PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA UPTD SMP NEGERI 5 GUNUNGSITOLI
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari observasi awal di UPTD SMP Negeri 5 Gunungsitoli dan diperoleh hasil bahwa kemampuan penalaran matematis siswa masih kurang dan kegiatan proses pembelajaran belum menggunakan video pembelajaran. Solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan video pembelajaran pada proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan video pembelajaran matematika berbasis discovery learning yang valid, praktis dan efektif meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model addie yang meliputi lima tahap yakni: analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Penelitian ini dilaksanakan selama 4 kali pertemuan. Instrument dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar, angket validasi dan angket respon. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif berupa komentar, saran dan kritik yang diberikan validator terhadap video pembelajaran yang dikembangkan. Sedangkan data kuantitatif berupa hasil angket dari validator, angket respon siswa dan guru serta tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian, video pembelajaran yang dikembangkan telah teruji dan dinyatakan valid baik dari segi validitas materi (isi) sebesar 4,87, validitas Bahasa sebesar 4,88 dan validitas media (desain) sebesar 5,00. Selanjutnya, video pembelajaran juga sangat praktis digunakan oleh siswa dengan persentase kepraktisan sebesar 94,42% dan hasil persentase kepraktisan dari guru sebesar 95,24%. Video pembelajaran juga efektif meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa dengan nilai rata-rata 76 dan berada pada ketegori tinggi. Sehingga dapat disimpulkan video pembelajaran yang dikembangkan sudah memenuhi harapan atau tujuan penelitian.
Downloads
References
Chasanah, F. M. (2021). Pengembangan video pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa sekolah menengah pertama pada materi aritmetika sosial (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim). http://etheses.uin-malang.ac.id/31242/
Harefa, S. S. M., Harefa, A. R., & Lase, S. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Discovery Learning pada Materi Dimensi Tiga Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Lotu. Formosa Journal of Applied Sciences, 1(5), 637-652. https://journal.formosapublisher.org/index.php/fjas/article/view/1454
Helaluddin, et al. (2021). Penelitian dan Pengembangan (Sebuah Tinjauan dan Praktik dalam Bidang Pendidikan). Serang: Media Madani
Hidayati, A. S., Adi, E. P., & Praherdhiono, H. (2019). Pengembangan media video pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman materi gaya kelas IV di SDN Sukoiber 1 Jombang. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 6(1), 45-50. http://journal2.um.ac.id/index.php/jinotep/article/view/7401
Ismawati, S. (2021). Engembangan Media Video Berbasis Animasi Dalam Pembelajaran Tematik Untuk Kelas III Di SDN 160 Pekanbaru (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau). https://repository.uir.ac.id/7593/
Mendrofa, N. K., & Mendrofa, R. N. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 10(2), 535-537. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/3782
Minarni, A. et al. (2020). Kemampuan Berfikir Kreatif dan Aspek Afektif Siswa. Medan: Harapan Cerdas Publisher.
Putri, D. K., Sulianto, J., & Azizah, M. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah. International Journal of Elementary Education, 3(3), 351-357. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE/article/view/19497
Surur, M., & Oktavia, S. T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Pendidikan Edutama, 6(1), 11-18. http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE
Ulya, F. I., Sumarno, S., & Wijayanti, A. (2021). Pengembangan media video berbasis discovery learning untuk siswa sekolah dasar. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(1), 68-83. https://journal.uny.ac.id/index.php/jitp/article/view/42565
Usfiyana, I., & Pratama, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash CS6 Untuk Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Di SMP Al-Ishlah Semarang. Joined Journal (Journal of Informatics Education), 2(1), 60-70. https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/jiptika/article/view/865
Yuniastuti, et al. (2021). Media Pembelajaran Untuk Generasi Milenial Tijauan Teoritis dan Pedoman Praktis. Malang: Scopindo Media Pustaka.
Copyright (c) 2023 Abdir Aldin Gulo Gulo, Netti Kariani Mendrofa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.