Wujud Ikon, Indeks, dan Simbol sebagai Penanda Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Jenderal Kambing Karya Khrisna Pabichara
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i4.7255
Keywords:
semiotika, ikon, indeks, simbol, pendidikan karakterAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan wujud ikon, indeks, dan simbol sebagai penanda nilai pendidikan karakter dalam novel Jenderal Kambing karya Khrisna Pabichara dengan menggunakan teori semiotika Charles Sanders Peirce. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan deskriptif dengan desain deskriptif kualitatif. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode kepustakaan. Data penelitian berupa kata, frasa, dan kalimat yang mengandung tanda-tanda semiotik dalam novel. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 191 wujud tanda yang terdiri atas ikon, indeks, dan simbol, yang setelah direduksi menjadi 101 data yang mengandung nilai-nilai pendidikan karakter. Ikon dalam novel ini berfungsi menggambarkan keserupaan dengan realitas dan memuat nilai berpikir kritis, kemandirian, dan kewargaan. Indeks menunjukkan hubungan sebab-akibat yang menandai perjuangan dan keteguhan tokoh, mencerminkan nilai kemandirian dan keimanan. Sementara itu, simbol yang terdiri atas simbol konvensional, aksidental, dan universal, memperlihatkan nilai-nilai spiritual, budaya, dan kemanusiaan seperti keimanan, cinta tanah air, dan komunikasi. Nilai-nilai pendidikan karakter yang ditemukan pada ikon, indeks, dan simbol akan memberi kontribusi dalam pembelajaran sastra di sekolah.
Downloads
References
Ahyar, Juni. 2019. Apa Itu Sastra Jenis-Jenis Karya Sastra dan Bagaimanakah Cara Menulis dan Mengapresiasi Sastra. Yogyakarta: Deepublish Publisher.
Alfathoni, Muhammad Ali Mursid (Ed). 2020. PengantarTeori Semiotika. Bandung: CV. Media Sains Indonesia.
Amalia, Arisni Kholifatu dan Icha Fadhilasari. 2022. Sastra Indonesia Untuk Pelajar dan Umum. Bandung: PT. Indonesia Emas Group
Didipu, Herman dan Rachmi Masie. 2020. Sastra Anak: Apresiasi, Kajian, dan Pembelajarannya. Gorontalo: Ideas Publishing.
Fatimah. 2020. Semiotika dalam Kajian Iklan Layanan Masyarakat (ILM). Gowa: Tallasa Media.
Firmansyah, Siddik. 2022. Pemikiran Filsafat Semiotika Dalam Pemahaman Charles Sanders Peirce Dan Contohnya. Jurnal Al-Kauniyah, (Online), Vol.3, No24, (https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/alkauniyah/article/view/877, dikases 12 Mei 2025). DOI: https://doi.org/10.56874/alkauniyah.v3i2.877
Gunawan, Heri. 2022. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alvabeta.
Haslinda. 2022. Teori Sastra Memahami Genre Puisi, Prosa Fiksi dan Drama/Teater. Makassar: LPP Unismuh Makassar.
Hidayat, Rahmat dan Abdillah. 2019. Ilmu Pendidikan Konsep, Teori dan Aplikasinya. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).
Jabrohim. 2017. Teori Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Karmila, Mila dkk. 2021. Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Tiga Matahari Karya Prito Windiarto. Jurnal Educatio, (Online), Vol.7, No.4, (https://ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/view/1731, dikases 12 Mei 2025).
Kartika, Elsa Widia dan Ahmad Supena. 2024. Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce dalam Novel “Pasung Jiwa” Karya Okky Madasari. Pena Literasi. (Online), (: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/penaliterasi, dikases 12 Mei 2025). DOI: https://doi.org/10.24853/pl.7.1.94-101
Kartikasari, Apri dan Edy Suprapto. 2018. Kajian Kesusastraan (Sebuah Pengantar). Magetan: CV. AE Media Grafika.
Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Nomor 008/H/Kr/2022 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka. 2022. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Krissandi dkk. 2018. Sastra Anak: Media Pembelajaran Bahasa Anak. Yogyakarta: Bakul Buku Indonesia.
Kurniawan Khaerudin. 2018. Metode Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.
Magdalena dkk. 2021. Metode Penelitian untuk Penulisan Laporan Penelitian dalam Ilmu Pendidikan Agama Islam. Bengkulu: Buku Literasiologi.
Millah, Ahmad Sihabul. 2022. Semiotika Al-Quran Mohammad Arkoun. Sleman: Lintang Books.
Muhammadiah. 2017. Setajam Bahasa Jurnalistik: Analisa Semiotika Teks Berita dalam Surat Kabar. Yogyakarta: Pustaka AQ Publishing House
Nasution, Abdul Fattah. 2023. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Harfa Creative.
Ningsih, Tutuk. 2021. Pendidikan Karakter Teori & Praktik. Banyumas: CV. Rumah Kreatif Wadas Kelir.
Pabichara, Khrisna. 2017. Jenderal Kambing. Banten: Excange Publishing Your Idea PT Kaurama Buana Antara.
Ramli, Nurleli. 2020. Pendidikan Karakter Implementasi Pembelajaran IPS Menengah Pertama. Parepare: IAIN Parepare Nusantara Press.
Samsuddin. 2023. Integrasi Nilai Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Sebagai Pengembangan Mental Peserta Didik di SMP Negeri 4 Bontoramba Kabupaten Jeneponto. Tesis tidak diterbitkan. Makassar: Unismuh Makassar.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kualitatif untuk Penelitian yang Bersifat: Eksploratif, Enterpretif, Interaktif, dan Konstruktif. Bandung: Alfabeta.
Suryabrata, Sumadi. 2021. Metodologi Penelitian. Depok: Rajawali Pers.
Suwardani, Ni Putu. 2020. Quo Vadis Pendidikan Karakter dalam Merajut Harapan Bangsa yang Bermartabat. Bali: UNHI Press.
Suarta, I Made. 2022. Pengantar Bahasa dan Sastra Indonesia: Sejarah dan Perkembangannya. Denpasar: Pustaka Larasan.
Syukur, Taufik Abdillah. 2024. Strategi Penerapan Pendidikan Karakter Di Sekolah Islam. Yogyakarta: KBM Indonesia.
Taufik, Mukhammad dkk. 2024. Analisis Semiotika Charles Sanders Pierce dalam Novel “Berjuta Rasanya” Karya Tere Liye. Jurnal Bima: Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan bahasa dan Sastra, (Online), Vol.2, No.4, (https://journal.aripi.or.id/index.php/Bima/article/view/1370, dikases 12 Mei 2025). DOI: https://doi.org/10.61132/bima.v2i4.1370
Umaya, Nazla Maharani dan Harjito.2017. Penelitian Pembelajaran Sastra. Semarang: Universitas PGRI Semarang Press.
Widiansyah, Apriyanti. 2020. Pengantar Kapita Selekta Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: Mer-C Publishing.
Widayati, Sri. 2020. Buku Ajar Kajian Prosa Fiksi. Buton: LPPM Universitas Muhammadiyah Buton Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2025 Anas Anas, Andi Sukri Syamsuri, Haslinda Haslinda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.









