Implementasi Aplikasi Canva sebagai Alat Bantu Visual dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar: Tantangan dan Peluang

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i4.7271

Authors

  • Heni Marfuah Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Farida Nugrahani Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Mukti Widayati Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

Keywords:

Aplikasi Canva, Alat Bantu Visual, Pembelajaran Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses, tantangan, dan peluang implementasi aplikasi Canva sebagai alat bantu visual dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SD. Penelitian ini menerapkan metode deskriptif kualitatif dengan strategi studi kasus terpancang. Fokus data mencakup proses, tantangan, dan peluang pembelajaran Bahasa Indonesia yang bersumber dari informan (guru dan siswa kelas V SD Negeri 01 Banjarharjo), observasi aktivitas implementasi Canva, serta dokumen perangkat ajar. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, analisis dokumen, wawancara, tes, serta kuesioner. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling yaitu siswa kelas V SD Negeri 01 Banjarharjo. Teknik validasi data dengan triangulasi metode dan sumber. Teknik analisis data dilakukan dengan model interaktif. Penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi Canva dapat digunakan guru untuk membuat presentasi, video, LKS dan poster serta dapat digunakan secara online (dalam jaringan) maupun tatap muka dalam pembelajaran dengan metode diskusi. Aplikasi canva dapat dimanfaatkan guru dan siswa untuk mendesain produk digital yang dapat diperjualbelikan dan bisa menjadi produk bernilai ekonomis. Tantangan yang dihadapi yaitu internet sekolah kurang stabil, kompetnsi guru dan siswa dalam menggunakan aplikasi canva. Pemanfaatan fitur gratis Canva berkontribusi pada optimalisasi eksplorasi visual yang signifikan. Hal ini secara nyata meningkatkan produktivitas dan kreativitas guru, serta berdampak pada terciptanya pembelajaran siswa yang lebih aktif dan kolaboratif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, N., Ilato, R., & Payu, B. R. (2020). Pengaruh pemanfaatan teknologi informasi terhadap minat belajar siswa. Jambura Economic Education Journal, 2(2), 70–79. https://doi.org/10.37479/jeej.v2i2.5464

Ambarwati, D., Wibowo, U. B., Arsyiadanti, H., & Susanti, S. (2022). Studi literatur: Peran inovasi pendidikan pada pembelajaran berbasis teknologi digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(2), 173–184.

Budiarto, A., Dynawati, R., & Rahayu, D. (2022). Studi literatur: Inovasi pembelajaran berbasis teknologi informasi di era revolusi industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional 100 Tahun Tamansiswa, 1–6.

Celik, I. (2023). Towards Intelligent-TPACK: An empirical study on teachers’ professional knowledge to ethically integrate artificial intelligence (AI)-based tools into education. Computers in Human Behavior, 138, 107468. https://doi.org/10.1016/j.chb.2022.107468

Dale, E. (1969). Audiovisual methods in teaching (3rd ed.). Dryden Press.

Elsa, E., & Anwar, K. (2021). The perception of using technology Canva application as a media for English teacher creating media virtual teaching and English learning in Loei Thailand. Journal of English Teaching, Literature, and Applied Linguistics, 5(1), 62–69. https://doi.org/10.30587/jetlal.v5i1.2253

Garris, P. (2020). Pemanfaatan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo Unpam, 8(2), 1–18.

Mayer, R. E. (2009). Multimedia learning (2nd ed.). Cambridge University Press.

Nugrahani, F. (2014). Metode penelitian kualitatif dalam penelitian pendidikan bahasa. Surakarta: Cakra Books.

Nugrahani, F., Sri Wahono, S., & Imron, A. (2019). Ecranisation of Laskar Pelangi novel and its function as educative media (Study of literature reception). Humanities and Social Sciences Reviews, 7(3), 221–227. https://doi.org/10.18510/hssr.2019.7334

Pelangi, G. (2020). Pemanfaatan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia jenjang SMA/MA. Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(2), 24–34.

Saputra, A. G., Rahmawati, T., Andrew, B., & Amri, Y. (2022). Using Canva application for elementary school learning media. Scientechno: Journal of Science and Technology, 1(1), 46–57. https://doi.org/10.55849/scientechno.v1i1.4

Sweniti, I. A. (2020). Pengembangan media panggung boneka interaktif untuk meningkatkan kemampuan interaksi sosial anak kelompok B TK Kemala Bhayangkari 1 Denpasar tahun ajaran 2019/2020 [Skripsi, Universitas Pendidikan Ganesha]. Repositori Undiksha.

Utami, Y., & Suriyani Djamdjuri, D. (2021). Students’ motivation in writing class using of Canva: Students’ perception. English Journal, 15(2), 82–90. https://doi.org/10.32832/english.v15i2.5536

Wahyuni, N., Canta, D. S., Setyaningsih, E., & Hermawansyah, A. (2023). Pelatihan penggunaan aplikasi Canva sebagai alat bantu pembelajaran SMP swasta Balikpapan. EJOIN: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 168–174. https://doi.org/10.55681/ejoin.v1i3.672

Wijanarko, A., Effendi, R., & Setiawan, Y. (2022). Peningkatan kompetensi guru dalam pengembangan bahan ajar berbasis digital sebagai knowledge sharing di SDIT Iqra 1 Bengkulu. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat 2021, 1(1), 828–836. https://doi.org/10.33086/snpm.v1i1.828

Yin, R. K. (2018). Case study research and applications: Design and methods (6th ed.). Sage Publications.

Zebua, N. (2023). Potensi aplikasi Canva sebagai media pembelajaran praktis bagi guru dan peserta didik. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 229–234.

Ahmad, N., Ilato, R., & Payu, B. R. (2020). Pengaruh pemanfaatan teknologi informasi terhadap minat belajar siswa. Jambura Economic Education Journal, 2(2), 70–79. https://doi.org/10.37479/jeej.v2i2.5464 DOI: https://doi.org/10.37479/jeej.v2i2.5464

Ambarwati, D., Wibowo, U. B., Arsyiadanti, H., & Susanti, S. (2022). Studi literatur: Peran inovasi pendidikan pada pembelajaran berbasis teknologi digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(2), 173–184.

Budiarto, A., Dynawati, R., & Rahayu, D. (2022). Studi literatur: Inovasi pembelajaran berbasis teknologi informasi di era revolusi industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional 100 Tahun Tamansiswa, 1–6.

Celik, I. (2023). Towards Intelligent-TPACK: An empirical study on teachers’ professional knowledge to ethically integrate artificial intelligence (AI)-based tools into education. Computers in Human Behavior, 138, 107468. https://doi.org/10.1016/j.chb.2022.107468 DOI: https://doi.org/10.1016/j.chb.2022.107468

Dale, E. (1969). Audiovisual methods in teaching (3rd ed.). Dryden Press.

Elsa, E., & Anwar, K. (2021). The perception of using technology Canva application as a media for English teacher creating media virtual teaching and English learning in Loei Thailand. Journal of English Teaching, Literature, and Applied Linguistics, 5(1), 62–69. https://doi.org/10.30587/jetlal.v5i1.2253 DOI: https://doi.org/10.30587/jetlal.v5i1.2253

Garris, P. (2020). Pemanfaatan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo Unpam, 8(2), 1–18.

Mayer, R. E. (2009). Multimedia learning (2nd ed.). Cambridge University Press.

Nugrahani, F. (2014). Metode penelitian kualitatif dalam penelitian pendidikan bahasa. Surakarta: Cakra Books.

Nugrahani, F., Sri Wahono, S., & Imron, A. (2019). Ecranisation of Laskar Pelangi novel and its function as educative media (Study of literature reception). Humanities and Social Sciences Reviews, 7(3), 221–227. https://doi.org/10.18510/hssr.2019.7334 DOI: https://doi.org/10.18510/hssr.2019.7334

Pelangi, G. (2020). Pemanfaatan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia jenjang SMA/MA. Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(2), 24–34.

Saputra, A. G., Rahmawati, T., Andrew, B., & Amri, Y. (2022). Using Canva application for elementary school learning media. Scientechno: Journal of Science and Technology, 1(1), 46–57. https://doi.org/10.55849/scientechno.v1i1.4 DOI: https://doi.org/10.55849/scientechno.v1i1.4

Sweniti, I. A. (2020). Pengembangan media panggung boneka interaktif untuk meningkatkan kemampuan interaksi sosial anak kelompok B TK Kemala Bhayangkari 1 Denpasar tahun ajaran 2019/2020 [Skripsi, Universitas Pendidikan Ganesha]. Repositori Undiksha.

Utami, Y., & Suriyani Djamdjuri, D. (2021). Students’ motivation in writing class using of Canva: Students’ perception. English Journal, 15(2), 82–90. https://doi.org/10.32832/english.v15i2.5536 DOI: https://doi.org/10.32832/english.v15i2.5536

Wahyuni, N., Canta, D. S., Setyaningsih, E., & Hermawansyah, A. (2023). Pelatihan penggunaan aplikasi Canva sebagai alat bantu pembelajaran SMP swasta Balikpapan. EJOIN: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 168–174. https://doi.org/10.55681/ejoin.v1i3.672 DOI: https://doi.org/10.55681/ejoin.v1i3.672

Wijanarko, A., Effendi, R., & Setiawan, Y. (2022). Peningkatan kompetensi guru dalam pengembangan bahan ajar berbasis digital sebagai knowledge sharing di SDIT Iqra 1 Bengkulu. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat 2021, 1(1), 828–836. https://doi.org/10.33086/snpm.v1i1.828 DOI: https://doi.org/10.33086/snpm.v1i1.828

Yin, R. K. (2018). Case study research and applications: Design and methods (6th ed.). Sage Publications.

Zebua, N. (2023). Potensi aplikasi Canva sebagai media pembelajaran praktis bagi guru dan peserta didik. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 229–234.

Published

2025-11-26

How to Cite

Heni Marfuah, Farida Nugrahani, & Mukti Widayati. (2025). Implementasi Aplikasi Canva sebagai Alat Bantu Visual dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar: Tantangan dan Peluang . Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(4), 5010–5020. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i4.7271

Most read articles by the same author(s)