Relevansi Nilai Profil Pelajar Pancasila dalam Cerpen “Tawa Gadis Padang Sampah” terhadap Pendidikan Karakter Siswa

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i3.6598

Authors

  • Sri Wahyuni Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Mukti Widayati Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Nurnaningsih Nurnaningsih Universitas Veteran Bangun Nusantara

Keywords:

profil pelajar pancasila, sosiologi sastra, pendidikan karakter, cerpen

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila yang terkandung dalam cerpen “Tawa Gadis Padang Sampah”, relevansi nilai Profil Pelajar Pancasila dalam cerpen dengan pendidikan karakter, dan merumuskan strategi implementasi melalui cerpen untuk pendidikan karakter siswa. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif, menggunakan pendekatan sosiologi sastra dengan metode content analysis yaitu membaca dan mengidentifikasi kalimat atau frasa dalam cerpen yang mengandung nilai Profil Pelajar Pancasila. Data penelitian berupa kata, frase, kalimat, dan ungkapan yang mengandung nilai Profil Pelajar Pancasila.  Sumber datanya adalah cerpen “Tawa Gadis Padang Sampah” karya Ahmad Tohari yang diterbitkan oleh surat kabar harian Kompas dan dokumen pembelajaran yang berhubungan dengan penelitian, serta hasil penelitian terdahulu yang relevan. Sampel penelitian menggunakan purposive sampling fokus pada pencarian data nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila yang terdapat dalam cerpen. Teknik pengumpulan data dengan teknik baca analitik dan teknik catat. Validitas data dengan teknik triangulasi data dan triangulasi metode. Teknik analisis datanya adalah teknik dialektik, teknik hermeneotik, dan teknik interaktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa cerpen “Tawa Gadis Padang Sampah”: 1) Mengandung nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila dimensi  :beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, mandiri 6 data, bergotong-royong 12 data, berkebinekaan global 5 data, bernalar kritis 15 data, dan kreatif 11 data  2) Cerpen ini menunjukkan relevansi dengan bahan ajar sastra di SMP yaitu terletak pada karakter tokoh dalam cerpen sesuai Profil Pelajar Pancasila yang memiliki potensi sebagai bahan ajar yang relevan untuk pembentukan pendidikan karakter siswa 3) strategi implementasinya dapat dirumuskan sebagai berikut: pemahaman isi dan analisis nilai karakter; diskusi reflektif dan konektivitas dengan kehidupan nyata; kegiatan kreatif dan interaktif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adnyana, I. K. S. (2022). "Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila melalui Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Proceeding Seminar Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (Pedalitra II), Pedalitra II, 28–36".

Andriyanto, O. D., Supratno, H., & Tjahjono, T. (2020). "Nilai-nilai Pendidikan dalam Novel Dhadhung Kepuntir karya Tulus S. (Pendekatan Sosiologi Sastra Swingewood)". Sutasoma : Jurnal Sastra Jawa, 8(2), 109–121. https://doi.org/10.15294/sutasoma.v8i2.43374

Anggraeni, R. C., Ratnaningsih, A., & Khaq, M. (2024). "Analisis Nilai Profil Pelajar Pancasila Pada Cerita Pendek dalam Buku Bahasa Indonesia Lihat Sekitar Kelas Iv SDN 2 Pangenrejo". Journal Binagogik, 11(1), 25–30. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd

Anggraini, N., Rahayu, N., & Djunaidi, B. (2019). "Kesantunan Berbahasa Indonesia dalam Pembelajaran di Kelas X Man 1 Model Kota Bengkulu". Jurnal Ilmiah KORPUS, 3(1), 42–54. https://doi.org/10.33369/jik.v3i1.7345

Arbi, M. (2019). "Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Kumpulan Cerpen Bidadari Meniti Pelangi Karya S. Prasetyo Utomo dan Kelayakannya sebagai Bahan Ajar Teks Cerpen di SMA Kelas Xi. xiii+130".

Dalman, D., Raehang, R., Virama, L. A., & Sulaiman, K. (2022). "Penerapan Profil Pelajar Pancasila dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik". Diniyah : Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 75. https://doi.org/10.31332/dy.v3i2.5416

Dasmana, A., Wasliman, I., Cepi Barlian, U., & Yoseptry, R. (2022). "Implementation of Integrated Quality Management Strengthening Character Education in Realizing Pancasila Student Profiles". IJGIE (International Journal of Graduate of Islamic Education), 3(2), 361–377. https://doi.org/10.37567/ijgie.v3i2.1342

Daud, Y., & Bagtayan, Z. A. (2024). "Kajian Sosiologi Sastra dalam Novel Laut Bercerita Karya Leila S. Chudori". Jurnal Bahasa, Sastra, dan Budaya, 14(1), 2024. http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JBSP/index

Dewi, P. C. (2025). "Representasi Konflik Sosial dalam Novel “ Bagaimana Cara Mengurangi Berat Badan ” Karya Amalia Yunus" Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra, Vol. 11, No. 1, 2025. 11(1), 696–706.

Farahiba, A. S. (2017). "Eksistensi Sastra Anak dalam Pembentukan Karakter pada Tingkat Pendidikan Dasar". AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 1(1), 47–60. https://doi.org/10.24269/ajbe.v1i1.313

Fariha Maulida, & Heri Dermawan. (2024). "Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar". Tadrusuun: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 239–245. https://doi.org/10.62274/tadrusuun.v3i1.124

Hafizah, H., Rahmat, A., & Rohman, S. (2021). "Pembelajaran Anak dalam Pembentukan Karakter". Jurnal Pendidikan Indonesia, 7(1), 137–144.

Hidayat, F., Marisa, C., & Hilaliyah, H. (2023). "Internalisasi Profil Pelajar Pancasila untuk Sekolah Dasar melalui Pendekatan Sastra Anak". Prosiding Konferensi Berbahasa Indonesia Universitas Indraprasta PGRI, 18–28. https://doi.org/10.30998/kibar.27-10-2022.6294

Kehidupan, C., Rizki, F., Utomo, A., & Inderasari, E. (2020). "Dimensi Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila dalam Antologi Cerpen Catatan Kehidupan ( Dimensions of Pancasila Learning Profile Values in the Anthology of Short Stories". 15–25.

Kemendikbud. (2022). Peraturan Pemerintah tentang Dimensi, Elemen, dan Sub-Elemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. In Kemendikbudristek BSKAP RI (Issue 021).

Lestari, W. F., Slamet, S., & Chaesar, A. S. S. (2024). "Nilai Profil Pelajar Pancasila dalam Novel Hello Karya Tere Liye serta Relevansinya sebagai Materi Ajar Sastra di SMA". Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 7(2), 168-180.

Marisa, M. (2021). "Inovasi Kurikulum Merdeka Belajar di Era Society 5.0". Santhet: (Jurnal Sejarah, Pendidiikan dan Humaniora), 5(1), 72. https://doi.org/10.36526/js.v3i2.e-ISSN

Mereka, D. A. N., Putu, K., Dalam, A., & Pelajar, P. (2024). Persahabatan dan Kearifan dalam Kumpulan Cerpen Anak. 09.

Muryanti, Widayati, M., & Sudiyana, B. (2024). "Nilai Edukatif-Transformatif dalam Novel Epos Madame Kalinyamat Karya Zhaenal Fanani". Kajian Linguistik dan Sastra, 9(1), 62–78. https://doi.org/10.23917/kls.v9i1.4774

Muslihah, A. A., Widayati, M., & Global, B. (2025). "Nilai Karakter Berkebhinekaan Global". 15(1), 31–45.

Nugraha, D. (2012). Sastra dan Sosiologi. April 2011. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.28998.50249

Pradopo, R. D., Sangidu, & Suhardi. (1989). Beberapa Rumusan Masalah Sosiologi Sastra. Humaniora, Vol.1 No.1(1), 131–146.

Suhardi, O. : (1995). Pesan Moral Cerpen ““Tawa Gadis Padang Sampah”.”

Suparmini, H., Widayati, M., & Nurnaningsih, N. (2023). "Pendidikan Karakter dalam Tepukan Tiga Kali pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP". Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(3), 483–504. https://doi.org/10.14421/njpi.2023.v3i3-8

Suryaman, M. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1), 13–28.

Syaidah, S., Handayani, N., & Mirna, W. (2022). "Analisis Nilai Profil Pelajar Pancasila dalam Cerita Pendek Senyum Karyamin dan “Tawa Gadis Padang Sampah” Karya Ahmad Tohari". In GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.7596

Tarigan, N. S., Simorangkir, A. V., Saragih, E. T., Ginting, Q. br, & Lumbanbatu, D. P. (2024). "Analisis Nilai-Nilai Pancasila dalam Materi Teks Cerpen Bahasa Indonesia di SMP Kelas IX". IJEDR: Indonesian Journal of Education and Development Research, 2(2), 1249–1255. https://doi.org/10.57235/ijedr.v2i2.2566

Widayati, M., Nugrahani, F., Sudiyana, B., Veteran, U., & Nusantara, B. (2024). "Three-Dimensional Representations of Children ’S". 5(3), 390–410.

Widayati, M., Setyani, R. C., & Sukarno, S. (2023). "Nilai Pendidikan Karakter Novel Dia adalah Kakakku Karya Tere Liye (Kajian Sosiologi Sastra)". Jurnalistrendi : Jurnal Linguistik, Sastra, Dan Pendidikan, 8(1), 209–221. https://doi.org/10.51673/jurnalistrendi.v8i1.1699

Widayati, M., Sudiyana, B., & Nurnaningsih, N. (2023). "Muatan Kearifan Lokal dalam Teks Lagu Anak Berbahasa Jawa sebagai Penanaman Pendidikan Karakter di Sekolah". JENTERA: Jurnal Kajian Sastra, 12(1), 145. https://doi.org/10.26499/jentera.v12i1.5991

Yuniati, T., Sudiyana*, B., & Widayati, M. (2023). "Karakter Berkebinekaan dalam Cerpen Ibu Guru Anakku sebagai Materi Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMA". Sawerigading, 29(2), 192–204. https://doi.org/10.26499/sawer.v29i2.1261

Published

2025-07-30

How to Cite

Wahyuni, S., Mukti Widayati, & Nurnaningsih, N. (2025). Relevansi Nilai Profil Pelajar Pancasila dalam Cerpen “Tawa Gadis Padang Sampah” terhadap Pendidikan Karakter Siswa. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(3), 3426–3443. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i3.6598

Issue

Section

Articles

Categories