ETNOMATEMATIKA PERMAINAN TRADISIONAL ANAK MAKASSAR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN GEOMETRI PADA SISWA SD

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v6i1.1195

Authors

  • Titik Pitriani Muslimin Universitas Sawerigading Makassar
  • Abdul Rahim UPT SPF SD Inpres Maccini Sombala

Keywords:

Etnomatematika, Geometri, Permainan Tradisional Anak Makassar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan antara matematika dan budaya dengan fokus penelitian mengeksplorasi etnomatematika pada permainan tradisional anak suku Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Adapun Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah human instrument, di mana peneliti berhubungan langsung dengan penelitian dan berperan sebagai pengumpul data. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil pengumpulan data penelitian diperoleh beberapa permainan tradisional anak Makassar yaitu dende’, asing, cangke’, dan gebok. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa permainan tradisional anak Makassar tersebut memuat konsep dasar geometri khususnya bangun datar dan bangun ruang. Arena dan  alat pada permainan dende’, asing, dan gebok memuat konsep bangun datar mulai dari jenisnya, sifatnya dan kekongruenan bangun datar. Sedangkan alat permainan pada permainan cangke’ dan gebok memuat konsep bangun ruang.  Permaina tradisional tersebut dapat dijadika media pembelajaran matematika di sekolah khususnya sekolah dasar agar pembeljaran lebih bermakna dan dapat meningkatkan minat belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-05-29

How to Cite

Muslimin, T. P. ., & Rahim, A. (2021). ETNOMATEMATIKA PERMAINAN TRADISIONAL ANAK MAKASSAR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN GEOMETRI PADA SISWA SD. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 22–32. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v6i1.1195