Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Materi Teks Anekdot Berbasis Genially

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i4.7286

Authors

  • Tika Wulandari Universitas Jenderal Soedirman
  • Uki Hares Yulianti Universitas Jenderal Soedirman
  • Nur Indah Sholikhati Universitas Jenderal Soedirman

Keywords:

teks anekdot, pengembangan, genially

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Genially yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan belajar peserta didik kelas X. Berdasarkan hasil wawancara, didapati masih banyak peserta didik mengalami kesulitan menangkap makna tersirat dalam teks anekdot. Kondisi tersebut menandakan adanya ketidaktepatan antara media pembelajaran yang disajikan dengan kebutuhan pembelajaran di dalam kelas. Oleh sebab itu, pengembangan media berbasis Genially dibutuhkan dan menjadi solusi efektif untuk meningkatkan pemahaman peserta didik. Metode Research and Development (R&D) diterapkan pada penelitian ini. Metodelogi ini mencakup komponen-komponen utama yang mengadopsi model ADDIE. Data dikumpulkan melalui analisis kebutuhan dan penyebaran angket guna memperoleh informasi validasi. Proses penelitian memanfaatkan pendekatan mix method yang menggabungkan analisis kualitatif dan kuantitatif. Temuan penelitian mengindikasikan bahwa: (1) terdapat kebutuhan mendesak pada media pembelajaran interaktif berbasis Genially, yang mempertimbangkan aspek isi, bahasa, dan desain; (2) media yang dikembangkan melalui Canva dan platform Genially memperoleh nilai validasi yang sangat baik, yaitu rata-rata 0,97 untuk aspek materi, 0,97 untuk aspek bahasa, dan 0,96 untuk aspek media. Penelitian ini memberikan kontribusi berupa alternatif model pengembangan media interaktif berbasis teknologi yang mudah diadaptasi dan menjadi contoh implementasi Genially yang sudah teruji efektif. Berdasarkan temuan tersebut, pengembangan media pembelajaran interaktif ini dapat dianggap layak diterapkan pada pengajaran teks anekdot kelas X.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aiken, L. R. (1985). Three coefficients for analyzing the reliability and validity of ratings. Educational and Psychological Measurement. https://doi.org/10.1177/0013164485451012 DOI: https://doi.org/10.1177/0013164485451012

Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach (Vol.722). New York: Springer. DOI: https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6

Fajra, R., Syachruroji, A., & Rokmanah, S. (2023). Metode Pembelajaran Aktif Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Dunia Pendidikan, Volume 4 N, 122–129.

Farman, I., Hidayat, M., & Marela, L. A. (2024). Analisis Penggunaan Aplikasi Canva dalam Peningkatan Kemampuan Desain Grafis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi, 1(April), 22–30.

Harahap, S., & Napitupulu, Z. (2023). Pengaruh Teknologi Terhadap Pendidikan di Indonesia : Systematic Literature Review. Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan, 8(2), 9–17.

Keraf, G. (1991). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Maesaroh, S., Veryliana Purnamasari, & Mudzanatun. (2023). Penggunaan Media Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Energi Dan Perubahannya Kelas 3a. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 4380–4389. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1110 DOI: https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1110

Munawir, M., Rofiqoh, A., & Khairani, I. (2024). Peran Media Interaktif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran SKI di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 9(1), 63–71. http://dx.doi.org/10.36722/sh.v9i1.2828

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171 DOI: https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Nisa & Aryanti (2020). Jurnal Manajemen Pendidikan dan Keislaman Penggunaan Media Interaktif Terhadap Motivasi Belajar Siswa. 31–37. DOI: https://doi.org/10.30821/hijri.v12i1.16431

Sujinah. (2020). Indonesian Learning Challenges and Solutions in the Covid-19 Era. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 13(2), 256–271. DOI: https://doi.org/10.30651/st.v13i2.5444

Swasti, M., Hutapea, N. M., & Suanto, E. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Discovery Learning. 06(03), 2928–2941.

Syarifuddin, S., Adiansha, A. A., & Nurgufrini, A. (2025). Pengaruh Brain-Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Sistematis dalam Pembelajaran Matematika. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 5(1), 249–262. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v5i1.1343 DOI: https://doi.org/10.53299/jagomipa.v5i1.1343

Ulfa, Merrina et al., 2025. (2025). Peran Teknologi Pendidikan Dalam Pembelajaran Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran ( JTPP). Jurnal Teknologi Dan Pembelajaran (JTPP), 03(01), 218–223. https://jurnal.kopusindo.com/index.php/jtpp/index

Zamzami, A. N., & Raharjo. (2024). Penggunaan Platform Genially dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran PAI Di SMK Negeri 2 Semarang. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, Volume. 2, Hal. 31-42. DOI: https://doi.org/10.61132/jbpai.v2i3.294

Published

2025-11-24

How to Cite

Wulandari, T., Hares Yulianti, U., & Indah Sholikhati, N. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Materi Teks Anekdot Berbasis Genially. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(4), 4967–4978. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i4.7286