PENGARUH IKLIM SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI UPT SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN SUKAMAJU

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v6i1.1233

Authors

  • Syafruddin Syafruddin Universitas Cokroaminoto Palopo

Keywords:

Iklim Sekolah, Kinerja Guru

Abstract

Iklim sekolah merupakan faktor penting mempengaruhi kinerja guru dalam menjalankan tugasnya karena iklim sekolah yang kondusif berpengaruh positif terhadap guru dalam menjalankan tugas.. Iklim sekolah yang baik akan berdampak positif terhadap kinerja guru dalam pembelajaran matematika di UPT sekolah dasar negeri di kecamatan sukamajuPenelitian ini merupakan penelitian ex-post facto yang bertujuan untuk mengetahui (1) deskripsi iklim sekolah di UPT Sekolah Dasar Negeri di kecamatan Sukamaju. (2) deskripsi kinerja guru dalam pembelajaran Matematika di UPT Sekolah Dasar Negeri di kecamatan Sukamaju, (3) pengaruh iklim sekolah terhadap Kinerja guru dalam pembelajaran Matematika di UPT Sekolah Dasar Negeri di kecamatan Sukamaju pada tahun pelajaran 2020/2021. Populasi dalam penelitian ini adalah guru di  UPT Sekolah Dasar Negeri yang ada di Kecamatan Sukamaju Kabupaten Luwu Utara. Teknik pengambilan sampel adalah  purposive sampling dengan pertimbangan kondisi sekolah yang di masa pandemi Covid-19, sehingga guru tidak selalu hadir di sekolah bersamaan setiap hari. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner iklim sekolah,  dan kuesioner kinerja guru dalam pembelajaran matematika. Hasil penelitian menjukkan (1) deskripsi iklim sekolah di UPT Sekolah Dasar Negeri di kecamatan Sukamaju berada pada kategori sedang. (2) deskripsi kinerja guru dalam pembelajaran Matematika di UPT Sekolah Dasar Negeri di kecamatan Sukamaju berada pada kategori sedang, (3) terdapat pengaruh yang signifikan iklim sekolah terhadap Kinerja guru dalam pembelajaran Matematika di UPT Sekolah Dasar Negeri di kecamatan Sukamaju.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-05-29

How to Cite

Syafruddin, S. (2021). PENGARUH IKLIM SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI UPT SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN SUKAMAJU. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 67–79. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v6i1.1233