Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Materi Teks Anekdot Berbasis Genially
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i4.7286
Keywords:
teks anekdot, pengembangan, geniallyAbstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Genially yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan belajar peserta didik kelas X. Berdasarkan hasil wawancara, didapati masih banyak peserta didik mengalami kesulitan menangkap makna tersirat dalam teks anekdot. Kondisi tersebut menandakan adanya ketidaktepatan antara media pembelajaran yang disajikan dengan kebutuhan pembelajaran di dalam kelas. Oleh sebab itu, pengembangan media berbasis Genially dibutuhkan dan menjadi solusi efektif untuk meningkatkan pemahaman peserta didik. Metode Research and Development (R&D) diterapkan pada penelitian ini. Metodelogi ini mencakup komponen-komponen utama yang mengadopsi model ADDIE. Data dikumpulkan melalui analisis kebutuhan dan penyebaran angket guna memperoleh informasi validasi. Proses penelitian memanfaatkan pendekatan mix method yang menggabungkan analisis kualitatif dan kuantitatif. Temuan penelitian mengindikasikan bahwa: (1) terdapat kebutuhan mendesak pada media pembelajaran interaktif berbasis Genially, yang mempertimbangkan aspek isi, bahasa, dan desain; (2) media yang dikembangkan melalui Canva dan platform Genially memperoleh nilai validasi yang sangat baik, yaitu rata-rata 0,97 untuk aspek materi, 0,97 untuk aspek bahasa, dan 0,96 untuk aspek media. Penelitian ini memberikan kontribusi berupa alternatif model pengembangan media interaktif berbasis teknologi yang mudah diadaptasi dan menjadi contoh implementasi Genially yang sudah teruji efektif. Berdasarkan temuan tersebut, pengembangan media pembelajaran interaktif ini dapat dianggap layak diterapkan pada pengajaran teks anekdot kelas X.
Downloads
References
Aiken, L. R. (1985). Three coefficients for analyzing the reliability and validity of ratings. Educational and Psychological Measurement. https://doi.org/10.1177/0013164485451012 DOI: https://doi.org/10.1177/0013164485451012
Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach (Vol.722). New York: Springer. DOI: https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6
Fajra, R., Syachruroji, A., & Rokmanah, S. (2023). Metode Pembelajaran Aktif Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Dunia Pendidikan, Volume 4 N, 122–129.
Farman, I., Hidayat, M., & Marela, L. A. (2024). Analisis Penggunaan Aplikasi Canva dalam Peningkatan Kemampuan Desain Grafis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi, 1(April), 22–30.
Harahap, S., & Napitupulu, Z. (2023). Pengaruh Teknologi Terhadap Pendidikan di Indonesia : Systematic Literature Review. Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan, 8(2), 9–17.
Keraf, G. (1991). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Maesaroh, S., Veryliana Purnamasari, & Mudzanatun. (2023). Penggunaan Media Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Energi Dan Perubahannya Kelas 3a. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 4380–4389. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1110 DOI: https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1110
Munawir, M., Rofiqoh, A., & Khairani, I. (2024). Peran Media Interaktif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran SKI di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 9(1), 63–71. http://dx.doi.org/10.36722/sh.v9i1.2828
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171 DOI: https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Nisa & Aryanti (2020). Jurnal Manajemen Pendidikan dan Keislaman Penggunaan Media Interaktif Terhadap Motivasi Belajar Siswa. 31–37. DOI: https://doi.org/10.30821/hijri.v12i1.16431
Sujinah. (2020). Indonesian Learning Challenges and Solutions in the Covid-19 Era. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 13(2), 256–271. DOI: https://doi.org/10.30651/st.v13i2.5444
Swasti, M., Hutapea, N. M., & Suanto, E. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Discovery Learning. 06(03), 2928–2941.
Syarifuddin, S., Adiansha, A. A., & Nurgufrini, A. (2025). Pengaruh Brain-Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Sistematis dalam Pembelajaran Matematika. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 5(1), 249–262. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v5i1.1343 DOI: https://doi.org/10.53299/jagomipa.v5i1.1343
Ulfa, Merrina et al., 2025. (2025). Peran Teknologi Pendidikan Dalam Pembelajaran Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran ( JTPP). Jurnal Teknologi Dan Pembelajaran (JTPP), 03(01), 218–223. https://jurnal.kopusindo.com/index.php/jtpp/index
Zamzami, A. N., & Raharjo. (2024). Penggunaan Platform Genially dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran PAI Di SMK Negeri 2 Semarang. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, Volume. 2, Hal. 31-42. DOI: https://doi.org/10.61132/jbpai.v2i3.294
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2025 Tika Wulandari, Uki Hares Yulianti, Nur Indah Sholikhati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.









