Relevansi Nilai Profil Pelajar Pancasila dalam Cerpen “Tawa Gadis Padang Sampah” terhadap Pendidikan Karakter Siswa
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i3.6598
Keywords:
profil pelajar pancasila, sosiologi sastra, pendidikan karakter, cerpenAbstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila yang terkandung dalam cerpen “Tawa Gadis Padang Sampah”, relevansi nilai Profil Pelajar Pancasila dalam cerpen dengan pendidikan karakter, dan merumuskan strategi implementasi melalui cerpen untuk pendidikan karakter siswa. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif, menggunakan pendekatan sosiologi sastra dengan metode content analysis yaitu membaca dan mengidentifikasi kalimat atau frasa dalam cerpen yang mengandung nilai Profil Pelajar Pancasila. Data penelitian berupa kata, frase, kalimat, dan ungkapan yang mengandung nilai Profil Pelajar Pancasila. Sumber datanya adalah cerpen “Tawa Gadis Padang Sampah” karya Ahmad Tohari yang diterbitkan oleh surat kabar harian Kompas dan dokumen pembelajaran yang berhubungan dengan penelitian, serta hasil penelitian terdahulu yang relevan. Sampel penelitian menggunakan purposive sampling fokus pada pencarian data nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila yang terdapat dalam cerpen. Teknik pengumpulan data dengan teknik baca analitik dan teknik catat. Validitas data dengan teknik triangulasi data dan triangulasi metode. Teknik analisis datanya adalah teknik dialektik, teknik hermeneotik, dan teknik interaktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa cerpen “Tawa Gadis Padang Sampah”: 1) Mengandung nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila dimensi :beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, mandiri 6 data, bergotong-royong 12 data, berkebinekaan global 5 data, bernalar kritis 15 data, dan kreatif 11 data 2) Cerpen ini menunjukkan relevansi dengan bahan ajar sastra di SMP yaitu terletak pada karakter tokoh dalam cerpen sesuai Profil Pelajar Pancasila yang memiliki potensi sebagai bahan ajar yang relevan untuk pembentukan pendidikan karakter siswa 3) strategi implementasinya dapat dirumuskan sebagai berikut: pemahaman isi dan analisis nilai karakter; diskusi reflektif dan konektivitas dengan kehidupan nyata; kegiatan kreatif dan interaktif.
Downloads
References
Adnyana, I. K. S. (2022). "Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila melalui Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Proceeding Seminar Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (Pedalitra II), Pedalitra II, 28–36".
Andriyanto, O. D., Supratno, H., & Tjahjono, T. (2020). "Nilai-nilai Pendidikan dalam Novel Dhadhung Kepuntir karya Tulus S. (Pendekatan Sosiologi Sastra Swingewood)". Sutasoma : Jurnal Sastra Jawa, 8(2), 109–121. https://doi.org/10.15294/sutasoma.v8i2.43374
Anggraeni, R. C., Ratnaningsih, A., & Khaq, M. (2024). "Analisis Nilai Profil Pelajar Pancasila Pada Cerita Pendek dalam Buku Bahasa Indonesia Lihat Sekitar Kelas Iv SDN 2 Pangenrejo". Journal Binagogik, 11(1), 25–30. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd
Anggraini, N., Rahayu, N., & Djunaidi, B. (2019). "Kesantunan Berbahasa Indonesia dalam Pembelajaran di Kelas X Man 1 Model Kota Bengkulu". Jurnal Ilmiah KORPUS, 3(1), 42–54. https://doi.org/10.33369/jik.v3i1.7345
Arbi, M. (2019). "Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Kumpulan Cerpen Bidadari Meniti Pelangi Karya S. Prasetyo Utomo dan Kelayakannya sebagai Bahan Ajar Teks Cerpen di SMA Kelas Xi. xiii+130".
Dalman, D., Raehang, R., Virama, L. A., & Sulaiman, K. (2022). "Penerapan Profil Pelajar Pancasila dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik". Diniyah : Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 75. https://doi.org/10.31332/dy.v3i2.5416
Dasmana, A., Wasliman, I., Cepi Barlian, U., & Yoseptry, R. (2022). "Implementation of Integrated Quality Management Strengthening Character Education in Realizing Pancasila Student Profiles". IJGIE (International Journal of Graduate of Islamic Education), 3(2), 361–377. https://doi.org/10.37567/ijgie.v3i2.1342
Daud, Y., & Bagtayan, Z. A. (2024). "Kajian Sosiologi Sastra dalam Novel Laut Bercerita Karya Leila S. Chudori". Jurnal Bahasa, Sastra, dan Budaya, 14(1), 2024. http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JBSP/index
Dewi, P. C. (2025). "Representasi Konflik Sosial dalam Novel “ Bagaimana Cara Mengurangi Berat Badan ” Karya Amalia Yunus" Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra, Vol. 11, No. 1, 2025. 11(1), 696–706.
Farahiba, A. S. (2017). "Eksistensi Sastra Anak dalam Pembentukan Karakter pada Tingkat Pendidikan Dasar". AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 1(1), 47–60. https://doi.org/10.24269/ajbe.v1i1.313
Fariha Maulida, & Heri Dermawan. (2024). "Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar". Tadrusuun: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 239–245. https://doi.org/10.62274/tadrusuun.v3i1.124
Hafizah, H., Rahmat, A., & Rohman, S. (2021). "Pembelajaran Anak dalam Pembentukan Karakter". Jurnal Pendidikan Indonesia, 7(1), 137–144.
Hidayat, F., Marisa, C., & Hilaliyah, H. (2023). "Internalisasi Profil Pelajar Pancasila untuk Sekolah Dasar melalui Pendekatan Sastra Anak". Prosiding Konferensi Berbahasa Indonesia Universitas Indraprasta PGRI, 18–28. https://doi.org/10.30998/kibar.27-10-2022.6294
Kehidupan, C., Rizki, F., Utomo, A., & Inderasari, E. (2020). "Dimensi Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila dalam Antologi Cerpen Catatan Kehidupan ( Dimensions of Pancasila Learning Profile Values in the Anthology of Short Stories". 15–25.
Kemendikbud. (2022). Peraturan Pemerintah tentang Dimensi, Elemen, dan Sub-Elemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. In Kemendikbudristek BSKAP RI (Issue 021).
Lestari, W. F., Slamet, S., & Chaesar, A. S. S. (2024). "Nilai Profil Pelajar Pancasila dalam Novel Hello Karya Tere Liye serta Relevansinya sebagai Materi Ajar Sastra di SMA". Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 7(2), 168-180.
Marisa, M. (2021). "Inovasi Kurikulum Merdeka Belajar di Era Society 5.0". Santhet: (Jurnal Sejarah, Pendidiikan dan Humaniora), 5(1), 72. https://doi.org/10.36526/js.v3i2.e-ISSN
Mereka, D. A. N., Putu, K., Dalam, A., & Pelajar, P. (2024). Persahabatan dan Kearifan dalam Kumpulan Cerpen Anak. 09.
Muryanti, Widayati, M., & Sudiyana, B. (2024). "Nilai Edukatif-Transformatif dalam Novel Epos Madame Kalinyamat Karya Zhaenal Fanani". Kajian Linguistik dan Sastra, 9(1), 62–78. https://doi.org/10.23917/kls.v9i1.4774
Muslihah, A. A., Widayati, M., & Global, B. (2025). "Nilai Karakter Berkebhinekaan Global". 15(1), 31–45.
Nugraha, D. (2012). Sastra dan Sosiologi. April 2011. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.28998.50249
Pradopo, R. D., Sangidu, & Suhardi. (1989). Beberapa Rumusan Masalah Sosiologi Sastra. Humaniora, Vol.1 No.1(1), 131–146.
Suhardi, O. : (1995). Pesan Moral Cerpen ““Tawa Gadis Padang Sampah”.”
Suparmini, H., Widayati, M., & Nurnaningsih, N. (2023). "Pendidikan Karakter dalam Tepukan Tiga Kali pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP". Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(3), 483–504. https://doi.org/10.14421/njpi.2023.v3i3-8
Suryaman, M. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1), 13–28.
Syaidah, S., Handayani, N., & Mirna, W. (2022). "Analisis Nilai Profil Pelajar Pancasila dalam Cerita Pendek Senyum Karyamin dan “Tawa Gadis Padang Sampah” Karya Ahmad Tohari". In GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.7596
Tarigan, N. S., Simorangkir, A. V., Saragih, E. T., Ginting, Q. br, & Lumbanbatu, D. P. (2024). "Analisis Nilai-Nilai Pancasila dalam Materi Teks Cerpen Bahasa Indonesia di SMP Kelas IX". IJEDR: Indonesian Journal of Education and Development Research, 2(2), 1249–1255. https://doi.org/10.57235/ijedr.v2i2.2566
Widayati, M., Nugrahani, F., Sudiyana, B., Veteran, U., & Nusantara, B. (2024). "Three-Dimensional Representations of Children ’S". 5(3), 390–410.
Widayati, M., Setyani, R. C., & Sukarno, S. (2023). "Nilai Pendidikan Karakter Novel Dia adalah Kakakku Karya Tere Liye (Kajian Sosiologi Sastra)". Jurnalistrendi : Jurnal Linguistik, Sastra, Dan Pendidikan, 8(1), 209–221. https://doi.org/10.51673/jurnalistrendi.v8i1.1699
Widayati, M., Sudiyana, B., & Nurnaningsih, N. (2023). "Muatan Kearifan Lokal dalam Teks Lagu Anak Berbahasa Jawa sebagai Penanaman Pendidikan Karakter di Sekolah". JENTERA: Jurnal Kajian Sastra, 12(1), 145. https://doi.org/10.26499/jentera.v12i1.5991
Yuniati, T., Sudiyana*, B., & Widayati, M. (2023). "Karakter Berkebinekaan dalam Cerpen Ibu Guru Anakku sebagai Materi Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMA". Sawerigading, 29(2), 192–204. https://doi.org/10.26499/sawer.v29i2.1261
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2025 Sri Wahyuni, Mukti Widayati, Nurnaningsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.