Pembelajaran Menulis Teks Berita dengan Model Problem Based Learning sebagai Penguatan Karakter Bernalar Kritis

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i4.7444

Authors

  • Yuliah Rohani Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Farida Nugrahani Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Nurnaningsih Nurnaningsih Universitas Veteran Bangun Nusantara

Keywords:

pembelajaran, Problem Based Learning, teks berita

Abstract

Penguatan karakter bernalar kritis siswa diupayakan melalui pembelajaran menulis teks berita dengan model pembelajaran berbasis masalah atau Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan, kendala, dan solusi model PBL pada pembelajaran menulis teks berita sebagai penguat karakter bernalar kritis pada siswa kelas V SD Negeri 01 Tegalgede Karanganyar. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data berupa informasi dan dokumen terkait penerapan, kendala, dan solusi pembelajaran menulis teks berita yang diperoleh dari narasumber, proses pembelajaran, dan dokumen. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan analisis dokumen, dengan validitas triangulasi teknik dan member check. Analisis data dilakukan secara interaktif melalui tiga tahap utama, yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PBL mendorong siswa aktif mencari solusi, berdiskusi, mengembangkan argumen logis, serta membangun karakter bernalar kritis dalam penyusunan teks berita. Kendala yang ditemukan meliputi kurangnya literasi siswa, penggunaan kaidah bahasa yang belum tepat, ketidaksesuaian materi dengan Capaian Pembelajaran, dan kesulitan siswa dalam menyimpulkan inti berita. Solusi yang diterapkan mencakup pemanfaatan media audiovisual, penguatan kaidah penulisan, pengkajian ulang Capaian Pembelajaran, serta pemberian tugas dan latihan tambahan secara rutin. Model PBL tetap memberi dampak positif bagi keterampilan menulis teks berita selama kendala dikelola, sehingga guru disarankan menggunakan tema pembelajaran yang lebih variatif dan memberikan pelatihan analisis informasi secara kritis. Temuan ini memberikan kontribusi praktis bagi optimalisasi penerapan PBL dalam pembelajaran menulis di sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Ma’ruf, A. I., & Nugrahani, F. (2018). Significance of Literary Ecranization in the Development of the Nation’s Character. KnE Social Sciences, 3(9), 720-727. https://doi.org/10.18502/kss.v3i9.2735 DOI: https://doi.org/10.18502/kss.v3i9.2735

Al-Ma’ruf, Ali Imron. (2024). Exploring Ethical Frontiers: Moral Dimensions in the Tapestry of Contemporary Indonesian Literature. Studies in English Language and Education, 11(1), 587–604. https://doi.org/10.24815/siele.v11i1.35142 DOI: https://doi.org/10.24815/siele.v11i1.35142

Al-Ma’ruf, Ali Imron, & Nugrahani, F. (2023). Aktualisasi Bahasa Sastra Alam Pendidikan Karakter. Konferensi Internasional Kesusastraan XXXII HISKI, 10(23), 14–35. http://dx.doi.org/10.1016

Alfi Syahrin, M. (2023). Urgensi Pendidikan Nilai di Era Digitalisasi. Al-Muaddib: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 5(2), 232–245. https://doi.org/doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2581 ; DOI: https://doi.org/10.46773/muaddib.v5i2.755

Aida, L. N., Maryam, D., Febiola, F., Agami, S. D., & Fawaida, U. (2020). Inovasi Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui Media Audiovisual. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 43–50. https://doi.org/10.24042/terampil.v7i1.6081

Hartini, S., Nugrahani, F., & Giyatno. (2021). Upaya Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPS Melalui Powerpoint dan Inquiry Based Learning di SDN Bulakrejo 02. Educatif Journal of Education Research, 4(4), 52–59. https://doi.org/10.36654/educatif.v4i4.126 DOI: https://doi.org/10.36654/educatif.v4i4.126

Jumani, S., Widayati, M., Nurnaningsih, N., & Ratnaningsih, R. I. S. (2024). Pembelajaran menulis cerita dengan media audio visual melalui model problem based learning di SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 5143–5154. https://doi.org/doi.org/10.23969/jp.v9i2.15106

Jusriati, J., Kurniadi, W., Azizah, A., & Nawawi, N. (2023). Google Site-Based Interactive Electronic Module as Basic Writing Media. Ethical Lingua: Journal of Language Teaching and Literature, 10(2), 478–488. https://doi.org/10.30605/25409190.633 DOI: https://doi.org/10.30605/25409190.633

Mahmudah, S., Widayati, M., & Purbosari, P. M. (2021). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Hasil Belajar IPA melalui Model Problem Based Learning. Educatif Journal of Education Research, 4(4), 32-39. https://doi.org/10.36654/educatif.v4i4.122 DOI: https://doi.org/10.36654/educatif.v4i4.122

Mutiaramses, M., & Fitria, Y. (2022). Pengembangan Komik Digital Berorientasi Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(2), 699–704. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i2.1349 DOI: https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i2.1349

Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Solo: Cakra Books.

Nugrahani, F., & Al-Ma’ruf, A. I. (2024). Dimensions of Religiosity and Humanity in Indonesian Literature. In Proceedings of 5th Borobudur International Symposium on Humanities and Social Science, 1(1), 833–847). Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-273-6_87 DOI: https://doi.org/10.2991/978-2-38476-273-6_87

Oktariani, & Ekadiansyah, E. (2020). Peran Literasi dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi dan Kesehatan (J-P3K), 1(1), 23–33. https://doi.org/10.51849/j-p3k.v1i1.11 DOI: https://doi.org/10.51849/j-p3k.v1i1.11

Pratiwi, V. U., Nugrahani, F., Widayati, M., Purbosari, P. M., & Lindriany, J. (2024). Training on Making Pop-Up Book Media Based on Punokawan Stories in Embedding Student Character. International Journal of Community Care of Humanity (IJCCH), 2(3), 252–259. https://journal.lsmsharing.com/ijcch/article/view/115/95

Rahayu, S.J., Nugrahani, F. & Sudiyana, B. (2024). Eksplorasi Potensi Boneka Tangan Sebagai Media Pengembangan Keterampilan Berbahasa Anak Usia Dini. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 10(3), 2423–2432. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.3789 DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.3789

Sani, M. R., Widayati, M., & Nurnaningsih, N. (2024). Pembelajaran Menulis Teks Prosedur dengan Model Problem Based Learning Berbasi Media Flipbook di SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(2), 222–236. https://doi.org/10.46368/jpd.v12i2.2652

Sariyati, S., Widayati, M., Nurnaningsih, N., & Ratnaningsih, R. I. S. (2024). Pembelajaran Keterampilan Menulis Permulaan pada Sekolah Dasar melalui Model Problem Based Learning dengan Media Gambar. Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD, 8(2), 32–40. https://doi.org/10.24853/holistika.8.2.32-40 DOI: https://doi.org/10.24853/holistika.8.2.32-40

Septonanto, D., Nugrahani, F., & Widayati, M. (2024). Pengembangan Media E-Lkpd Liveworksheet Soal Hots untuk Menguatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 11(1), 124–138. https://doi.org/10.38048/jipcb.v11i1.2315 DOI: https://doi.org/10.38048/jipcb.v11i1.2315

Simbar, F. K. (2016). Fenomena Konsumsi Budaya Korea pada Anak Muda di Kota Manado. Jurnal Holistik, 10(18), 1–20. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/holistik/article/view/14226

Sudiyana, B., Widayati, M., & Sudiatmi, T. (2018). Judul Berita sebagai Strategi Kebahasaan Keberpihakan Media dalam Perspektif Protagonis. Pertemuan Ilmiah Bahasa dan Sastra Indonesia (PIBSI) XL, 1105, 1105–1114. https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/pibsi40/article/view/56

Tiara Febriani Harahap, & Zainal Efendi Hsb. (2024). Inovasi Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Media Audiovisual. Al-Tarbiyah : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 2(4), 292–301. https://doi.org/doi.org/10.24042/terampil.v7i1.6081 DOI: https://doi.org/10.59059/al-tarbiyah.v2i4.1468

Utomo, T., Wahyuni, D., & Hariyadi, S. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Edukasi Unej 2014, 1(1), 5–9. https://doi.org/10.4271/902340 DOI: https://doi.org/10.4271/902340

Waluyo, G., Widayati, M., & Nurnaningsih, N. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Cerita Fiksi di Sekolah Dasar. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 11(2), 48–59. https://doi.org/10.69896/modeling.v11i3.2404

Widayati, M., Suwarto, S., & Fajarwati, N. (2020). Hubungan Kebiasaan Menyimak Berita dan Membaca Berita dengan Kemampuan Menulis Berita di Media Blog pada Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Sragen Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan, 28(3), 273–280. http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jp/article/view/488

Published

2025-11-30

How to Cite

Rohani, Y., Farida Nugrahani, & Nurnaningsih, N. (2025). Pembelajaran Menulis Teks Berita dengan Model Problem Based Learning sebagai Penguatan Karakter Bernalar Kritis. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(4), 5099–5108. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i4.7444

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>