Eksplorasi Potensi Boneka Tangan Sebagai Media Pengembangan Keterampilan Berbahasa Anak Usia Dini

  • Sih Jami Rahayu Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Farida Nugrahani Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Benedictus Sudiyana Universitas Veteran Bangun Nusantara
Keywords: Keterampilan Berbahasa, Media, Boneka Tangan, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengeksplorasi potensi media pembelajaran boneka tangan dalam pengembangan keterampilan berbahasa anak usia dini di TK 01 Jeruksawit. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta bahwa siswa di TK 01 Jeruksawit masih menghadapi permasalahan dalam pengembangan kemampuan berbahasa yang mereka miliki. Hal ini disebabkan oleh kurangnya variasi dalam pembelajaran di kelas. Pembelajaran yang monoton ini mengakibatkan siswa cenderung tidak terlibat sepenuhnya dalam kegiatan pembelajaran dan siswa merasa bosan sehingga rasa percaya diri siswa dalam menggunakan bahasa dapat terpengaruh negatif. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang terdiri dari empat tahapan, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan diakhiri dengan penarikan kesimpulan. Terdapat tiga metode pengumpulan data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran bercerita dengan media boneka tangan di TK dalam perspektif pembelajaran berdiferensiasi memiliki dampak positif pada partisipasi dan keterlibatan anak-anak dalam proses pembelajaran. Kendala dalam implementasi pembelajaran ini meliputi persiapan waktu yang dibutuhkan oleh guru, penyesuaian strategi pembelajaran, dan kemungkinan kebingungan antara suara boneka dan guru. Namun, dengan pengembangan strategi persiapan yang efisien dan penyesuaian dalam manajemen kelas, kendala-kendala tersebut dapat diatasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Ma’aruf, A.I., & Nugrahani, F. (2019). Strengthening Pluralism in Literature Learning for Character Education of School Students. Gyandhara International Academic Publication (GIAP): Journals, 7(3), 207-213. https://doi.org/10.18510/hssr.2019.7332.

Al-Ma’aruf, A.I., Arifin, Z., & Nugrahani, F. (2024). Exploring Ethical Frontiers: Moral Dimensions in the Tapestry of Contemporary Indonesian Literature. SIELE: Studies in English Language and Education, 11(1), 587-604.

Amaruddin, H. (2020). Pengunaan Media Boneka Tangan Dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Di PAUD IT Mandiri Palu. Diss. IAIN Palu.

Ana, M., & Handayani, T. (2023). The Effectiveness of Digital Storytelling-Based Hand Puppet Media for Elementary School Students. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(3), 707–715.

Ananda, R. (2017). Implementasi nilai-nilai moral dan agama pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 19–31.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Astuti, I. (2022). Kepemimpinan pembelajaran sekolah inklusi. Media Nusa Creative (MNC Publishing).

Elviya, D. D., & Sukartiningsih, W. (2023). Penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV sekolah dasar di SDN Lakarsantri I/472 Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(8), 1780–1793.

Fitri, A., Saparahayuningsih, S., & Agustriana, N. (2017). Perencanaan pembelajaran kurikulum 2013 pendidikan anak usia dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 2(1), 1–13.

Fitry, N. (2018). Penggunaan metode bercerita dengan boneka tangan dapat meningkatkan kecerdasan linguistik verbal pada anak B tk kartika XIV-5 tahun ajaran 2018-2019. At-Tarbawi: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Kebudayaan, 5(1).

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil pelajar Pancasila sebagai upaya mewujudkan karakter bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238.

Khaironi, M. (2017). Pendidikan moral pada anak usia dini. Jurnal Golden Age, 1(01), 1–15.

Kurniasih, I., & Abidin, J. (2022). Menanamkan Sikap Toleransi Pada Anak Usia Dini Melalui Pola Pembiasaan (Studi Kasus pada TK Meraih Bintang Pangandaran Jawa Barat). Edu Happiness (Jurnal Ilmiah Perkembangan Anak Usia Dini), 1(1), 11–20.

Kusumastuti, N., & Rukiyati, R. (2017). Penanaman nilai-nilai moral melalui kegiatan bercerita pada anak usia 5 tahun. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 5(2), 162–175.

Marlina, M. (2020). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. Padang: Cv. Afifa Utama.

Mulyati, M. (2019). Menciptakan pembelajaran menyenangkan dalam menumbuhkan peminatan anak usia dini terhadap pelajaran. Alim, 1(2), 277–294.

Nugrahani, F. (2014) Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Surakarta: Deepublish.

Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Solo: Cakra Books.

Nugrahani, F. (2020). Examining Performance on Short Story Writing through Blended Learning: A Case of SMA Students in Sukoharjo, Indonesia. Sukoharjo: Asian EFL Journal, 27(2), 21-37.

Nurahayu, H., & Guru, S. (2024). Memenuhi Kebutuhan Belajar Peserta Didik melalui Pembelajaran Berdiferensiasi. TATA AKBAR.

Nurhanani, Z., Wiyono, B. B., & Nurchasanah, N. (2020). Analisis Penggunaan Media Puppet Show untuk Peningkatan Kemampuan Menyimak dan Bercerita Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(7), 1020–1031.

Pura, D. N., & Asnawati, A. (2019). Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kolase Media Serutan Pensil. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 131–140.

Rambe, A. M., Sumadi, T., & Meilani, R. S. M. (2021). Peranan Storytelling dalam Pengembangan Kemampuan Berbicara pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2134–2145.

Rini, E. S. (2020). Implementasi Metode Bercerita Dengan Menggunakan Media Boneka Pada Anak Kelompok B Usia 5-6 Tahun Di RA Umar Mirza Ajaran 2019/2020. Diss. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Santika, I. D., & Khoiriyah, B. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi dan Relevansi Visi Pedagogis Ki Hajar Dewantara dalam Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 4827–4832.

Suardipa, I. P., & Primayana, K. H. (2023). Peran desain evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama Dan Budaya, 4(2), 88–100.

Suryana, D. (2016). Pendidikan anak usia dini: stimulasi & aspek perkembangan anak. Prenada Media.

Suryana, D. (2021). Pendidikan anak usia dini teori dan praktik pembelajaran. Prenada Media.

Wahyuni, A.D., Sudiyana, B., Waldi, A. (2023). Pendidikan Karakter: Strategi Menghadapi Globalisasi. Tahta Media Group.

Widaningsih, E. (2018). Pendidikan Karakter pada Taman Kanak Kanak Kenapa Tidak? Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2).

Yuniria, A., & Atikah, C. (2024). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Anak Usia Dini. Cendikia: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 56–66.

Yus, A., & Sari, W. W. (2020). Pembelajaran Di Pendidikan Usia Dini. Prenada Media.

Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(01), 61–78.

Published
04-06-2024
How to Cite
Sih Jami Rahayu, Farida Nugrahani, & Benedictus Sudiyana. (2024). Eksplorasi Potensi Boneka Tangan Sebagai Media Pengembangan Keterampilan Berbahasa Anak Usia Dini. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(3), 2423-2432. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.3789
Section
Articles