Nilai Kearifan Lokal dalam Kumpulan Puisi Tangan yang Lain Karya Tia Setiadi sebagai Penguat Pendidikan Karakter di SMP
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i4.6999
Keywords:
nilai kearifan lokal, puisi, semiotik, pendidikan karakterAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan nilai kearifan lokal yang terkandung dalam kumpulan puisi Tangan yang Lain karya Tia Setiadi dan 2) mendeskripsikan relevansinya sebagai penguat pendidikan karakter di SMP. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan pendekatan semiotik sastra. Data penelitian ini berupa teks (kata dan frasa) pada bait dan larik yang mengandung nilai kearifan lokal. Sumber datanya berupa buku kumpulan puisi Tangan yang Lain karya Tia Setiadi. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan studi pustaka, baca analitik dan pencatatan simbol/tanda. Pengambilan sample menggunakan teknik purposive. Teknik validitas data penelitian ini dengan menggunakan teknik trianggulasi data. Teknik analisis datanya berdasarkan pada analisis isi (content analysis). Data dianalisis dengan pengungkapan makna dengan pendekatan semiotik Michael Riffaterre yang memiliki tahapan (1) pembacaan heuristik, (2) pembacaan hermeneutik. Hasil penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan makna nilai kearifan lokal berupa religius, moral, gotong royong, toleransi dan kepedulian sosial yang terkandung dalam puisi Tangan yang Lain, 2) nilai kearifan lokal yang terkandung dalam kumpulan puisi Tangan yang Lain relevan sebagai penguat pendidikan karakter di SMP.
Downloads
References
Abdillah Abbas, Z., Widayati, M., & Suwarto, S. (2025). Analisis Nilai Pendidikan Karakter dalam Kumpulan Cerpen Cahaya-Cahaya Kecil Karya Hasta Indriyana dan Relevansinya dengan Profil Pelajar Pancasila. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(2), 184–202. https://doi.org/10.37329/cetta.v8i2.4147 DOI: https://doi.org/10.37329/cetta.v8i2.4147
Ahmad Idham Kholid, Hanuun Dhiyaa Putri Ari, Ika Rizki Refima Putri, Citra Ajeng Cendekia, Kejora Padmarani, Asep Purwo Yudi Utomo, & Ruly Indra Darmawan. (2024). Analisis Tindak Tutur Ilokusi Direktif dalam Teks Editorial Pada “Surat Kabar Kompas” dalam Kaitannya dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra Dan Budaya, 2(2), 21–44. https://doi.org/10.61132/morfologi.v2i2.396 DOI: https://doi.org/10.61132/morfologi.v2i2.396
Akbar, S. A., Taembo, M., & Madura, U. T. (2024). Nilai-nilai Kearifan Lokal Madura pada Kumpulan Puisi Bantalku Ombak Selimutku Angin karya Zawawi Imron. 9(2), 161–169. DOI: https://doi.org/10.21107/metalingua.v9i2.27679
Arliani, R., Dindin, M. Z. M., & Puspita, Y. C. (2023). Analisis Nilai Moral Religi Dan Sosial Pada Antologi Puisi Kusebut Nama-Mu Dalam Seribu Warna Karya Achmad Subchan Darussalam. Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 3(3), 122–135. http://www.prin.or.id/index.php/cendikia/article/view/1403%0Ahttp://www.prin.or.id/index.php/cendikia/article/download/1403/1438 DOI: https://doi.org/10.55606/cendikia.v3i3.1403
Diniah Safara, Al Falaq Saiful Aziz, Sabillah Vania Indah, & Maulana Rijal. (2024). Pengaruh Pendididikan Karakter dan Multikultural dalam Membangun Sikap Toleransi dan Perdamaian pada Peserta Didik. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 10(September), 1–12.
Ediyono, S., & Alfiati, A. (2019). Membangun Budaya Literasi Berbasis Kearifan Lokal dalam Mata Kuliah Menulis Puisi Mahasiswa. An-Nuha : Jurnal Kajian Islam, Pendidikan, Budaya Dan Sosial, 6(2), 183–194. https://doi.org/10.36835/annuha.v6i2.334 DOI: https://doi.org/10.36835/annuha.v6i2.334
Harun, H., Jaedun, A., Sudaryanti, S., & Manaf, A. (2021). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Dalam Dimensi Berketuhanan. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 4(2), 357–368. https://doi.org/10.21831/jk.v4i2.26872 DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v4i2.26872
Hasibuan, M. N. S., Hsb, E. R., Hanum, F., & Nova, J. H. (2020). Kajian Semiotik Dalam Puisi Ketika Engkau Bersembahyang Karya Emha Ainun Najib. Jurnal Education and Development, 8(2), 26–29.
Hijriadi Askodrina. (2022). Penguatan Kecerdasaan Perspektif Budaya dan Kearifan Lokal. Al-Ihda’ : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 16(1), 619–623. https://doi.org/10.55558/alihda.v16i1.52 DOI: https://doi.org/10.55558/alihda.v16i1.52
Julfian, J., Rejeki, S., Handayani, S., Sarilan, S., Rizki, A. N., & Lasmi, L. (2023). Peranan Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membentuk Rasa Cinta Tanah Air pada Siswa. Jurnal Keilmuan Dan Keislaman, 210–224. https://doi.org/10.23917/jkk.v2i4.162 DOI: https://doi.org/10.23917/jkk.v2i4.162
Kustiyono. (2020). Warga Negara Yang Partisipatif Dan Tanggung Jawab Warga Negara Terhadap Bangsa Dan Negara. 1–8. https://doi.org/10.31227/osf.io/w8fgn DOI: https://doi.org/10.31227/osf.io/w8fgn
Latifa, A., Sumiyadi, S., & Halimah, H. (2023). Nilai-Nilai Kearifan Lokal Melayu Dalam Syair Abdul Muluk Karya Raja Ali Haji. Riksa Bahasa XVII, 421–428. http://proceedings.upi.edu/index.php/riksabahasa/article/view/3397/3082
Magai, L. (2023). Analisis Puisi “Yang Fana Adalah Waktu” Karya Sapardi DjokoDamono dengan pendekatan Stilistika. Student Research Journal, 1(1), 237–246. DOI: https://doi.org/10.55606/sjryappi.v1i1.186
Marni, S., Tiawati, R. L., Tutur, T., & Lirik, E. (2024). Tindak Tutur Ekspresif Lirik Lagu Karya Mahalini dalam Album Fabula. 7, 13530–13539.
Mawarni, H. (2022). Kearifan Lokal dalam Lawas (Puisi Rakyat) Upacara Ponan Masyarakat Sumbawa Nusa Tenggara Barat. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2164–2173. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2395 DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2395
Nurfalah, Y. (2016). Urgensi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter. Peran Tasawuf Dalam Kehidupan Masyarakat Modern, 27, 113–133. DOI: https://doi.org/10.33367/tribakti.v27i1.264
Nurnaningsih, Nugrahani, F., Widayati, M., Sudiyana, B., & Pratiwi, V. U. (2024). Kekhasan Muatan Kearifan Lokal dalam Redaksi Branding Kampung Batik Laweyan Surakarta (Tinjauan Stilistika). Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 20(PIBSI XLVI), 88–95. https://doi.org/10.30595/pssh.v20i.1308 DOI: https://doi.org/10.30595/pssh.v20i.1308
Pertiwi, T. (2023). Analisis Nilai Moral dalam Novel “Thalita” Karya Stephanie Zen dan Implementasinya sebagai Bahan Ajar di SMP. Basataka, 6(1), 178–185.
Pridayanti, E. A., Andrasari, A. N., & Kurino, Y. D. (2022). Urgensi Penguatan Nilai-Nilai Religius Terhadap Karakter Anak SD. Journal of Innovation in Primary Education, 1(1), 40–47. DOI: https://doi.org/10.32505/anifa.v1i1.2436
Purnamasari, R., Suciati, S., & Handayani, P. M. (2021). Nilai Moral Dalam Kumpulan Puisi Orang-Orang Kalang Karya Setia Naka Andrian Dan Implikasinya. Jurnal Kata: Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 9(1). https://doi.org/10.23960/kata.v9.i1.202103 DOI: https://doi.org/10.23960/Kata.v9.i1.202103
Purwawijaya, F., Widayati, M., & Nurnaningsih, N. (2024). Nilai Religius dalam Novel Assalamu’alaikum Beijing Karya Asma Nadia sebagai Materi Penguatan Karakter Profil Pelajar Pancasila bagi Siswa SMA. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(7), 7070–7078. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i7.4769 DOI: https://doi.org/10.54371/jiip.v7i7.4769
Rizal, Syahruddin, & Anzar. (2024). Analisis Nilai Sosial dalam Kumpulan Puisi Essai Mata Luka. Bahasa Dan Sastra, 4(1), 40–51. https://dmi-journals.org/deiktis/index
Rokhmawati, Z., Elsa, P., & Wibiasty, M. (2025). Representasi Nilai Budaya Jawa dalam Buku Cerita Anak Dwibahasa : Kajian Simbolisme dan Aspek Kebahasaan pada Buku Terbitan Balai Bahasa Jawa Timur Tahun 2023. 11(3), 3672–3687. DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v11i3.6749
Sanjaya, Y. A., & Safitri, D. (2024). Integrasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Pengembangan Pendidikan Karakter Di Era 4.0. JICN: Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(2), 3007–3013.
Seriana, Wahyuningsih, F. S., Khairani, P., & Sitorus, F. R. (2023). Penerapan Kearifan Lokal Syair Manoe Pucok Melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 5(2), 108–118. https://doi.org/10.34012/bip.v5i2.3819 DOI: https://doi.org/10.34012/bip.v5i2.3819
Setiadi, T. (2016). Tangan yang Lain (p. 116 hlm). DIVA Press.
Shiddiq, M. H., & Thohir, M. (2020). Analisis Makna Puisi ‘Aku Melihatmu’ Karya K. H. Mustofa Bisri Kajian Semiotik Michael Riffaterre. Humanika, 27(2), 59–69. https://doi.org/10.14710/humanika.v27i2.31223 DOI: https://doi.org/10.14710/humanika.v27i2.31223
Sidabutar, I. M. (2024). Nilai-nilai Kearifan Lokal dalam Karya Sastra Nusantara: Implikasi bagi Kurikulum Merdeka. The Journal of Bilingualism, Organization, Research, Articles, Studies in Pedagogy, Anthropology, Theory, and Indigenous Cultures, 1(1), 15–27. https://doi.org/10.31004/boraspati.vxix.xxx DOI: https://doi.org/10.64674/boraspatijournal.v1i1.2
Syarifah, L., & Turahmat. (2019). Nilai Moral Puisi Ketika Agama Kehilangan Tuhan Karya Gus Mus. Jurnal Bindo Sastra, 3(2), 126–129. http://jurnal.um-palembang.ac.id/index.php/bisastra/index
Taufiqi, A. R., Subandiyah, H., & Fanani, U. Z. (2025). Integrasi Nilai Kepedulian Sosial Dalam Pembelajaran Sastra. LANGUAGE : Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 4(3), 111–120. https://doi.org/10.51878/language.v4i3.5153 DOI: https://doi.org/10.51878/language.v4i3.5153
Suparman, S., Herdiana, B., & Darmawati, D. (2025). Analisis Kesalahan Berbahasa pada Percakapan Masyarakat Kecamatan Lamasi. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 5(3), 1961-1975. DOI: https://doi.org/10.53769/deiktis.v5i3.1869
Trisnasasti, A. (2021). Nilai-Nilai Kearifan Lokal dalam Cerita Rakyat Nusantara. Journal of Language Learning and Research (JOLLAR), 4(2), 99–106. https://doi.org/10.22236/jollar.v3i2.7405 DOI: https://doi.org/10.22236/jollar.v3i2.7405
Wahyuni, S., & Widayati, M. (2025). Relevansi Nilai Profil Pelajar Pancasila dalam Cerpen “ Tawa Gadis Padang Sampah ” terhadap Pendidikan Karakter Siswa. 11(3), 3426–3443. DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v11i3.6598
Widayati, M., Sudiatmi, T., & Oktaviani, I. (2023). Pendidikan Karakter Novel Daun Yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin Karya Tere Liye Kajian Sosiologi Sastra. Jurnal Membaca (Bahasa Dan Sastra Indonesia), 8(2), 205–214. https://doi.org/10.30870/jmbsi.v8i2.17001 DOI: https://doi.org/10.30870/jmbsi.v8i2.17001
Widayati, M., Sudiyana, B., & Nurnaningsih, N. (2023). Muatan Kearifan Lokal dalam Teks Lagu Anak Berbahasa Jawa sebagai Penanaman Pendidikan Karakter di Sekolah. JENTERA: Jurnal Kajian Sastra, 12(1), 145. https://doi.org/10.26499/jentera.v12i1.5991 DOI: https://doi.org/10.26499/jentera.v12i1.5991
Wigati, M. T. P. (2024). Semiotika Riffaterre dalam Puisi “Sapi Penarik Pedati” Karya Yoseph Yapi Taum Analysis of the Meaning of Yoseph Yapi Taum’s Poem “Sapi Penarik Pedati” Using Michael Riffaterre’s Semiotic Approach. Salingka, 20(2), 131–141. https://doi.org/10.26499/salingka.v20i2.1022 DOI: https://doi.org/10.26499/salingka.v20i2.1022
Wulandari, I., Handoyo, E., Yulianto, A., Sumartiningsih, S., & Fuchs, P. X. (2024). Integration of Local Wisdom Values in Student Character Education in the Era of Globalization. 7(4), 370–376.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2025 Ardika Natalia, Mukti Widayati, Nurnaningsih Nurnaningsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.









