Analisis Tokoh Perempuan dalam Novel Sayyidat Al Qamar Karya Jokha Alharthi: Kajian Feminisme dan Nilai-Nilai Pendidikan
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i4.7279
Keywords:
Feminisme, Nilai-Nilai Pendidikan, Novel, Sayyidat Al QamarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk feminisme dan nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam novel Sayyidat Al Qamar karya Jokha Alharthi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan feminisme sastra. Data penelitian berupa kutipan naratif, dialog, dan deskripsi tokoh perempuan yang mencerminkan perjuangan, ketidaksetaraan gender, serta nilai pendidikan. Sumber data penelitian ini adalah novel Sayyidat Al Qamar karya Jokha Alharthi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode baca dan catat, kemudian dianalisis melalui tahapan deskripsi, reduksi, dan seleksi untuk menemukan bentuk ketidaksetaraan gender, perlawanan terhadap sistem patriarki, serta nilai-nilai pendidikan yang meliputi aspek religius, moral, sosial, dan budaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perjuangan tokoh-tokoh perempuan dalam novel ini mencerminkan semangat kemandirian, tanggung jawab, dan kesadaran untuk memperoleh hak pendidikan serta menentukan jalan hidupnya sendiri. Penelitian ini berkontribusi dalam memperkaya kajian sastra feminis Arab modern, khususnya dalam mengungkap hubungan antara gerakan feminisme dan pendidikan sebagai sarana pembebasan perempuan. Penelitian ini memberikan perspektif baru tentang bagaimana karya sastra dapat menjadi media edukatif dalam membangun kesadaran sosial dan nilai-nilai kesetaraan gender di masyarakat.
Downloads
References
Alharthi, Jokha. (2010). Sayyidat Al Qamar. Beirut: Dar Al-Adab.
Dewi, I. G. Ay., Sujaya, I. M., & Dwipayana, I. K. (2023). Pandangan Dunia Pengarang dalam Novel Max Havelaar Karya Multatuli dan Relevansinya Sebagai Bahan Pembelajaran Sastra Di SMA/SMK. Jurnal Motivasi Pendidikan Dan Bahasa, 1(3), 154–165. DOI: https://doi.org/10.59581/jmpb-widyakarya.v1i3.925
Febrianti, R. (2019). Peran Wanita Dalam Novel Tenaga Kerja Istimewa Karya Naiqueen. Jurnal Buana Bastra, 6(1), 52–59. DOI: https://doi.org/10.36456/bastra.vol6.no1.a3600
Jannah, R. (2024). Pendekatan Feminisme dalam Analisis Cerpen “ Kunang-Kunang dalam Bir ” Karya Djenar Maesa Ayu. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya Dan Pengajarannya, 3(2), 188–196. DOI: https://doi.org/10.55606/protasis.v3i2.189
Koesoema, Doni. (2010). Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.
Maghfirah. (2024). Ketidaksetaraan Gender Dalam Novel Siri` Karya Asmayani Kusrini: Kajian Feminisme Liberal John Stuart Mill. Universitas Negeri Makassar.
Maulana, D. (2022). Analisis Kajian Feminisme Dan Nilai Pendidikan Terhadap Cerpen Perempuan Musim Pagi Karya Emasta Evayanti Simanjuntak. Literasi : Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Pembelajarannya, 6(1), 118–124. DOI: https://doi.org/10.25157/literasi.v6i1.6880
Mill, J. S. (2005). The Subjection of Women. Pennsylvania: The Pennsylvania State University.
Novianti, I. D. (2023). Kebebasan Perempuan dan Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Kim Ji-Yeong Karya Cho Nam-Joo. Mojokerto: Universitas Islam Majapahit.
Sari, M. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(1), 41–53. DOI: https://doi.org/10.15548/nsc.v6i1.1555
Sari, R. V. (2024). Analisis Nilai Pendidikan Pada Novel “9 Matahari” Karya Adenita. Riau: UIN Sultan Syarif Kasim.
Suhendra, N., Anwar, M., & Susanti, E. (2023). Kajian Ideologi Karya Sastra Feminisme Tokoh Perempuan Dalam Novel “Cinta 2 Kodi” Karya Asma Nadia. Parole : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 147–154. DOI: https://doi.org/10.22460/parole.v6i2.14942
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
The European Centre for Democracy and Human Rights [Media]. (2025). Oman: Examining women’s rights and gender bias. https://www.ecdhr.org/oman-examining-womens-rights-and-gender-bias/
Waruwu, M. (2024). Pendekatan Penelitian Kualitatif: Konsep, Prosedur, Kelebihan dan Peran di Bidang Pendidikan. Afeksi: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 5(2), 198–211. DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i2.236
Wicaksono, A. (2017). Pengkajian Prosa Fiksi (Edisi Revisi). Yogyakarta: Garudhawaca.
Wiyatmi. (2012). Kritik Sastra Feminis Teori dan Aplikasinya dalam Sastra Indonesia. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Zahra`ni, I. N., Albar, D. S., & Susanto, D. (2025). Kajian Feminisme Poskolonial pada Tokoh Firdaus dalam Novel Perempuan di Titik Nol. Ruang Kata: Journal of Language and Literature Studies, 5(02), 243–256.
Zharifa, L., Harmaen, D., & Sadeli, L. (2024). Analisis Antropologi Sastra Dalam Novel Mangirurut Karya Bakhsan Parinduri Sebagai Alternatif Bahan Ajar di SMA. Enggang: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 4(2), 126–143. DOI: https://doi.org/10.37304/enggang.v4i2.14307
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2025 Siti Hardianti Kahar, Nurming Saleh, Fatkhul Ulum

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.









