Meningkatkan Pelafalan Bahasa Jerman melalui Aplikasi Busuu: Studi pada Siswa SMAN 10 Malang
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i4.7127
Keywords:
Fonem, Pelafalan, Busuu, Bahasa JermanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan pelafalan menggunakan aplikasi Busuu pada pembelajar bahasa Jerman SMAN 10 Malang. Metode yang digunakan ialah deskriptif kuantitatif untuk mendeskripsikan penerapan aplikasi Busuu pada 28 peserta didik XI-I SMA Negeri 10 Malang. Data dikumpulkan melalui teknik angket dengan instrumen lembar angket yang digunakan untuk menjaring informasi tentang seberapa banyak percobaan siswa dalam melafalkan fonem asing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan aplikasi Busuu dapat meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Jerman terutama dalam pelafalan kata yang terkait dengan tema Familie dan Alltagsleben. Hasil latihan dapat memperbaiki kesalahan pelafalan fonem vokal [i:], [y:], [ı], [Y], [e:], [ø;], [ɛ:], [ɛ], [œ], [a:], [u:], [ʊ], [o:], [ɔ], [aɪ], [aʊ], [ɔɪ], [ə], [ər] dan konsonan [v], [s], [ʃ], [ʒ], [ç], [pf], [ts], [tʃ], [dʒ].
Downloads
References
Agusti, N. M., & Aslam. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Aplikasi Wordwall Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5794–5800. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3053 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3053
Al-Bahri, B. S., & Pujosusanto, A. (2023). Analisis Kesalahan Pelafalan Fonem Bahasa Jerman Peserta Didik Kelas X IPA 6 SMA Negeri 1 Driyorejo. Laterne, 12(1). DOI: https://doi.org/10.17977/um007v6i22022p201-214
Alifah, H. N., Virgianti, U., Sarin, M. I. Z., Hasan, D. A., Fakhriyah, F., & Ismaya, E. A. (2023). Systematic Literature Review: Pengaruh Media Pembelajaran Digital pada Pembelajaran Tematik Terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Ilmiah Dan Karya Mahasiswa, 1(3), 103–115. https://doi.org/10.54066/jikma.v1i3.463 DOI: https://doi.org/10.54066/jikma.v1i3.463
Alviana, R., Suwandi, & Setyorini, A. (2024). The Effectiveness of Duolingo and Busuu Apps to Improve English Vocabulary Mastery The Case of Second Grade Students of Ma Yarobi Grobogan. Ilmiah Pendidikan Holistik, 3(3), 179–188.
Andika, M. (2022). Peran Youtube Sebagai Inovasi dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Kemampuan Speaking. Jurnal Educatio, 8(4), 1595–1600. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.4044 DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.4044
Arrodhi, M. H. (2020). Pembelajaran Bahasa Arab dengan Aplikasi Busuu. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 5(1), 67–92.
Arthur, R., Luthfiana, Y., & Musalamah, S. (2019). Analisa Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Pada Mata Kuliah Mekanika Bahan di Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan Dan Sipil, 5(2), 38–44.
Aryandi, J., & Onsardi. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Cafe Wareg Bengkulu. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis, 1(1), 117–127. http://jurnal.imsi.or.id/index.php/jmmib/article/view/12
Dahlia, P., & Hermanto. (2024). Penerapan Belajar Bahasa Inggris Menggunakan Grammar Translation Method Di Smp Filial Usaha Jaya SMPN 4 Raja Ampat. Al-Khidmah: Jurnal Pengabdian Dan Pendampingan Masyarakat, 4(1), 64–72. https://doi.org/10.47945/al-khidmah.v4i1.1440 DOI: https://doi.org/10.47945/al-khidmah.v4i1.1440
Darmawan, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif.
Faathir, F., Sulthoni, S., & Praherdhiono, H. (2022). Analisis Kebutuhan Pengembangan Perangkat Lunak pada Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Mengatasi Masalah Pelafalan. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 7(1), 1–9. https://doi.org/10.17977/um039v7i12022p001 DOI: https://doi.org/10.17977/um039v7i12022p001
Firawati, Yolanda, A., & Kuswarini, P. (2023). Problematika Keterampilan Berbicara dalam Bahasa Jerman Siswa Kelas XI Sma Islam Al-Azhar 12 Makassar. Journal of Innovation Research and Knowledge, 3(1), 4659–4664.
Hidayatulloh, M. A. (2022). Analisis Sumber Belajar Bahasa Arab Berbasis Web untuk Meningkatkan Kemampuan HOTS. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2c), 804–811. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2c.639 DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2c.639
Huda, K. (2017). Pemanfatan Website (Busuu.Com) Sebagai Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. An Nabighoh Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Arab, 19(2), 286. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v19i2.1004 DOI: https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v19i2.1004
Ikhsandi, M. R. H., & Ramadan, Z. H. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1312–1320. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.3709 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.901
Jahrani, M. A., Salsabila, A., & Nurhaliza, A. A. (2023). Perbedaan Fonologi Bahasa Indonesia Dan Bahasa Jerman. Sintaksis : Publikasi Para Ahli Bahasa Dan Sastra Inggris, 1(4), 10–27. https://doi.org/10.61132/sintaksis.v1i4.208 DOI: https://doi.org/10.61132/sintaksis.v1i4.208
Julaikah, D. I., & Sholihah, D. R. (2023). Implementasi Aplikasi Busuu dalam Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Kelas XI IPA di SMAN 12 Surabaya. 12, 11.
Khanlar, G. H. (2024). Authentic Materials In Upper Courses Of Language Faculties: Use Of Language Learning Programs As An Important Factor. Educational Administration: Theory and Practice, 30(4), 216–219. https://doi.org/0.53555/kuey.v30i4.1438
Kusumawarni, B. E. (2023). Upaya Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Peserta Didik Kelas X MIPA 4 Melalui Kartu Domino Pada SMA Negeri 7 Mataram Tahun Pelajaran 2021/2022. Indonesian Journal of Teacher Education, 4(I), 17–23.
Miqawati, A. H., & Wijayanti, F. (2017). Optimalisasi Penggunaan Flashcards Melalui MALL (Mobile Assisted Language Learning ) pada Pengajaran Pronunciation. 179–183.
Muliyah, P., Imronah, A., Fathurohim, & Fernando, F. (2022). Pendampingan English Conversation Untuk Perangkat Desa Di Kabupaten Cilacap Melalui Busuu. Journal of Empowerment Community, 4(2), 76–82.
Muslich, M. (2024). Fonologi Bahasa Indonesia: Tinjauan Deskriptif Sistem Bunyi Bahasa Indonesia. In Rineka Cipta, Jakarta. Bumi Aksara.
Nugraha, Z. A. (2020). Kesalahan Pelafalan Fonem Bahasa Indonesia Oleh Pemelajar Asal Tiongkok. Batra, 6(1), 23–34. https://ojs.badanbahasa.kemdikbud.go.id/jurnal/index.php/batra/article/download/2156/1258
Nurfitriani, R., Hidayat, M. A., & Musradinur. (2022). Implementasi Metode Kitabah dan Metode Wahdah dalam Pembelajaran Tahfidz Siswa Sekolah Dasar. Pionir: Jurnal Pendidikan, 11(2), 87–99. https://doi.org/10.22373/pjp.v11i2.13642 DOI: https://doi.org/10.22373/pjp.v11i2.13642
Qalbi, U. N., Said, I. M., & Iswary, E. (2022). Analisis Kesalahan Pelafalan (Aussprache) Fonem Bahasa Jerman Di Kalangan Pelajar SMA: Kajian Komparatif. Media Bina Ilmiah, 17(1978), 331–344. http://binapatria.id/index.php/MBI/article/view/127%0Ahttps://binapatria.id/index.php/MBI/article/download/127/96
Rachmawan, N., & Wahyuningsih, F. (2021). Deutsch Domino Untuk Pengaktifan Kosakata Bahasa Jerman. Jurnal Laterne, 10(2), 1–9.
Ratnasari, E. M., & Zubaidah, E. (2019). Pengaruh Penggunaan Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Berbicara Anak. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 267–275. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p267-275 DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p267-275
Rustamana, A., Rohmah, N., Natasya, P. F., & Raihan, R. (2024). Konsep Proposal Penelitian dengan Jenis Penelitian Kualitatif Pendekatan Deskriptif. Cendekia Pendidikan, 5(5), 1–10.
Salamah, U., & Supriyatno, T. (2020). Innovations For Active Arabic With the Kitab Al-Wajiz Fillughoti Wa Nahwi. Ijaz Arabi Journal of Arabic Learning, 3(1), 107–120. https://doi.org/10.18860/ijazarabi.v3i1.8497 DOI: https://doi.org/10.18860/ijazarabi.v3i1.8497
Saragih, M., Sembiring, R. W., & Siregar, M. P. (2022). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Busuu dalam Peningkatan Kemampuan Berbahasa Inggris Dalam Pembelajaran Online Pada Kelas V SD Yabes School Medan. Jurnal Abdimas Maduma, 1(1), 11–16. https://doi.org/10.52622/jam.v1i1.61 DOI: https://doi.org/10.52622/jam.v1i1.61
Sari, M. P., Saparahayuningsih, S., & Indrawati. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Metode Bercakap-cakap Berbantuan Media Audio Visual Pada Kelompok A PAUD Pertiwi I Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(1), 18–21. https://doi.org/10.33369/jip.4.1.18-21 DOI: https://doi.org/10.33369/jip.4.1.18-21
Septiana, M., Hidayati, D., Rauf, A. S., & Ratnasari, D. (2022). Kepemimpinan Guru dalam Pembelajaran di Era Digital. Manajemen Pendidikan, 17(2), 101–116. https://doi.org/10.23917/jmp.v17i2.19354 DOI: https://doi.org/10.23917/jmp.v17i2.19354
Shibata, N. (2020). The Usefulness of Busuu Online Courses for Foreign Language Learning. Computer-Assisted Language Learning Electronic Journal, 21(2), 197–203.
Sudarmaji, D. E. (2018). An Effort in Improving the Speaking Skill in German for the Tenth Graders of the Social Class of Man Yogyakarta 2 Through the Snowball Throwing Technique. Pendidikan Bahasa Jerman.
Syahputri, A., & Samsul, S. (2022). Interferensi Kesalahan Pengucapan Fonem Bahasa Indonesia Terhadap Pengucapan Fonem Bahasa Jerman yang Dilafalkan Oleh Siswa Kelas XII Bahasa di SMA Negeri 1 Tarik Sidoarjo. Laterne, 11(2), 38–49.
Trubetzkoy, N. (1969). Principles of Phonology (pp. 1–352). DOI: https://doi.org/10.1007/978-94-011-9228-6_1
Xia, Y., Shin, S.-Y., & Kim, J.-C. (2024). Cross-Cultural Intelligent Language Learning System (CILS): Leveraging AI to Facilitate Language Learning Strategies in Cross-Cultural Communication. Applied Sciences (Switzerland), 14(13). https://doi.org/10.3390/app14135651 DOI: https://doi.org/10.3390/app14135651
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2025 Putri Filiana, Primardiana Hermilia Wijayati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.









