PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ASSURE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 6 LAHEWA

  • Yudika Zalukhu Universitas Nias
  • Netti Kariani Mendrofa Universitas Nias
Keywords: Model Pembelajaran ASSURE, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan peneliti di SMP Negeri 6 Lahewa, ditemukan masalah yaitu (1) pemilihan model pembelajaran yang digunakan masih bersifat konvensional dan (2) kurangnya kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dalam menyelesaikan soal matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Assure terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa di SMP Negeri 6 Lahewa Tahun Pelajaran 2022/2023. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Lahewa Tahun Pelajaran 2022/2023. Sampel penelitian ini adalah seluruh populasi kelas VIII SMP Negeri 6 Lahewa yang berjumlah 42 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan teknik sampling jenuh. Metode penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen design), dan instrument penelitian berbentuk tes uraian kemampuan berpikir kreatif matematis. Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan pengujian hipotesis satu pihak, diperoleh nilai thitung sebesar 3,970 dan ttabel = tα(dk) = t(0,05)(20) = 1,724. Karena thitung = 3,970 > ttabel = 1,724, maka tolak H0 diterima Ha  yang berarti “Ada pengaruh model pembelajaran Assure terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa”. Sehingga disimpulkan bahwa model pembelajaran Assure dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asma. A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Assure Terhadap Kreativitas Dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Transformasi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 455-467. http://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/transformasi/article/view/1200

Danil, F., Amorie, J., & Cahyadi, R. (2019). Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Assure Pada Materi Logaritma. Jurnal e DuMath, 5(1).
https://www.ejournal.umpri.ac.id/index.php/edumath/article/view/914

Elizabeth, A., & Sigahitong, M. M. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik SMA. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 6(2), 66-76. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/prismasains/article/view/1044

Fahrurrozi, & Hamdi, S. (2017). Metode Pembelajaran Matematika. In Universitas Hamzanwadi Press. https://febriliaanjarsari.wordpress.com/2013/01/21/metode-pembelajaran-matematika-inovatif/

Kencanawati, S. A. M. M., Sariyasa, S., & Hartawan, I. G. N. Y. (2020). Pengaruh penerapan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis. Pythagoras: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 15(1),13-23. https://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras/article/view/33006

Lestari, L., Nasir, M., & Jayanti, M. I. (2021). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Sanggar. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 5(4). https://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/article/view/2440

Minarni, A. et al. (2020). Kemampuan Berfikir Kreatif dan Aspek Afektif Siswa. Medan: Harapan Cerdas Publisher.

Mendrofa, N. K., & Mendrofa, R. N. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 10(2), 535-537. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/3782

Pransisca, A., Marhaeni,, A. A. I. N., & Lasmawan, I. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Assure Bernuansa Lingkungan Berbantuan Media Audiovisual terhadap Hasil Belajar IPS ditinjau dari Minat Outdoor Siswa. International Journal of Elementary Education, 2(2), 108-114. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE/article/view/14412

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Tinda, E. M., Wahyuni, R., & Mandasari, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa. Journal of Mathematics Science and Education, 2(1), 36-45. https://www.ojs.stkippgrilubuklinggau.ac.id/index.php/JMSE/article/view/581
Published
11-11-2023
How to Cite
Zalukhu, Y., & Mendrofa, N. K. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ASSURE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 6 LAHEWA. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 189-202. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v8i2.3099