Konflik Tokoh sebagai Cermin Problematika Sosial Remaja dalam Antologi Cerpen Piala Di Atas Dangau Karya Siswa SMP
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i4.7206
Keywords:
konflik tokoh, problematika sosial remaja, dan antologi cerpen Piala di Atas DangauAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi konflik tokoh yang muncul dalam antologi cerita pendek Piala Di Atas Dangau untuk melihat cermin problematika sosial remaja. Penelitian ini menggunakan teori struktural dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kepustakaan atau studi pustaka. Metode analisis data yang gunakan analisis isi. Sumber data dalam penelitian ini adalah tiga cerpen dari sepuluh antologi cerpen Piala di Atas Dangau yang dirasa paling relevan menggambarkan problematika sosial remaja. Data penelitian ini berupa kutipan teks yang terdapat dalam tiga cerpen tersebut yang mengandung konflik tokoh. Hasil analisis konflik tokoh antara lain adalah adanya konflik internal dan eksternal pada cerpen Langit Jingga Ibu yang mencerminkan problematika remaja berupa (1) tekanan ekonomi keluarga, (2) krisis identitas dan harga diri, dan (3) konflik komunikasi dengan orang tua. Pada cerpen Mutiara di Balik Randengan terdapat konflik internal dan eksternal yang mencerminkan problematika remaja berupa (1) konflik identitas, (2) penolakan keluarga, dan (3) stigma sosial dan perasaan malu. Pada cerpen Suntiang muncul konflik internal dan eksternal yang mencerminkan problematika remaja berupa (1) beban ekonomi keluarga, (2) tekanan peran gender, dan (3) marginalisasi budaya tradisional.
Downloads
References
Adlina; Moch. Syahri; Didin Widyartono (2025) Implementasi Pembelajaran Materi Cerita Pendek Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP di Kabupaten Bondowoso. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra, Vol. 11, No. 2, 2025 DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v11i2.5449
Affendi,Nik Rafidah Nik Muhamad. (2016)Pengurusan Konflik dalam Cerita Rakyat Nusantara Abad ke-19. International Journal of the Malay World and Civilisation (Iman) 4(2), 2016: 37 - 43 (http://dx.doi.org/10.17576/IMAN-2016-0402-04)
Crocker, J., Major, B., & Steele, C. (1998). “Social Stigma.” In D.T. Gilbert, S.T. Fiske, & G. Lindzey (Eds.), The Handbook of Social Psychology (4th ed., Vol. 2, pp. 504–553). New York: McGraw-Hill.
Damayanti, Intan; Paisal Hata dan Mardiah Hayati. (2024) Konflik dalam Cerpen “Istri yang Sempurna” Karya Aveus Har. Jurnal Media Akademik (JMA) Vol.2, No.1 Januari 2024 e-ISSN: 3031-5220, Hal 1695-1706
Erikson, E. H. (1968). Identity: Youth and Crisis. New York: W. W. Norton.
Hobsbawm, E., & Ranger, T. (1983). The Invention of Tradition. Cambridge: Cambridge University Press.
Hurlock, E. B. (1990). Developmental Psychology: A Life-Span Approach. New York: McGraw-Hill.
Kartono, K. (1986). Psikologi Remaja. Bandung: Mandar Maju.
Krippendorff, K. (2013). Content Analysis: An Introduction to Its Methodology. California: Sage Publications.
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nurgiyantoro, B. (2010). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Oakley, A. (1972). Sex, Gender and Society. London: Temple Smith.
Perwiratama, Anang; Mukh Doyin dan Sumartini (2013) Bentuk Konflik dalam Kumpulan Cerpen Kembang-Kembang Genjer Karya Fransisca Ria Susanti. Jurnal Sastra Indonesia JSI 2 (1) (2013).
Prismadewi, Oppy (2015) Pengembangan Bahan Ajar Memahami Teks Cerpen Bermuatan Pendidikan Karakter di SMP/Mts Kelas VII. Thesis Universitas Negeri Malang. Malang.
Roekhan. (1991) Penulisan Kreatif Sastra (Buku Penunjang Perkuliahan). Malang. Universitas Negeri Malang
Sarwono, S. W. (2018). Psikologi Remaja. Jakarta: Rajawali Pers.
Saryono, Djoko (1996) Pengantar Apresiasi Sastra (Edisi Revisi). Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Institut Keguruan dan Pendidikan Malang. Malang. IKIP Malang.
Saskia, Febi; Dian Hartati dan Suntoko. (2023)Konflik Sosial dalam Kumpulan Cerpen Juragan Haji Karya Helvy Tiana Rosa. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol. 12 No. 2 Juli 2023 http://jurnal.umt.ac.id/index.php/lgrm DOI: https://doi.org/10.31000/lgrm.v12i2.8769
Sayuti, Suminto A. (2000). Berkenalan dengan Prosa Fiksi. Yogyakarta: Gama Media.
Siswanto, Wahyudi. (2014) Cara Menulis Cerita. Malang: Aditya Media Publishing
Stanton, R. (2022). Teori Fiksi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wellek, René & Warren, Austin. (1993). Teori Kesusastraan. (Terjemahan Melani Budianta). Jakarta: Gramedia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2025 Shofa Ul Aini, Roekhan Roekhan, Djoko Saryono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.









