Perencanaan Pembelajaran Menulis Cerita Inspiratif Bermedia Qwen2.5-Max dan Seesaw di SMK

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i4.7208

Authors

  • Janatin Alfafa Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Laili Etika Rahmawati Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Main Sufanti Universitas Muhammadiyah Surakarta

Keywords:

perencanaan pembelajaran; teks biografi; Qwen2.5-Max; Seesaw; cerita inspiratif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perencanaan pembelajaran menulis cerita inspiratif dengan memanfaatkan teks biografi sebagai materi utama, yang dikombinasikan dengan penggunaan teknologi kecerdasan buatan (AI) berupa Qwen2.5-Max dan platform digital Seesaw dalam konteks pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis siswa SMK, terutama dalam menyusun teks yang bernilai inspiratif dan struktur narasi yang baik. Pendekatan yang digunakan adalah Project-Based Learning (PBL) dan Contextual Teaching and Learning (CTL), yang membantu siswa mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, serta literasi digital. Teks biografi dipilih sebagai sumber utama karena mampu menumbuhkan nilai-nilai karakter, seperti kerja keras, ketekunan, kepemimpinan, dan empati. Selain itu, Qwen2.5-Max dimanfaatkan sebagai asisten kecerdasan buatan (AI) untuk mengeksplorasi informasi biografi dan menyusun struktur tulisan, sedangkan Seesaw digunakan sebagai platform digital untuk mempublikasikan hasil karya siswa dalam bentuk teks maupun video narasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul ajar yang dirancang oleh guru Bahasa Indonesia kelas X di SMK Tunas Bangsa Tawangsari telah selaras dengan seluruh komponen struktural kurikulum merdeka, meliputi informasi umum, capaian pembelajaran, profil Pelajar Pancasila, kompetensi awal, sarana dan prasarana (termasuk Qwen2.5-Max dan Seesaw), model pembelajaran (PLB dan CTL), langkah-langkah pembelajaran, asesmen (diagnostic, formatif, dan sumatif), remedial, pengayaan, dan lampiran. Secara subtantif, modul tersebut mengintegrasikan teks biografi teks cerita inspiratif seperti R.A. Kartini, Najwa Shihab, Tere Liye, dan Wikan Sakarinto dalam capaian pembelajaran, tujuan pembelajaran, dan Profil Pelajar Pancasila untuk menanamkan nilai karakter. Qwen2.5-Max digunakan sebagai alat bantu eksplorasi informasi dan penyusunan struktur narasi, sementara Seesaw berfungsi digunakan sebagai media publikasi digital sekaligus sarana refleksi dan umpan balik. Asesmen dalam modul juga berbasis proyek dan mengacu pada kriteria Profil Pelajar Pancasila, dengan rubric yang menilai aspek linguistic maupun non-kognitif (karaker, kreativitas, kolaborasi). Dengan demikian modul ini tidak hanya selaras secara struktural dengan Kurikulum Merdeka, tetapi jugamewujudkan integrasi holistic antara penguatan literasi menulis, pembentuk karakter, dan literasi digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Barrett, H. (2022). Digital portfolios and student voice in Seesaw. Journal of Digital Literacy, 12(2), 89–103.

Bell, S. (2010). Project-Based Learning for the 21st Century: Skills for the Future. The Clearing House, 83(2), 39–43. https://doi.org/10.1080/00098650903505415 DOI: https://doi.org/10.1080/00098650903505415

DataCamp. (2025). Qwen2.5-Max Outperforms Competitors on LiveBench and Arena-Hard Benchmarks. https://qwenlm.github.io/blog/qwen2.5-max/

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2022). Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia Fase E: Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kemdikbudristek.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2023). 26 Episode Merdeka Belajar Kemendikbudristek. https://kspstendik.dikdasmen.go.id/berita/detail/26-episode-merdeka-belajar-kemendikbudristek

Kosasih, E. (2017). Bahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas X Kelompok Wajib. Jakarta: Erlangga.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook (2nd ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.

Moleong, L. J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.

OECD. (2021). 21st-century readers: Developing literacy skills in a digital world. OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/a83d84cb-en DOI: https://doi.org/10.1787/a83d84cb-en

Prabowo, S., & Gibran, R. (2024). Astacita: Visi-Misi dan Program Strategis Prabowo-Gibran. https://prabowogibran2024.id:contentReference[oaicite:1]{index=1}

QwenLM. (2025). Qwen2.5-Max: A generative AI for structured writing in education. https://qwenlm.github.io

Rahmawati, T. (2019). Kesulitan siswa SMK dalam menulis cerita inspiratif. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 10(2), 124–132.

Seesaw Learning Platform. (2025). Home – Seesaw. https://seesaw.com

Sugianto, A., & Cahyani, N. (2023). Integrasi nilai karakter dalam pembelajaran menulis narasi berbasis biografi. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 7(2), 214–225. https://doi.org/10.30872/diglosia.v7i2.1077

Supriyanto, D., & Fatimah, K. (2022). Penggunaan Seesaw dalam meningkatkan keterampilan menulis naratif siswa SMK. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 6(4), 445–457. https://doi.org/10.30872/diglosia.v6i4.1085

Syafrizal, M., & Marlina, R. (2021). Pemanfaatan AI dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Teknologi Pendidikan Indonesia, 9(1), 54–63. https://doi.org/10.23887/jtpi.v9i1.44782

Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran. (2024). Visi-Misi dan Program Strategis Prabowo-Gibran: Astacita. https://prabowogibran2024.id

Wibowo, S. P., & Setiawan, A. (2023). Refleksi digital melalui Seesaw dalam pembelajaran menulis. Jurnal Literasi Digital, 3(2), 112–122. https://doi.org/10.24853/jld.3.2.112

Widiyanto, R., Zulaeha, I., & Wagiran, W. (2023). Analisis kebutuhan modul pembelajaran keterampilan menulis teks deskripsi berwawasan kebinekaan global. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 6(3), 549–558. https://doi.org/10.30872/diglosia.v6i3.918 DOI: https://doi.org/10.30872/diglosia.v6i2.673

Yin, R. K. (2018). Case Study Research and Applications: Design and Methods (6th ed.). SAGE Publications.

Zhang, H., Li, J., & Chen, Z. (2023). Qwen2.5-Max: A generative AI for structured writing in language learning. AI Research Journal, 9(3), 221–234. https://doi.org/10.1016/j.airj.2023.03.005

Zulherman, Z., Indriani, Y., & Suharjo, S. (2022). Pengaruh platform digital terhadap keterampilan menulis siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan Indonesia, 14(1), 15–28. https://doi.org/10.23887/jtpi.v14i1.51232

Zulfikar, M., & Fadilah, L. (2022). Strategi literasi berbasis proyek dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Kurikulum dan Pembelajaran Indonesia, 10(2), 80–95. https://doi.org/10.21009/jkpi.102.08

Published

2025-11-19

How to Cite

Alfafa, J., Laili Etika Rahmawati, & Main Sufanti. (2025). Perencanaan Pembelajaran Menulis Cerita Inspiratif Bermedia Qwen2.5-Max dan Seesaw di SMK. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(4), 4802–4824. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i4.7208

Issue

Section

Articles

Categories