ANALISIS ANALISIS PELAKSANAAN GERAKAN LITERASI NUMERASI PADA TINGKATAN SEKOLAH BAWAH: RISET LITERATUR

  • Aldora Pratama Universitas PGRI Palembang
  • Ali Fakhrudin Universitas PGRI Palembang
  • Arief Kuswidyanarko Universitas PGRI Palembang
  • Rury Rizhardi Universitas PGRI Palembang
Keywords: Analisis, Gerakan Literasi Numerasi, Sekolah Bawah.

Abstract

Riset ini dilatarbelakangi rendahnya keahlian siswa dalam menuntaskan soal literasi numerasi pada hasil uji INAP, PISA, serta TIMSS. Riset ini bertujuan buat mendeskripsikan pelaksanaan gerakan literasi numerasi padatingkat sekolah bawah. Tata cara riset memakai literature review dengan sumber informasi sekunder yang berasal dari 32 harian dari tahun 2015- 2022. Metode analisis informasi terdiri dari mengumpulkan sumber, kritik sumber, interpretasi, serta dilanjutkan dengan historiografi. Bersumber pada hasil riset dari 32 kajian riset dapat disimpulkan kalau terdapat 28 harian yang melaporkan hasilnya sukses bertambah serta membaik, sebaliknya 3 harian melaporkan hasilnya masih kurang ataupun kesusahan. Dapat disimpulkan dari kajian riset kalau, keahlian literasi numerasi hasilnya banyak menampilkan sangat baik sehabis melakikan kajian riset dan nampak kalau literasi numerasi keahlian yang wajib dipunyai tiap siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Departemen Pembelajaran serta Kebudayaan.( 2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kemendikbud.

Fauziah, S. L. (2019). Pendampingan Belajar pada Bidang Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar di Masa Transisi. Jurnal Basicedu.

Fitriana , E., & Ridlwan, M. K. (2021). Pembelajaran Transformatif Berbasis Literasi dan Numerasi di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan ke-Sd-an.

Gunayasa, I. K., Zain, M. I., Wardani, K. S., & Astria, F. P. (2021). Penyuluhan Tentang Pengembangan Literasi Baca dan Numerasi Melalui Media Pop Up Box di Sekolah Dasar Se-Kecamatan Praya Lombok Tengah. Jurnal Penyuluhan Tentang Pengembangan

Han, W., Susanto, D.,& dkk.( 2017). Literasi Numerasi. Jakarta: Departemen Pembelajaran serta Kebudayaan.

Ismafitri, R., Alfan, M., & Kusumaningrum, S. R. (2022). Karakteristik HOTS (High Order Thinking Skills) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Numerasi di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Intervasi Pendidikan.

Jogiyanto. (1999). Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.

Khakima, L. N., Marlina, L., & dkk. (2021). Penerapan Literasi Numerasi dalam Pembelajaran Siswa MI/SD. Jurnal Prosiding SEMAI Seminar Nasional.

Published
01-11-2023
How to Cite
Pratama, A., Fakhrudin, A., Kuswidyanarko, A., & Rizhardi, R. (2023). ANALISIS ANALISIS PELAKSANAAN GERAKAN LITERASI NUMERASI PADA TINGKATAN SEKOLAH BAWAH: RISET LITERATUR. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 15-19. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v8i2.2591