Penerapan Media Flashcard dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Berorientasi Multikultur pada Siswa Sekolah Dasar
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i4.6850
Keywords:
keterampilan berbicara, media flashcard, , multikultur, pembelajaran bahasa sekolah dasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan, kendala, dan solusi pembelajaran keterampilan berbicara menggunakan media flashcard berorientasi multikultural di SDN 01 Kaliwuluh Kebakkramat Karanganyar. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi kelas, wawancara terstruktur, dan analisis dokumen. Validasi data dilakukan dengan triangulasi sumber dan teknik, sedangkan analisis mengikuti model Miles dan Huberman meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil menunjukkan bahwa guru menerapkan pembelajaran secara terstruktur dan produktif, sehingga siswa lebih memahami serta menghargai keberagaman budaya, memperkaya kosakata, dan berinteraksi lebih percaya diri. Kendala yang ditemukan meliputi pemahaman siswa tentang konsep multikultural yang terbatas, ruang pembelajaran yang kurang memadai, dan jumlah media flashcard yang tidak mencukupi. Solusi yang diupayakan adalah memperdalam pemahaman siswa tentang multikultural, memindahkan pembelajaran ke luar kelas, dan menambah jumlah media flashcard. Implikasi dari penerapan ini meningkatkan kemampuan siswa dalam mengomunikasikan ide dan pendapat secara efektif dalam konteks interaksi antarbudaya.
Downloads
References
Agustin, A. A., Nugrahani, F., & Sudiyana, B. (2024). Picture and Picture Learning Model with Picture Card Media on Grade IV Students ’ Interest and Poetry Writing Skills. Jurnal Elementaria Edukasia, 7(4), 3197–3208. https://doi.org/10.31949/jee.v7i4.11028 DOI: https://doi.org/10.31949/jee.v7i4.11028
Al-Ma’ruf, I. A., & Nugrahani, F. (2015). Aktualisasi Bahasa Sastra Alam Pendidikan Karakter. Prosiding Konferensi Internasional Kesube;an XXXII HISKI Samarinda, 17-18 November 2023 14, November 2023, 6.
Ali Imron, A. M., & Nugrahani, F. (2019). Strengthening Pluralism in Literature Learning for Character Education of School Students. Humanities and Social Sciences Reviews, 7(3), 207–213. https://doi.org/10.18510/hssr.2019.7332 DOI: https://doi.org/10.18510/hssr.2019.7332
Anjelina, N., & Tarmini, W. (2022). Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. In Jurnal Basicedu (Vol. 6, Issue 4, pp. 7327–7333). Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3495 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3495
Antika, D., Nasution, J. S., Aulia, L., & Irfani, S. Y. (2024). Analisis Keterampilan Berbicara Terhadap Sikap Percaya Diri Siswa Kelas Tinggi Sekolah Dasar. 2(2), 258–264. https://doi.org/10.59059/perspektif.v2i2.1323 DOI: https://doi.org/10.59059/perspektif.v2i2.1323
Fatmawati, Y., & Wiranti, D. A. (2023). Analisis Kesulitan Keterampilan Berbicara Unggah-Ungguh Bahasa Jawa Siswa Sekolah Dasar. In EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan (Vol. 5, Issue 5, pp. 2053–2063). Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i5.5634 DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i5.5634
Fawaid, A., & Damayanti, A. D. (2024). Pendekatan Pengajaran Bahasa Komunikatif untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa pada Materi Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. In Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (Vol. 8, Issue 1, p. 145). Sekolah Tinggi Ilmu Qur an Amuntai. https://doi.org/10.35931/am.v8i1.2914 DOI: https://doi.org/10.35931/am.v8i1.2914
Hadiyani, V. P., Susanto, D., & Yaqin, Z. N. (2022). Upaya Guru dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Narasi pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri Mojorejo 01 Batu. In Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Vol. 11, Issue 2, p. 538). Program Studi PGSD FKIP Universitas Riau. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i2.8329 DOI: https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i2.8329
Hanjono, S., Nugrahani, F., & Sudiyana, B. (2024). Cultivating Pancasila Values : Analyzing the Ideology of Diversity in Presidential Speeches and Its Impact on Elementary Education in Indonesia. AL-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 16(1), 4819–4828. https://doi.org/10.35445/alishlah.v16i4.5741 DOI: https://doi.org/10.35445/alishlah.v16i4.5741
Hartini, S., Nugrahani, F., & Giyatno. (2021). Upaya Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPS melalui PowerPoint dan Inquiry Based Learning di SDN Bulakrejo 02. Educatif Journal of Education Research, 4(4), 52–59. https://doi.org/10.36654/educatif.v4i4.126 DOI: https://doi.org/10.36654/educatif.v4i4.126
Hidayati, N., Farida Nugrahani, & Suwarto. (2024). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis dan Minat Baca terhadap Kemampuan Literasi Digital. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 3201–3212. https://doi.org/10.58230/27454312.760
Hidayati, N., Nugrahani, F., & Suwarto, S. (2024). Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini dengan Pola Asuh diberi. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 09(1), 320–338.
Laily, I. F. (2015). Pendekatan Komunikatif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 2(1), 1–17. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v2i1.176 DOI: https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v2i1.176
Mukiman, Nugrahani, F., & Suwarto. (2024). Pengaruh Metode Task Based Language Teaching (TBLT) dan Motivasi Belajar terhadap Keterampilan Menulis Teks Narasi. Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra, 10(4), 4508–4520. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.4694 DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.4694
Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Cakra Books.
Nugrahani, F., & Al-Ma’ruf, A. I. (2024). Dimensions of Religiosity and Humanity in Indonesian Literature. Proceedings of 5th Borobudur International Symposium on Humanities and Social Science. 1(2023), 833–847. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-273-6_87 DOI: https://doi.org/10.2991/978-2-38476-273-6_87
Nurnaningsih. (2022). Implementasi Nilai Pendidikan dalam Kisah Sayid Markaban. Talenta Conference Series: Local Wisdom, Social, and Arts (LWSA), 5(2), 113–115. https://doi.org/10.32734/lwsa.v5i2.1364
Pratiwi, V. U., Nugrahani, F., Widayati, M., Sudiyana, B., Nurnaningsih, N., & Ermawaty, S. (2024). Meningkatkan Kemampuan Guru dan Siswa SMK Veteran Sukoharjo melalui Pelatihan Menulis Rilis Berita. Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 9(2), 453–466. https://doi.org/10.30653/jppm.v9i2.744 DOI: https://doi.org/10.30653/jppm.v9i2.744
Rikmasari, R., Sumirat, F., & Mardiah, S. (2024). Metode Show and Tell sebagai Solusi untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara pada Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar. In Pedagogik : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Vol. 12, Issue 1, pp. 1–11). Universitas Islam 45. https://doi.org/10.33558/pedagogik.v12i1.8300 DOI: https://doi.org/10.33558/pedagogik.v12i1.8300
Rukmini, R., Nugrahani, F., & Suwarto, S. (2023). Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Siswa MTs melalui Model Pendekatan Eksperiental. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(3), 467–482. https://doi.org/10.14421/njpi.2023.v3i3-7 DOI: https://doi.org/10.14421/njpi.2023.v3i3-7
Septonanto, D., Nugrahani, F., & Widayati, M. (2024). Pengembangan Media E-LKPD Liveworksheet Soal Hots untuk Menguatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 11(1), 124–138. https://doi.org/10.38048/jipcb.v11i1.2315 DOI: https://doi.org/10.38048/jipcb.v11i1.2315
Sih Jami Rahayu, Farida Nugrahani, & Benedictus Sudiyana. (2024). Eksplorasi Potensi Boneka Tangan sebagai Media Pengembangan Keterampilan Berbahasa Anak Usia Dini. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 10(3), 2423–2432. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.3789 DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.3789
Subekti, Y., & Widayati, M. (2019). Nilai Pendidikan Karakter pada Buku Teks Bahasa Indonesia Sekolah Dasar Kelas IV Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Stalistika, 5(1), 105–112.
Sudiyoko, P., Nugrahani, F., & Suwarto, S. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kemampuan Guru Bahasa Indonesia terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII di SMP Negeri 4 Jatisrono Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(1980), 1349–1358.
Sugiharti, R. E., & Sari, N. M. (2023). Analisis Model Pembelajaran Talking Stick dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. In Pedagogik : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Vol. 11, Issue 2, pp. 128–135). Universitas Islam 45. https://doi.org/10.33558/pedagogik.v11i2.7162 DOI: https://doi.org/10.33558/pedagogik.v11i2.7162
Suryaningsih, T., Maksum, A., & Arita, M. (2023). Membentuk Profil Pelajar Pancasila Dimensi Berkebinekaan Global melalui Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 7, 1028–1042. DOI: https://doi.org/10.20961/jdc.v7i3.79594
Ummah, N. A., Ghufron, S., Kasiyun, S., & Rahayu, D. W. (2020). Pembelajaran Keterampilan Berbicara di Kelas IV Sekolah Dasar. In Wanastra: Jurnal Bahasa dan Sastra (Vol. 12, Issue 2, pp. 120–128). Universitas Bina Sarana Informatika. https://doi.org/10.31294/w.v12i2.8346 DOI: https://doi.org/10.31294/w.v12i2.8346
Suparman, S., Herdiana, B., & Nuruahmad, M. (2025). Analisis Nilai pada Lagu" Sandaran Hati" Karya Letto. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 5(1), 89-93. DOI: https://doi.org/10.53769/deiktis.v5i1.1326
Winanto, W. (2024). Pengaruh Keterampilan Menyimak Media Audio Visual dan Minat Baca terhadap Kemampuan Menulis Siswa Kelas X AKL 1 SMK Sultan Agung Tirtomoyo. Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, XV.
Yan, W., Lowell, V. L., & Yang, L. (2024). Developing English language learners’ speaking skills through applying a situated learning approach in VR-enhanced learning experiences. Virtual Reality, 28(167), 4–23. https://doi.org/10.1007/s10055-024-01061-5 DOI: https://doi.org/10.1007/s10055-024-01061-5
Yuliati, K. A., Widayati, M., Nurnaningsih, N., & Iriani Sri Ratnaningsih, R. (2024). Pembelajaran Keterampilan Berbicara dengan Media Flashcard pada Pendidikan Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 1309–1324. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i1.617 DOI: https://doi.org/10.37985/murhum.v5i1.617
Zahro, F., & Nuroh, E. Z. (2024). Pengaruh Media Animasi terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas II Sekolah Dasar. In JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan (Vol. 7, Issue 6, pp. 5247–5254). Ainara. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4454 DOI: https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4454
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Trias Nafiulana, Farida Nugrahani, Nurnaningsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.









