Analisis Tokoh Perempuan dalam Novel Sayyidat Al Qamar Karya Jokha Alharthi: Kajian Feminisme dan Nilai-Nilai Pendidikan

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i4.7279

Authors

  • Siti Hardianti Kahar Universitas Negeri Makasar
  • Nurming Saleh Universitas Negeri Makassar
  • Fatkhul Ulum Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Feminisme, Nilai-Nilai Pendidikan, Novel, Sayyidat Al Qamar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk feminisme dan nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam novel Sayyidat Al Qamar karya Jokha Alharthi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan feminisme sastra. Data penelitian berupa kutipan naratif, dialog, dan deskripsi tokoh perempuan yang mencerminkan perjuangan, ketidaksetaraan gender, serta nilai pendidikan. Sumber data penelitian ini adalah novel Sayyidat Al Qamar karya Jokha Alharthi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode baca dan catat, kemudian dianalisis melalui tahapan deskripsi, reduksi, dan seleksi untuk menemukan bentuk ketidaksetaraan gender, perlawanan terhadap sistem patriarki, serta nilai-nilai pendidikan yang meliputi aspek religius, moral, sosial, dan budaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perjuangan tokoh-tokoh perempuan dalam novel ini mencerminkan semangat kemandirian, tanggung jawab, dan kesadaran untuk memperoleh hak pendidikan serta menentukan jalan hidupnya sendiri. Penelitian ini berkontribusi dalam memperkaya kajian sastra feminis Arab modern, khususnya dalam mengungkap hubungan antara gerakan feminisme dan pendidikan sebagai sarana pembebasan perempuan. Penelitian ini memberikan perspektif baru tentang bagaimana karya sastra dapat menjadi media edukatif dalam membangun kesadaran sosial dan nilai-nilai kesetaraan gender di masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alharthi, Jokha. (2010). Sayyidat Al Qamar. Beirut: Dar Al-Adab.

Dewi, I. G. Ay., Sujaya, I. M., & Dwipayana, I. K. (2023). Pandangan Dunia Pengarang dalam Novel Max Havelaar Karya Multatuli dan Relevansinya Sebagai Bahan Pembelajaran Sastra Di SMA/SMK. Jurnal Motivasi Pendidikan Dan Bahasa, 1(3), 154–165. DOI: https://doi.org/10.59581/jmpb-widyakarya.v1i3.925

Febrianti, R. (2019). Peran Wanita Dalam Novel Tenaga Kerja Istimewa Karya Naiqueen. Jurnal Buana Bastra, 6(1), 52–59. DOI: https://doi.org/10.36456/bastra.vol6.no1.a3600

Jannah, R. (2024). Pendekatan Feminisme dalam Analisis Cerpen “ Kunang-Kunang dalam Bir ” Karya Djenar Maesa Ayu. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya Dan Pengajarannya, 3(2), 188–196. DOI: https://doi.org/10.55606/protasis.v3i2.189

Koesoema, Doni. (2010). Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.

Maghfirah. (2024). Ketidaksetaraan Gender Dalam Novel Siri` Karya Asmayani Kusrini: Kajian Feminisme Liberal John Stuart Mill. Universitas Negeri Makassar.

Maulana, D. (2022). Analisis Kajian Feminisme Dan Nilai Pendidikan Terhadap Cerpen Perempuan Musim Pagi Karya Emasta Evayanti Simanjuntak. Literasi : Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Pembelajarannya, 6(1), 118–124. DOI: https://doi.org/10.25157/literasi.v6i1.6880

Mill, J. S. (2005). The Subjection of Women. Pennsylvania: The Pennsylvania State University.

Novianti, I. D. (2023). Kebebasan Perempuan dan Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Kim Ji-Yeong Karya Cho Nam-Joo. Mojokerto: Universitas Islam Majapahit.

Sari, M. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(1), 41–53. DOI: https://doi.org/10.15548/nsc.v6i1.1555

Sari, R. V. (2024). Analisis Nilai Pendidikan Pada Novel “9 Matahari” Karya Adenita. Riau: UIN Sultan Syarif Kasim.

Suhendra, N., Anwar, M., & Susanti, E. (2023). Kajian Ideologi Karya Sastra Feminisme Tokoh Perempuan Dalam Novel “Cinta 2 Kodi” Karya Asma Nadia. Parole : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 147–154. DOI: https://doi.org/10.22460/parole.v6i2.14942

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

The European Centre for Democracy and Human Rights [Media]. (2025). Oman: Examining women’s rights and gender bias. https://www.ecdhr.org/oman-examining-womens-rights-and-gender-bias/

Waruwu, M. (2024). Pendekatan Penelitian Kualitatif: Konsep, Prosedur, Kelebihan dan Peran di Bidang Pendidikan. Afeksi: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 5(2), 198–211. DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i2.236

Wicaksono, A. (2017). Pengkajian Prosa Fiksi (Edisi Revisi). Yogyakarta: Garudhawaca.

Wiyatmi. (2012). Kritik Sastra Feminis Teori dan Aplikasinya dalam Sastra Indonesia. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Zahra`ni, I. N., Albar, D. S., & Susanto, D. (2025). Kajian Feminisme Poskolonial pada Tokoh Firdaus dalam Novel Perempuan di Titik Nol. Ruang Kata: Journal of Language and Literature Studies, 5(02), 243–256.

Zharifa, L., Harmaen, D., & Sadeli, L. (2024). Analisis Antropologi Sastra Dalam Novel Mangirurut Karya Bakhsan Parinduri Sebagai Alternatif Bahan Ajar di SMA. Enggang: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 4(2), 126–143. DOI: https://doi.org/10.37304/enggang.v4i2.14307

Published

2025-11-20

How to Cite

Kahar, S. H., Saleh, N., & Ulum, F. (2025). Analisis Tokoh Perempuan dalam Novel Sayyidat Al Qamar Karya Jokha Alharthi: Kajian Feminisme dan Nilai-Nilai Pendidikan. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(4), 4869–4886. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i4.7279