Perencanaan Pembelajaran Menulis Cerita Inspiratif Bermedia Qwen2.5-Max dan Seesaw di SMK
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i4.7208
Keywords:
perencanaan pembelajaran; teks biografi; Qwen2.5-Max; Seesaw; cerita inspiratifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perencanaan pembelajaran menulis cerita inspiratif dengan memanfaatkan teks biografi sebagai materi utama, yang dikombinasikan dengan penggunaan teknologi kecerdasan buatan (AI) berupa Qwen2.5-Max dan platform digital Seesaw dalam konteks pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis siswa SMK, terutama dalam menyusun teks yang bernilai inspiratif dan struktur narasi yang baik. Pendekatan yang digunakan adalah Project-Based Learning (PBL) dan Contextual Teaching and Learning (CTL), yang membantu siswa mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, serta literasi digital. Teks biografi dipilih sebagai sumber utama karena mampu menumbuhkan nilai-nilai karakter, seperti kerja keras, ketekunan, kepemimpinan, dan empati. Selain itu, Qwen2.5-Max dimanfaatkan sebagai asisten kecerdasan buatan (AI) untuk mengeksplorasi informasi biografi dan menyusun struktur tulisan, sedangkan Seesaw digunakan sebagai platform digital untuk mempublikasikan hasil karya siswa dalam bentuk teks maupun video narasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul ajar yang dirancang oleh guru Bahasa Indonesia kelas X di SMK Tunas Bangsa Tawangsari telah selaras dengan seluruh komponen struktural kurikulum merdeka, meliputi informasi umum, capaian pembelajaran, profil Pelajar Pancasila, kompetensi awal, sarana dan prasarana (termasuk Qwen2.5-Max dan Seesaw), model pembelajaran (PLB dan CTL), langkah-langkah pembelajaran, asesmen (diagnostic, formatif, dan sumatif), remedial, pengayaan, dan lampiran. Secara subtantif, modul tersebut mengintegrasikan teks biografi teks cerita inspiratif seperti R.A. Kartini, Najwa Shihab, Tere Liye, dan Wikan Sakarinto dalam capaian pembelajaran, tujuan pembelajaran, dan Profil Pelajar Pancasila untuk menanamkan nilai karakter. Qwen2.5-Max digunakan sebagai alat bantu eksplorasi informasi dan penyusunan struktur narasi, sementara Seesaw berfungsi digunakan sebagai media publikasi digital sekaligus sarana refleksi dan umpan balik. Asesmen dalam modul juga berbasis proyek dan mengacu pada kriteria Profil Pelajar Pancasila, dengan rubric yang menilai aspek linguistic maupun non-kognitif (karaker, kreativitas, kolaborasi). Dengan demikian modul ini tidak hanya selaras secara struktural dengan Kurikulum Merdeka, tetapi jugamewujudkan integrasi holistic antara penguatan literasi menulis, pembentuk karakter, dan literasi digital.
Downloads
References
Barrett, H. (2022). Digital portfolios and student voice in Seesaw. Journal of Digital Literacy, 12(2), 89–103.
Bell, S. (2010). Project-Based Learning for the 21st Century: Skills for the Future. The Clearing House, 83(2), 39–43. https://doi.org/10.1080/00098650903505415 DOI: https://doi.org/10.1080/00098650903505415
DataCamp. (2025). Qwen2.5-Max Outperforms Competitors on LiveBench and Arena-Hard Benchmarks. https://qwenlm.github.io/blog/qwen2.5-max/
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2022). Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia Fase E: Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kemdikbudristek.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2023). 26 Episode Merdeka Belajar Kemendikbudristek. https://kspstendik.dikdasmen.go.id/berita/detail/26-episode-merdeka-belajar-kemendikbudristek
Kosasih, E. (2017). Bahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas X Kelompok Wajib. Jakarta: Erlangga.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook (2nd ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.
Moleong, L. J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.
OECD. (2021). 21st-century readers: Developing literacy skills in a digital world. OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/a83d84cb-en DOI: https://doi.org/10.1787/a83d84cb-en
Prabowo, S., & Gibran, R. (2024). Astacita: Visi-Misi dan Program Strategis Prabowo-Gibran. https://prabowogibran2024.id:contentReference[oaicite:1]{index=1}
QwenLM. (2025). Qwen2.5-Max: A generative AI for structured writing in education. https://qwenlm.github.io
Rahmawati, T. (2019). Kesulitan siswa SMK dalam menulis cerita inspiratif. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 10(2), 124–132.
Seesaw Learning Platform. (2025). Home – Seesaw. https://seesaw.com
Sugianto, A., & Cahyani, N. (2023). Integrasi nilai karakter dalam pembelajaran menulis narasi berbasis biografi. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 7(2), 214–225. https://doi.org/10.30872/diglosia.v7i2.1077
Supriyanto, D., & Fatimah, K. (2022). Penggunaan Seesaw dalam meningkatkan keterampilan menulis naratif siswa SMK. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 6(4), 445–457. https://doi.org/10.30872/diglosia.v6i4.1085
Syafrizal, M., & Marlina, R. (2021). Pemanfaatan AI dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Teknologi Pendidikan Indonesia, 9(1), 54–63. https://doi.org/10.23887/jtpi.v9i1.44782
Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran. (2024). Visi-Misi dan Program Strategis Prabowo-Gibran: Astacita. https://prabowogibran2024.id
Wibowo, S. P., & Setiawan, A. (2023). Refleksi digital melalui Seesaw dalam pembelajaran menulis. Jurnal Literasi Digital, 3(2), 112–122. https://doi.org/10.24853/jld.3.2.112
Widiyanto, R., Zulaeha, I., & Wagiran, W. (2023). Analisis kebutuhan modul pembelajaran keterampilan menulis teks deskripsi berwawasan kebinekaan global. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 6(3), 549–558. https://doi.org/10.30872/diglosia.v6i3.918 DOI: https://doi.org/10.30872/diglosia.v6i2.673
Yin, R. K. (2018). Case Study Research and Applications: Design and Methods (6th ed.). SAGE Publications.
Zhang, H., Li, J., & Chen, Z. (2023). Qwen2.5-Max: A generative AI for structured writing in language learning. AI Research Journal, 9(3), 221–234. https://doi.org/10.1016/j.airj.2023.03.005
Zulherman, Z., Indriani, Y., & Suharjo, S. (2022). Pengaruh platform digital terhadap keterampilan menulis siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan Indonesia, 14(1), 15–28. https://doi.org/10.23887/jtpi.v14i1.51232
Zulfikar, M., & Fadilah, L. (2022). Strategi literasi berbasis proyek dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Kurikulum dan Pembelajaran Indonesia, 10(2), 80–95. https://doi.org/10.21009/jkpi.102.08
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2025 Janatin Alfafa, Laili Etika Rahmawati, Main Sufanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.









