Nilai Kearifan Lokal dalam Kumpulan Puisi Tangan yang Lain Karya Tia Setiadi sebagai Penguat Pendidikan Karakter di SMP

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i4.6999

Authors

  • Ardika Natalia Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Mukti Widayati Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Nurnaningsih Nurnaningsih Universitas Veteran Bangun Nusantara

Keywords:

nilai kearifan lokal, puisi, semiotik, pendidikan karakter

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan nilai kearifan lokal yang terkandung dalam kumpulan puisi Tangan yang Lain karya Tia Setiadi dan 2) mendeskripsikan relevansinya sebagai penguat pendidikan karakter di SMP. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan pendekatan semiotik sastra. Data penelitian ini berupa teks (kata dan frasa) pada bait dan larik yang mengandung nilai kearifan lokal. Sumber datanya berupa buku kumpulan puisi Tangan yang Lain karya Tia Setiadi. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan studi pustaka, baca analitik dan pencatatan simbol/tanda. Pengambilan sample menggunakan teknik purposive. Teknik validitas data penelitian ini dengan menggunakan teknik trianggulasi data. Teknik analisis datanya berdasarkan pada analisis isi (content analysis). Data dianalisis dengan pengungkapan makna dengan pendekatan semiotik Michael Riffaterre yang memiliki tahapan (1) pembacaan heuristik, (2) pembacaan hermeneutik. Hasil penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan makna nilai kearifan lokal berupa religius, moral, gotong royong, toleransi dan kepedulian sosial yang terkandung dalam puisi Tangan yang Lain, 2) nilai kearifan lokal yang terkandung dalam kumpulan puisi Tangan yang Lain relevan sebagai penguat pendidikan karakter di SMP.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdillah Abbas, Z., Widayati, M., & Suwarto, S. (2025). Analisis Nilai Pendidikan Karakter dalam Kumpulan Cerpen Cahaya-Cahaya Kecil Karya Hasta Indriyana dan Relevansinya dengan Profil Pelajar Pancasila. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(2), 184–202. https://doi.org/10.37329/cetta.v8i2.4147 DOI: https://doi.org/10.37329/cetta.v8i2.4147

Ahmad Idham Kholid, Hanuun Dhiyaa Putri Ari, Ika Rizki Refima Putri, Citra Ajeng Cendekia, Kejora Padmarani, Asep Purwo Yudi Utomo, & Ruly Indra Darmawan. (2024). Analisis Tindak Tutur Ilokusi Direktif dalam Teks Editorial Pada “Surat Kabar Kompas” dalam Kaitannya dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra Dan Budaya, 2(2), 21–44. https://doi.org/10.61132/morfologi.v2i2.396 DOI: https://doi.org/10.61132/morfologi.v2i2.396

Akbar, S. A., Taembo, M., & Madura, U. T. (2024). Nilai-nilai Kearifan Lokal Madura pada Kumpulan Puisi Bantalku Ombak Selimutku Angin karya Zawawi Imron. 9(2), 161–169. DOI: https://doi.org/10.21107/metalingua.v9i2.27679

Arliani, R., Dindin, M. Z. M., & Puspita, Y. C. (2023). Analisis Nilai Moral Religi Dan Sosial Pada Antologi Puisi Kusebut Nama-Mu Dalam Seribu Warna Karya Achmad Subchan Darussalam. Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 3(3), 122–135. http://www.prin.or.id/index.php/cendikia/article/view/1403%0Ahttp://www.prin.or.id/index.php/cendikia/article/download/1403/1438 DOI: https://doi.org/10.55606/cendikia.v3i3.1403

Diniah Safara, Al Falaq Saiful Aziz, Sabillah Vania Indah, & Maulana Rijal. (2024). Pengaruh Pendididikan Karakter dan Multikultural dalam Membangun Sikap Toleransi dan Perdamaian pada Peserta Didik. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 10(September), 1–12.

Ediyono, S., & Alfiati, A. (2019). Membangun Budaya Literasi Berbasis Kearifan Lokal dalam Mata Kuliah Menulis Puisi Mahasiswa. An-Nuha : Jurnal Kajian Islam, Pendidikan, Budaya Dan Sosial, 6(2), 183–194. https://doi.org/10.36835/annuha.v6i2.334 DOI: https://doi.org/10.36835/annuha.v6i2.334

Harun, H., Jaedun, A., Sudaryanti, S., & Manaf, A. (2021). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Dalam Dimensi Berketuhanan. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 4(2), 357–368. https://doi.org/10.21831/jk.v4i2.26872 DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v4i2.26872

Hasibuan, M. N. S., Hsb, E. R., Hanum, F., & Nova, J. H. (2020). Kajian Semiotik Dalam Puisi Ketika Engkau Bersembahyang Karya Emha Ainun Najib. Jurnal Education and Development, 8(2), 26–29.

Hijriadi Askodrina. (2022). Penguatan Kecerdasaan Perspektif Budaya dan Kearifan Lokal. Al-Ihda’ : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 16(1), 619–623. https://doi.org/10.55558/alihda.v16i1.52 DOI: https://doi.org/10.55558/alihda.v16i1.52

Julfian, J., Rejeki, S., Handayani, S., Sarilan, S., Rizki, A. N., & Lasmi, L. (2023). Peranan Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membentuk Rasa Cinta Tanah Air pada Siswa. Jurnal Keilmuan Dan Keislaman, 210–224. https://doi.org/10.23917/jkk.v2i4.162 DOI: https://doi.org/10.23917/jkk.v2i4.162

Kustiyono. (2020). Warga Negara Yang Partisipatif Dan Tanggung Jawab Warga Negara Terhadap Bangsa Dan Negara. 1–8. https://doi.org/10.31227/osf.io/w8fgn DOI: https://doi.org/10.31227/osf.io/w8fgn

Latifa, A., Sumiyadi, S., & Halimah, H. (2023). Nilai-Nilai Kearifan Lokal Melayu Dalam Syair Abdul Muluk Karya Raja Ali Haji. Riksa Bahasa XVII, 421–428. http://proceedings.upi.edu/index.php/riksabahasa/article/view/3397/3082

Magai, L. (2023). Analisis Puisi “Yang Fana Adalah Waktu” Karya Sapardi DjokoDamono dengan pendekatan Stilistika. Student Research Journal, 1(1), 237–246. DOI: https://doi.org/10.55606/sjryappi.v1i1.186

Marni, S., Tiawati, R. L., Tutur, T., & Lirik, E. (2024). Tindak Tutur Ekspresif Lirik Lagu Karya Mahalini dalam Album Fabula. 7, 13530–13539.

Mawarni, H. (2022). Kearifan Lokal dalam Lawas (Puisi Rakyat) Upacara Ponan Masyarakat Sumbawa Nusa Tenggara Barat. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2164–2173. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2395 DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2395

Nurfalah, Y. (2016). Urgensi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter. Peran Tasawuf Dalam Kehidupan Masyarakat Modern, 27, 113–133. DOI: https://doi.org/10.33367/tribakti.v27i1.264

Nurnaningsih, Nugrahani, F., Widayati, M., Sudiyana, B., & Pratiwi, V. U. (2024). Kekhasan Muatan Kearifan Lokal dalam Redaksi Branding Kampung Batik Laweyan Surakarta (Tinjauan Stilistika). Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 20(PIBSI XLVI), 88–95. https://doi.org/10.30595/pssh.v20i.1308 DOI: https://doi.org/10.30595/pssh.v20i.1308

Pertiwi, T. (2023). Analisis Nilai Moral dalam Novel “Thalita” Karya Stephanie Zen dan Implementasinya sebagai Bahan Ajar di SMP. Basataka, 6(1), 178–185.

Pridayanti, E. A., Andrasari, A. N., & Kurino, Y. D. (2022). Urgensi Penguatan Nilai-Nilai Religius Terhadap Karakter Anak SD. Journal of Innovation in Primary Education, 1(1), 40–47. DOI: https://doi.org/10.32505/anifa.v1i1.2436

Purnamasari, R., Suciati, S., & Handayani, P. M. (2021). Nilai Moral Dalam Kumpulan Puisi Orang-Orang Kalang Karya Setia Naka Andrian Dan Implikasinya. Jurnal Kata: Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 9(1). https://doi.org/10.23960/kata.v9.i1.202103 DOI: https://doi.org/10.23960/Kata.v9.i1.202103

Purwawijaya, F., Widayati, M., & Nurnaningsih, N. (2024). Nilai Religius dalam Novel Assalamu’alaikum Beijing Karya Asma Nadia sebagai Materi Penguatan Karakter Profil Pelajar Pancasila bagi Siswa SMA. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(7), 7070–7078. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i7.4769 DOI: https://doi.org/10.54371/jiip.v7i7.4769

Rizal, Syahruddin, & Anzar. (2024). Analisis Nilai Sosial dalam Kumpulan Puisi Essai Mata Luka. Bahasa Dan Sastra, 4(1), 40–51. https://dmi-journals.org/deiktis/index

Rokhmawati, Z., Elsa, P., & Wibiasty, M. (2025). Representasi Nilai Budaya Jawa dalam Buku Cerita Anak Dwibahasa : Kajian Simbolisme dan Aspek Kebahasaan pada Buku Terbitan Balai Bahasa Jawa Timur Tahun 2023. 11(3), 3672–3687. DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v11i3.6749

Sanjaya, Y. A., & Safitri, D. (2024). Integrasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Pengembangan Pendidikan Karakter Di Era 4.0. JICN: Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(2), 3007–3013.

Seriana, Wahyuningsih, F. S., Khairani, P., & Sitorus, F. R. (2023). Penerapan Kearifan Lokal Syair Manoe Pucok Melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 5(2), 108–118. https://doi.org/10.34012/bip.v5i2.3819 DOI: https://doi.org/10.34012/bip.v5i2.3819

Setiadi, T. (2016). Tangan yang Lain (p. 116 hlm). DIVA Press.

Shiddiq, M. H., & Thohir, M. (2020). Analisis Makna Puisi ‘Aku Melihatmu’ Karya K. H. Mustofa Bisri Kajian Semiotik Michael Riffaterre. Humanika, 27(2), 59–69. https://doi.org/10.14710/humanika.v27i2.31223 DOI: https://doi.org/10.14710/humanika.v27i2.31223

Sidabutar, I. M. (2024). Nilai-nilai Kearifan Lokal dalam Karya Sastra Nusantara: Implikasi bagi Kurikulum Merdeka. The Journal of Bilingualism, Organization, Research, Articles, Studies in Pedagogy, Anthropology, Theory, and Indigenous Cultures, 1(1), 15–27. https://doi.org/10.31004/boraspati.vxix.xxx DOI: https://doi.org/10.64674/boraspatijournal.v1i1.2

Syarifah, L., & Turahmat. (2019). Nilai Moral Puisi Ketika Agama Kehilangan Tuhan Karya Gus Mus. Jurnal Bindo Sastra, 3(2), 126–129. http://jurnal.um-palembang.ac.id/index.php/bisastra/index

Taufiqi, A. R., Subandiyah, H., & Fanani, U. Z. (2025). Integrasi Nilai Kepedulian Sosial Dalam Pembelajaran Sastra. LANGUAGE : Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 4(3), 111–120. https://doi.org/10.51878/language.v4i3.5153 DOI: https://doi.org/10.51878/language.v4i3.5153

Suparman, S., Herdiana, B., & Darmawati, D. (2025). Analisis Kesalahan Berbahasa pada Percakapan Masyarakat Kecamatan Lamasi. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 5(3), 1961-1975. DOI: https://doi.org/10.53769/deiktis.v5i3.1869

Trisnasasti, A. (2021). Nilai-Nilai Kearifan Lokal dalam Cerita Rakyat Nusantara. Journal of Language Learning and Research (JOLLAR), 4(2), 99–106. https://doi.org/10.22236/jollar.v3i2.7405 DOI: https://doi.org/10.22236/jollar.v3i2.7405

Wahyuni, S., & Widayati, M. (2025). Relevansi Nilai Profil Pelajar Pancasila dalam Cerpen “ Tawa Gadis Padang Sampah ” terhadap Pendidikan Karakter Siswa. 11(3), 3426–3443. DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v11i3.6598

Widayati, M., Sudiatmi, T., & Oktaviani, I. (2023). Pendidikan Karakter Novel Daun Yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin Karya Tere Liye Kajian Sosiologi Sastra. Jurnal Membaca (Bahasa Dan Sastra Indonesia), 8(2), 205–214. https://doi.org/10.30870/jmbsi.v8i2.17001 DOI: https://doi.org/10.30870/jmbsi.v8i2.17001

Widayati, M., Sudiyana, B., & Nurnaningsih, N. (2023). Muatan Kearifan Lokal dalam Teks Lagu Anak Berbahasa Jawa sebagai Penanaman Pendidikan Karakter di Sekolah. JENTERA: Jurnal Kajian Sastra, 12(1), 145. https://doi.org/10.26499/jentera.v12i1.5991 DOI: https://doi.org/10.26499/jentera.v12i1.5991

Wigati, M. T. P. (2024). Semiotika Riffaterre dalam Puisi “Sapi Penarik Pedati” Karya Yoseph Yapi Taum Analysis of the Meaning of Yoseph Yapi Taum’s Poem “Sapi Penarik Pedati” Using Michael Riffaterre’s Semiotic Approach. Salingka, 20(2), 131–141. https://doi.org/10.26499/salingka.v20i2.1022 DOI: https://doi.org/10.26499/salingka.v20i2.1022

Wulandari, I., Handoyo, E., Yulianto, A., Sumartiningsih, S., & Fuchs, P. X. (2024). Integration of Local Wisdom Values in Student Character Education in the Era of Globalization. 7(4), 370–376.

Published

2025-10-09

How to Cite

Ardika Natalia, Mukti Widayati, & Nurnaningsih, N. (2025). Nilai Kearifan Lokal dalam Kumpulan Puisi Tangan yang Lain Karya Tia Setiadi sebagai Penguat Pendidikan Karakter di SMP. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(4), 4125–4142. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i4.6999

Most read articles by the same author(s)