Meningkatkan Pelafalan Bahasa Jerman melalui Aplikasi Busuu: Studi pada Siswa SMAN 10 Malang

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i4.7127

Authors

  • Putri Filiana Universitas Negeri Malang
  • Primardiana Hermilia Wijayati Universitas Negeri Malang

Keywords:

Fonem, Pelafalan, Busuu, Bahasa Jerman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan pelafalan menggunakan aplikasi Busuu pada pembelajar bahasa Jerman SMAN 10 Malang. Metode yang digunakan ialah deskriptif kuantitatif untuk mendeskripsikan penerapan aplikasi Busuu pada 28 peserta didik XI-I SMA Negeri 10 Malang. Data dikumpulkan melalui teknik angket dengan instrumen lembar angket yang digunakan untuk menjaring informasi tentang seberapa banyak percobaan siswa dalam melafalkan fonem asing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan aplikasi Busuu dapat meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Jerman terutama dalam pelafalan kata yang terkait dengan tema Familie dan Alltagsleben. Hasil latihan dapat memperbaiki kesalahan pelafalan fonem vokal [i:], [y:], [ı], [Y], [e:], [ø;], [ɛ:], [ɛ], [œ], [a:], [u:], [ʊ], [o:], [ɔ], [aɪ], [aʊ], [ɔɪ], [ə], [ər] dan konsonan [v], [s], [ʃ], [ʒ], [ç], [pf], [ts], [tʃ], [dʒ].

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agusti, N. M., & Aslam. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Aplikasi Wordwall Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5794–5800. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3053 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3053

Al-Bahri, B. S., & Pujosusanto, A. (2023). Analisis Kesalahan Pelafalan Fonem Bahasa Jerman Peserta Didik Kelas X IPA 6 SMA Negeri 1 Driyorejo. Laterne, 12(1). DOI: https://doi.org/10.17977/um007v6i22022p201-214

Alifah, H. N., Virgianti, U., Sarin, M. I. Z., Hasan, D. A., Fakhriyah, F., & Ismaya, E. A. (2023). Systematic Literature Review: Pengaruh Media Pembelajaran Digital pada Pembelajaran Tematik Terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Ilmiah Dan Karya Mahasiswa, 1(3), 103–115. https://doi.org/10.54066/jikma.v1i3.463 DOI: https://doi.org/10.54066/jikma.v1i3.463

Alviana, R., Suwandi, & Setyorini, A. (2024). The Effectiveness of Duolingo and Busuu Apps to Improve English Vocabulary Mastery The Case of Second Grade Students of Ma Yarobi Grobogan. Ilmiah Pendidikan Holistik, 3(3), 179–188.

Andika, M. (2022). Peran Youtube Sebagai Inovasi dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Kemampuan Speaking. Jurnal Educatio, 8(4), 1595–1600. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.4044 DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.4044

Arrodhi, M. H. (2020). Pembelajaran Bahasa Arab dengan Aplikasi Busuu. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 5(1), 67–92.

Arthur, R., Luthfiana, Y., & Musalamah, S. (2019). Analisa Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Pada Mata Kuliah Mekanika Bahan di Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan Dan Sipil, 5(2), 38–44.

Aryandi, J., & Onsardi. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Cafe Wareg Bengkulu. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis, 1(1), 117–127. http://jurnal.imsi.or.id/index.php/jmmib/article/view/12

Dahlia, P., & Hermanto. (2024). Penerapan Belajar Bahasa Inggris Menggunakan Grammar Translation Method Di Smp Filial Usaha Jaya SMPN 4 Raja Ampat. Al-Khidmah: Jurnal Pengabdian Dan Pendampingan Masyarakat, 4(1), 64–72. https://doi.org/10.47945/al-khidmah.v4i1.1440 DOI: https://doi.org/10.47945/al-khidmah.v4i1.1440

Darmawan, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif.

Faathir, F., Sulthoni, S., & Praherdhiono, H. (2022). Analisis Kebutuhan Pengembangan Perangkat Lunak pada Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Mengatasi Masalah Pelafalan. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 7(1), 1–9. https://doi.org/10.17977/um039v7i12022p001 DOI: https://doi.org/10.17977/um039v7i12022p001

Firawati, Yolanda, A., & Kuswarini, P. (2023). Problematika Keterampilan Berbicara dalam Bahasa Jerman Siswa Kelas XI Sma Islam Al-Azhar 12 Makassar. Journal of Innovation Research and Knowledge, 3(1), 4659–4664.

Hidayatulloh, M. A. (2022). Analisis Sumber Belajar Bahasa Arab Berbasis Web untuk Meningkatkan Kemampuan HOTS. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2c), 804–811. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2c.639 DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2c.639

Huda, K. (2017). Pemanfatan Website (Busuu.Com) Sebagai Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. An Nabighoh Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Arab, 19(2), 286. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v19i2.1004 DOI: https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v19i2.1004

Ikhsandi, M. R. H., & Ramadan, Z. H. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1312–1320. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.3709 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.901

Jahrani, M. A., Salsabila, A., & Nurhaliza, A. A. (2023). Perbedaan Fonologi Bahasa Indonesia Dan Bahasa Jerman. Sintaksis : Publikasi Para Ahli Bahasa Dan Sastra Inggris, 1(4), 10–27. https://doi.org/10.61132/sintaksis.v1i4.208 DOI: https://doi.org/10.61132/sintaksis.v1i4.208

Julaikah, D. I., & Sholihah, D. R. (2023). Implementasi Aplikasi Busuu dalam Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Kelas XI IPA di SMAN 12 Surabaya. 12, 11.

Khanlar, G. H. (2024). Authentic Materials In Upper Courses Of Language Faculties: Use Of Language Learning Programs As An Important Factor. Educational Administration: Theory and Practice, 30(4), 216–219. https://doi.org/0.53555/kuey.v30i4.1438

Kusumawarni, B. E. (2023). Upaya Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Peserta Didik Kelas X MIPA 4 Melalui Kartu Domino Pada SMA Negeri 7 Mataram Tahun Pelajaran 2021/2022. Indonesian Journal of Teacher Education, 4(I), 17–23.

Miqawati, A. H., & Wijayanti, F. (2017). Optimalisasi Penggunaan Flashcards Melalui MALL (Mobile Assisted Language Learning ) pada Pengajaran Pronunciation. 179–183.

Muliyah, P., Imronah, A., Fathurohim, & Fernando, F. (2022). Pendampingan English Conversation Untuk Perangkat Desa Di Kabupaten Cilacap Melalui Busuu. Journal of Empowerment Community, 4(2), 76–82.

Muslich, M. (2024). Fonologi Bahasa Indonesia: Tinjauan Deskriptif Sistem Bunyi Bahasa Indonesia. In Rineka Cipta, Jakarta. Bumi Aksara.

Nugraha, Z. A. (2020). Kesalahan Pelafalan Fonem Bahasa Indonesia Oleh Pemelajar Asal Tiongkok. Batra, 6(1), 23–34. https://ojs.badanbahasa.kemdikbud.go.id/jurnal/index.php/batra/article/download/2156/1258

Nurfitriani, R., Hidayat, M. A., & Musradinur. (2022). Implementasi Metode Kitabah dan Metode Wahdah dalam Pembelajaran Tahfidz Siswa Sekolah Dasar. Pionir: Jurnal Pendidikan, 11(2), 87–99. https://doi.org/10.22373/pjp.v11i2.13642 DOI: https://doi.org/10.22373/pjp.v11i2.13642

Qalbi, U. N., Said, I. M., & Iswary, E. (2022). Analisis Kesalahan Pelafalan (Aussprache) Fonem Bahasa Jerman Di Kalangan Pelajar SMA: Kajian Komparatif. Media Bina Ilmiah, 17(1978), 331–344. http://binapatria.id/index.php/MBI/article/view/127%0Ahttps://binapatria.id/index.php/MBI/article/download/127/96

Rachmawan, N., & Wahyuningsih, F. (2021). Deutsch Domino Untuk Pengaktifan Kosakata Bahasa Jerman. Jurnal Laterne, 10(2), 1–9.

Ratnasari, E. M., & Zubaidah, E. (2019). Pengaruh Penggunaan Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Berbicara Anak. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 267–275. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p267-275 DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p267-275

Rustamana, A., Rohmah, N., Natasya, P. F., & Raihan, R. (2024). Konsep Proposal Penelitian dengan Jenis Penelitian Kualitatif Pendekatan Deskriptif. Cendekia Pendidikan, 5(5), 1–10.

Salamah, U., & Supriyatno, T. (2020). Innovations For Active Arabic With the Kitab Al-Wajiz Fillughoti Wa Nahwi. Ijaz Arabi Journal of Arabic Learning, 3(1), 107–120. https://doi.org/10.18860/ijazarabi.v3i1.8497 DOI: https://doi.org/10.18860/ijazarabi.v3i1.8497

Saragih, M., Sembiring, R. W., & Siregar, M. P. (2022). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Busuu dalam Peningkatan Kemampuan Berbahasa Inggris Dalam Pembelajaran Online Pada Kelas V SD Yabes School Medan. Jurnal Abdimas Maduma, 1(1), 11–16. https://doi.org/10.52622/jam.v1i1.61 DOI: https://doi.org/10.52622/jam.v1i1.61

Sari, M. P., Saparahayuningsih, S., & Indrawati. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Metode Bercakap-cakap Berbantuan Media Audio Visual Pada Kelompok A PAUD Pertiwi I Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(1), 18–21. https://doi.org/10.33369/jip.4.1.18-21 DOI: https://doi.org/10.33369/jip.4.1.18-21

Septiana, M., Hidayati, D., Rauf, A. S., & Ratnasari, D. (2022). Kepemimpinan Guru dalam Pembelajaran di Era Digital. Manajemen Pendidikan, 17(2), 101–116. https://doi.org/10.23917/jmp.v17i2.19354 DOI: https://doi.org/10.23917/jmp.v17i2.19354

Shibata, N. (2020). The Usefulness of Busuu Online Courses for Foreign Language Learning. Computer-Assisted Language Learning Electronic Journal, 21(2), 197–203.

Sudarmaji, D. E. (2018). An Effort in Improving the Speaking Skill in German for the Tenth Graders of the Social Class of Man Yogyakarta 2 Through the Snowball Throwing Technique. Pendidikan Bahasa Jerman.

Syahputri, A., & Samsul, S. (2022). Interferensi Kesalahan Pengucapan Fonem Bahasa Indonesia Terhadap Pengucapan Fonem Bahasa Jerman yang Dilafalkan Oleh Siswa Kelas XII Bahasa di SMA Negeri 1 Tarik Sidoarjo. Laterne, 11(2), 38–49.

Trubetzkoy, N. (1969). Principles of Phonology (pp. 1–352). DOI: https://doi.org/10.1007/978-94-011-9228-6_1

Xia, Y., Shin, S.-Y., & Kim, J.-C. (2024). Cross-Cultural Intelligent Language Learning System (CILS): Leveraging AI to Facilitate Language Learning Strategies in Cross-Cultural Communication. Applied Sciences (Switzerland), 14(13). https://doi.org/10.3390/app14135651 DOI: https://doi.org/10.3390/app14135651

Published

2025-11-15

How to Cite

Filiana, P., & Hermilia Wijayati, P. (2025). Meningkatkan Pelafalan Bahasa Jerman melalui Aplikasi Busuu: Studi pada Siswa SMAN 10 Malang. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(4), 4606–4617. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i4.7127