, dkk. 2021. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Soal Open Ended Materi Lingkaran Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika Siswa. Vol.1. No.3. (online), https://mathjournal.unram.ac.id/index.php/Griya/index
Winarni, W. E. 2018. Teori Dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R&D. Jakarta: Bumi Aksara.
Published
13-11-2023
How to Cite
Telaumbanua, M., Lase, S., & Telaumbanua, Y. N. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS XI SMA NEGERI 1 BAWOLATO. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 271-290. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v8i2.3096