Wujud Ikon, Indeks, dan Simbol sebagai Penanda Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Jenderal Kambing Karya Khrisna Pabichara

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i4.7255

Authors

  • Anas Anas Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Andi Sukri Syamsuri Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Haslinda Haslinda Universitas Muhammadiyah Makassar

Keywords:

semiotika, ikon, indeks, simbol, pendidikan karakter

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan wujud ikon, indeks, dan simbol sebagai penanda nilai pendidikan karakter dalam novel Jenderal Kambing karya Khrisna Pabichara dengan menggunakan teori semiotika Charles Sanders Peirce. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan deskriptif dengan desain deskriptif kualitatif. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode kepustakaan. Data penelitian berupa kata, frasa, dan kalimat yang mengandung tanda-tanda semiotik dalam novel. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 191 wujud tanda yang terdiri atas ikon, indeks, dan simbol, yang setelah direduksi menjadi 101 data yang mengandung nilai-nilai pendidikan karakter. Ikon dalam novel ini berfungsi menggambarkan keserupaan dengan realitas dan memuat nilai berpikir kritis, kemandirian, dan kewargaan. Indeks menunjukkan hubungan sebab-akibat yang menandai perjuangan dan keteguhan tokoh, mencerminkan nilai kemandirian dan keimanan. Sementara itu, simbol yang terdiri atas simbol konvensional, aksidental, dan universal, memperlihatkan nilai-nilai spiritual, budaya, dan kemanusiaan seperti keimanan, cinta tanah air, dan komunikasi. Nilai-nilai pendidikan karakter yang ditemukan pada ikon, indeks, dan simbol akan memberi kontribusi dalam pembelajaran sastra di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahyar, Juni. 2019. Apa Itu Sastra Jenis-Jenis Karya Sastra dan Bagaimanakah Cara Menulis dan Mengapresiasi Sastra. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Alfathoni, Muhammad Ali Mursid (Ed). 2020. PengantarTeori Semiotika. Bandung: CV. Media Sains Indonesia.

Amalia, Arisni Kholifatu dan Icha Fadhilasari. 2022. Sastra Indonesia Untuk Pelajar dan Umum. Bandung: PT. Indonesia Emas Group

Didipu, Herman dan Rachmi Masie. 2020. Sastra Anak: Apresiasi, Kajian, dan Pembelajarannya. Gorontalo: Ideas Publishing.

Fatimah. 2020. Semiotika dalam Kajian Iklan Layanan Masyarakat (ILM). Gowa: Tallasa Media.

Firmansyah, Siddik. 2022. Pemikiran Filsafat Semiotika Dalam Pemahaman Charles Sanders Peirce Dan Contohnya. Jurnal Al-Kauniyah, (Online), Vol.3, No24, (https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/alkauniyah/article/view/877, dikases 12 Mei 2025). DOI: https://doi.org/10.56874/alkauniyah.v3i2.877

Gunawan, Heri. 2022. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alvabeta.

Haslinda. 2022. Teori Sastra Memahami Genre Puisi, Prosa Fiksi dan Drama/Teater. Makassar: LPP Unismuh Makassar.

Hidayat, Rahmat dan Abdillah. 2019. Ilmu Pendidikan Konsep, Teori dan Aplikasinya. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).

Jabrohim. 2017. Teori Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Karmila, Mila dkk. 2021. Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Tiga Matahari Karya Prito Windiarto. Jurnal Educatio, (Online), Vol.7, No.4, (https://ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/view/1731, dikases 12 Mei 2025).

Kartika, Elsa Widia dan Ahmad Supena. 2024. Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce dalam Novel “Pasung Jiwa” Karya Okky Madasari. Pena Literasi. (Online), (: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/penaliterasi, dikases 12 Mei 2025). DOI: https://doi.org/10.24853/pl.7.1.94-101

Kartikasari, Apri dan Edy Suprapto. 2018. Kajian Kesusastraan (Sebuah Pengantar). Magetan: CV. AE Media Grafika.

Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Nomor 008/H/Kr/2022 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka. 2022. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Krissandi dkk. 2018. Sastra Anak: Media Pembelajaran Bahasa Anak. Yogyakarta: Bakul Buku Indonesia.

Kurniawan Khaerudin. 2018. Metode Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.

Magdalena dkk. 2021. Metode Penelitian untuk Penulisan Laporan Penelitian dalam Ilmu Pendidikan Agama Islam. Bengkulu: Buku Literasiologi.

Millah, Ahmad Sihabul. 2022. Semiotika Al-Quran Mohammad Arkoun. Sleman: Lintang Books.

Muhammadiah. 2017. Setajam Bahasa Jurnalistik: Analisa Semiotika Teks Berita dalam Surat Kabar. Yogyakarta: Pustaka AQ Publishing House

Nasution, Abdul Fattah. 2023. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Harfa Creative.

Ningsih, Tutuk. 2021. Pendidikan Karakter Teori & Praktik. Banyumas: CV. Rumah Kreatif Wadas Kelir.

Pabichara, Khrisna. 2017. Jenderal Kambing. Banten: Excange Publishing Your Idea PT Kaurama Buana Antara.

Ramli, Nurleli. 2020. Pendidikan Karakter Implementasi Pembelajaran IPS Menengah Pertama. Parepare: IAIN Parepare Nusantara Press.

Samsuddin. 2023. Integrasi Nilai Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Sebagai Pengembangan Mental Peserta Didik di SMP Negeri 4 Bontoramba Kabupaten Jeneponto. Tesis tidak diterbitkan. Makassar: Unismuh Makassar.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kualitatif untuk Penelitian yang Bersifat: Eksploratif, Enterpretif, Interaktif, dan Konstruktif. Bandung: Alfabeta.

Suryabrata, Sumadi. 2021. Metodologi Penelitian. Depok: Rajawali Pers.

Suwardani, Ni Putu. 2020. Quo Vadis Pendidikan Karakter dalam Merajut Harapan Bangsa yang Bermartabat. Bali: UNHI Press.

Suarta, I Made. 2022. Pengantar Bahasa dan Sastra Indonesia: Sejarah dan Perkembangannya. Denpasar: Pustaka Larasan.

Syukur, Taufik Abdillah. 2024. Strategi Penerapan Pendidikan Karakter Di Sekolah Islam. Yogyakarta: KBM Indonesia.

Taufik, Mukhammad dkk. 2024. Analisis Semiotika Charles Sanders Pierce dalam Novel “Berjuta Rasanya” Karya Tere Liye. Jurnal Bima: Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan bahasa dan Sastra, (Online), Vol.2, No.4, (https://journal.aripi.or.id/index.php/Bima/article/view/1370, dikases 12 Mei 2025). DOI: https://doi.org/10.61132/bima.v2i4.1370

Umaya, Nazla Maharani dan Harjito.2017. Penelitian Pembelajaran Sastra. Semarang: Universitas PGRI Semarang Press.

Widiansyah, Apriyanti. 2020. Pengantar Kapita Selekta Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: Mer-C Publishing.

Widayati, Sri. 2020. Buku Ajar Kajian Prosa Fiksi. Buton: LPPM Universitas Muhammadiyah Buton Press.

Published

2025-11-21

How to Cite

Anas, A., Andi Sukri Syamsuri, & Haslinda, H. (2025). Wujud Ikon, Indeks, dan Simbol sebagai Penanda Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Jenderal Kambing Karya Khrisna Pabichara . Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(4), 4935–4944. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i4.7255