PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA UPTD SMP NEGERI 5 GUNUNGSITOLI

  • Abdir Aldin Gulo Gulo Universitas Nias
  • Netti Kariani Mendrofa Universitas Nias
Keywords: Discovery learning, penalaran, video, addie

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari observasi awal di UPTD SMP Negeri 5 Gunungsitoli dan diperoleh hasil bahwa kemampuan penalaran matematis siswa masih kurang dan kegiatan proses pembelajaran belum menggunakan video pembelajaran. Solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan video pembelajaran pada proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan video pembelajaran matematika berbasis discovery learning yang valid, praktis dan efektif meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model addie yang meliputi lima tahap yakni: analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Penelitian ini dilaksanakan selama 4 kali pertemuan. Instrument dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar, angket validasi dan angket respon. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif berupa komentar, saran dan kritik yang diberikan validator terhadap video pembelajaran yang dikembangkan. Sedangkan data kuantitatif berupa hasil angket dari validator, angket respon siswa dan guru serta tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian, video pembelajaran yang dikembangkan telah teruji dan dinyatakan valid baik dari segi validitas materi (isi) sebesar 4,87, validitas Bahasa sebesar 4,88 dan validitas media (desain) sebesar 5,00. Selanjutnya, video pembelajaran juga sangat praktis digunakan oleh siswa dengan persentase kepraktisan sebesar 94,42% dan hasil persentase kepraktisan dari guru sebesar 95,24%. Video pembelajaran juga efektif meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa dengan nilai rata-rata 76 dan berada pada ketegori tinggi. Sehingga dapat disimpulkan video pembelajaran yang dikembangkan sudah memenuhi harapan atau tujuan penelitian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Annisa, L. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Pada Tema 7 Subtema 3 Untuk Siswa Kelas IV SDN 104 Pekanbaru (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau). https://repository.uir.ac.id/16400/
Chasanah, F. M. (2021). Pengembangan video pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa sekolah menengah pertama pada materi aritmetika sosial (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim). http://etheses.uin-malang.ac.id/31242/
Harefa, S. S. M., Harefa, A. R., & Lase, S. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Discovery Learning pada Materi Dimensi Tiga Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Lotu. Formosa Journal of Applied Sciences, 1(5), 637-652. https://journal.formosapublisher.org/index.php/fjas/article/view/1454
Helaluddin, et al. (2021). Penelitian dan Pengembangan (Sebuah Tinjauan dan Praktik dalam Bidang Pendidikan). Serang: Media Madani
Hidayati, A. S., Adi, E. P., & Praherdhiono, H. (2019). Pengembangan media video pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman materi gaya kelas IV di SDN Sukoiber 1 Jombang. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 6(1), 45-50. http://journal2.um.ac.id/index.php/jinotep/article/view/7401
Ismawati, S. (2021). Engembangan Media Video Berbasis Animasi Dalam Pembelajaran Tematik Untuk Kelas III Di SDN 160 Pekanbaru (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau). https://repository.uir.ac.id/7593/
Mendrofa, N. K., & Mendrofa, R. N. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 10(2), 535-537. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/3782
Minarni, A. et al. (2020). Kemampuan Berfikir Kreatif dan Aspek Afektif Siswa. Medan: Harapan Cerdas Publisher.
Putri, D. K., Sulianto, J., & Azizah, M. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah. International Journal of Elementary Education, 3(3), 351-357. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE/article/view/19497
Surur, M., & Oktavia, S. T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Pendidikan Edutama, 6(1), 11-18. http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE
Ulya, F. I., Sumarno, S., & Wijayanti, A. (2021). Pengembangan media video berbasis discovery learning untuk siswa sekolah dasar. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(1), 68-83. https://journal.uny.ac.id/index.php/jitp/article/view/42565
Usfiyana, I., & Pratama, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash CS6 Untuk Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Di SMP Al-Ishlah Semarang. Joined Journal (Journal of Informatics Education), 2(1), 60-70. https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/jiptika/article/view/865
Yuniastuti, et al. (2021). Media Pembelajaran Untuk Generasi Milenial Tijauan Teoritis dan Pedoman Praktis. Malang: Scopindo Media Pustaka.
Published
13-11-2023
How to Cite
Gulo, A. A. G., & Mendrofa, N. K. (2023). PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA UPTD SMP NEGERI 5 GUNUNGSITOLI. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 304-322. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v8i2.3091