PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA KELAS X SMKN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan rata-rata kemampuan berfikir kreatif matematis siswa yang diajar melalui Model Reciprocal Teaching dengan siswa yang diajar melalui Pembelajaran Langsung Pada Siswa Kelas X SMKN 3 Makassar pada mata pelajaran SPLTV. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen semu (Quasi Experimen Desing) yang melibatkan dua kelas, satu kelas dipilih sebagai kelas eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Desain. populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMKN 3 Makassar yang terdiri atas 2 kelas. Sampel pada penelitian ini dipilih 2 kelas secara Cluster random Sampling (area sampling) yakni kelas X TKR1 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan model Reciprocal Theaching dan kelas X TKR2 yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran langsung. Adapun instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan berfikir kreatif matematika (posttest dan pretest). Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian test kepada siswa diawal dan diakhir penelitian. Data yang diolah adalah data kemampuan berfikir kreatif matematika siswa dan data lembar ovservasi keterlaksanaan pembelajaran. Hasil analisis yaitu: (1) Terdapat perbedaan rata-rata kemampuan berfikir kreatif matematika siswa kelas eksperimen yang diajar dengan model pembelajaran Reciprocal Teaching dan siswa kelas kontrol yang diajar menggunakan pembelajaran langsung pada siswa kelas X SMKN 3 Makassar,(2) Kemampuan berfikir kreatif matematika siswa sebelum diterapkan model pembelajaran Reciprocal Teaching berada dalam kategori rendah dengan nilai rata-rata sebesar 62,3. Sedangkan kemampuan berfikir kreatif matematika siswa sesudah diterapkan model pembelajaran Reciprocal Teaching berada dalam kategori tinggi dengan nilai rata-rata sebesar 85.
Downloads
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.