Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Animasi Powtoon terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Inferensial Siswa Kelas IV UPT SPF SDN Gunung Sari I

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i4.7178

Authors

  • Nur Abidah Idrus Universitas Negeri Makassar
  • Sahrial Laami Universitas Negeri Makassar
  • Khaerunnisa Khaerunnisa Universitas Negeri Makassar
  • Abd. Rahim Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Animasi, Media, Membaca , Pembelajaran, Powtoon

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kemampuan membaca pemahaman inferensial siswa sebelum dan sesudah menggunakan media animasi Powtoon, (2) perbedaan kemampuan membaca pemahaman inferensial sebelum dan sesudah pembelajaran, serta (3) pengaruh penggunaan media animasi Powtoon terhadap kemampuan membaca pemahaman inferensial siswa kelas IV. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimen. Desain dalam penelitian ini yaitu one group pre-test dan post-test design dengan subjek penelitian adalah 27 siswa kelas IV UPT SPF SDN Gunung Sari I yang dipilih menggunakan teknik total sampling. Hasil uji normalitas menggunakan uji  statistik Kolmogorov-Smirnov dan uji statistik Shapiro-Wilk menunjukkan bahwa data tidak berdistribusi normal (p < 0,05), sehingga analisis perbedaan skor pre-test dan post-test dilakukan dengan menggunakan uji non-parametrik Wilcoxon Signed Rank Test dengan bantuan program IBM SPSS Statistics 24. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, uji analisis inferensial dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca pemahaman inferensial siswa sebelum diberikan perlakuan (pre-test) berada pada kategori cukup, sedangkan setelah pembelajaran menggunakan media animasi Powtoon (post-test), kemampuan membaca pemahaman inferensial siswa meningkat dan berada pada kategori sangat baik. Terjadi peningkatan skor individu dari pre-test ke post-test yang menunjukkan perubahan positif. Nilai rata-rata skor meningkat hasil uji Wilcoxon Signed Rank Test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 (< 0,05), yang berarti terdapat  perbedaan signifikan antara hasil pre-test dan post-test. Penelitian ini memberikan kontribusi empiris terhadap pengembangan strategi pembelajaran berbasis media digital di sekolah dasar dan dapat menjadi acuan bagi guru dalam merancang pembelajaran yang lebih interaktif, menarik, dan sesuai dengan karakteristik siswa abad ke-21 yang akrab dengan teknologi digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Atapukan, E. R. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Animasi Berbasis Powtoon Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Terpadu Di Smp Nergeri 1 Bontonompo Kabupaten Gowa. DOI: https://doi.org/10.15294/sosiolium.v1i1.29898

Akrim. (2020). Media Learning in Digital Era. Proceedings of 5th International Conference Community Development (AMCA 2018), Vol. 231, 458-460. DOI: https://doi.org/10.2991/amca-18.2018.127

Ananta Pramayshela, Erma Yanti Tanjung, Fitri Yantu Pasaribu, & Rinanti Ito Pohan. (2023). Upaya Meningkatkan Minat Membaca Pada Anak Kelas 4 Sd. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(3), 111–125. https://doi.org/10.55606/jubpi.v1i3.1611. DOI: https://doi.org/10.55606/jubpi.v1i3.1611

Andi Sadriani, M. Ridwan Said Ahmad, & Ibrahim Arifin. (2023). Peran Guru Dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan di Era Digital. Seminar Nasional Dies Natalis 62, 1, 32–37. https://doi.org/10.59562/semnasdies.v1i1.431. DOI: https://doi.org/10.59562/semnasdies.v1i1.431

Dalman. 2020. Keterampilan Membaca (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada).

Moto, M. M. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 20–28. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i1.16060. DOI: https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i1.16060

Oktadiana, B. (2019). Analisis kesulitan belajar membaca permulaan siswa kelas II pada mata pelajaran bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Munawariyah Palembang. Jurnal Ilmiah PGMI, 5(2), 143-164. DOI: https://doi.org/10.19109/jip.v5i2.3606

Rahili, Z., Hafizah, E., & Istyadji, M. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Powtoon Pada Materi Ekologi Dan Keanekaragaman Hayati Indonesia Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Smp. EDU PROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 6(1), 290–299. https://doi.org/10.29100/.v6i1.4308. DOI: https://doi.org/10.29100/.v6i1.4308

Supri, M. U., Nurindah, & Nawir, M. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Powtoon Terhadap Minat Belajar Siswa Sman 12 Bulukumba. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 45–55. https://doi.org/10.62388/jpdp.v3i1.274. DOI: https://doi.org/10.62388/jpdp.v3i1.274

Tari, E., & Hutapea, R. (2020). Kompetensi guru dalam pembelajaran abad 21. Jurnal Pendidikan Guru, 3(1), 1–7.

Tarigan. (2019). Membaca sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.

Published

2025-11-10

How to Cite

Nur Abidah Idrus, Sahrial Laami, Khaerunnisa, K., & Abd. Rahim. (2025). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Animasi Powtoon terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Inferensial Siswa Kelas IV UPT SPF SDN Gunung Sari I. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(4), 4554–4564. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i4.7178