Memperkuat Pemahaman Kaidah Bahasa Arab melalui Metode Lagu Berdasarkan Buku Ajar Qaidaty
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i4.7123
Keywords:
Kaidah Arab, Pembelajaran Auditori, Pendidikan Bahasa ArabAbstract
Studi ini meneliti penggunaan lagu sebagai metode pengajaran untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang pemahaman tata bahasa Arab, dengan fokus pada Naḥwu dan Ṣaraf berdasarkan buku teks Qaidati. Ini membahas masalah rendahnya keterlibatan dan pemahaman siswa yang diakibatkan oleh metode pengajaran tradisional yang monoton. Tujuan utamanya adalah untuk menilai efektivitas pembelajaran berbasis lagu sebagai alternatif yang kreatif dan interaktif. Pendekatan kualitatif deskriptif digunakan, yang melibatkan observasi kelas dan wawancara dengan guru dan siswa kelas tujuh di sekolah menengah pertama Islam yang menggunakan Qaidati. Temuan menunjukkan bahwa menggabungkan lagu-lagu baik dari puisi Arab klasik atau yang diadaptasi dari lagu anak-anak yang familiar sangat meningkatkan daya ingat, partisipasi, dan antusiasme siswa. Pendekatan ini terutama bermanfaat bagi pelajar auditori. Studi ini menyimpulkan bahwa menggunakan lagu dalam pengajaran tata bahasa adalah strategi yang efektif dan sesuai konteks dalam pemahaman tata bahasa, menciptakan pengalaman belajar bahasa Arab yang lebih menarik dan bermakna untuk tingkat awal hingga menengah.
Downloads
References
Engh, D. (2013). Why use music in English language learning? a survey of the literature. English Language Teaching, 6(2), 113–127. https://doi.org/10.5539/elt.v6n2p113 DOI: https://doi.org/10.5539/elt.v6n2p113
Fahrurrozi, A. (2014). Pembelajaran Bahasa Arab : Problematika Dan Solusinya. ARABIYAT: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 1(2). https://doi.org/10.15408/a.v1i2.1137 DOI: https://doi.org/10.15408/a.v1i2.1137
Khairiyah, H., Nurbayan, Y., & Saleh, N. (2024). Efektivitas Penggunaan Kitab Al-‘Arabiya Baina Yadaik Jilid 1 dalam Penguasaan Mufradat Siswa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(6), 5857–5863. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4525 DOI: https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4525
Khasanah, U. (2023). Metode Pengajaran Bahasa Arab Dan Unsur-Unsurnya Di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab. An Najah: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Sosial Agama, Vol. 02(No. 04), 184–199. Retrieved from https://journal.nabest.id/index.php/annajah/article/view/129/99
Madiyanti, A. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Lagu Seventten “Kemarin” pada Pembelajaran Menulis Puisi dengan Menggunakan Metode Sugesti Imajinasi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negti 2 Gamping Kabupaten Sleman. Repository.UniversitasPGRIYogyakarta, 1–10.
Mardiah, L. Y., & Ismet, S. (2021). Implementasi Metode Bernyanyi dalam Mengembangkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 4-6 tahun. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 402–408. DOI: https://doi.org/10.47453/hadlonah.v6i1.3162
Mubarrak, Z. (2023). Metode Istinbath Kaidah-Kaidah Lughawiyah Dalam Ushul Fiqh. Ameena Journal, 1(1), 70–88.
Nashoih, A. kholisun. (2019). Konsep Aliran Strukturalisme Dalam Gramatika Bahasa Arab. Al-Lahjah, 57–71. DOI: https://doi.org/10.32764/lahjah.v2i2.335
Novianti, F., Khusna, N. A., & Qurainisa, R. D. (2022). Inovasi Media Pembelajaran Berbasis Lagu Upaya Meningkatkan Daya Ingat Anak Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Proseding Didaktis: Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 336–344.
Nurtresnaningsih, I. (2020). Problematika Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Serta Upaya Dalam Menanggulanginya. Alsuniyat, 1(1), 17–29. https://doi.org/10.17509/alsuniyat.v1i1.24196 DOI: https://doi.org/10.17509/alsuniyat.v1i1.24196
Patel, A. D. (2003). Language, music, syntax and the brain. Nature Neuroscience, 15(3), 388–406. https://doi.org/10.18546/LRE.15.3.05 DOI: https://doi.org/10.18546/LRE.15.3.05
Purwanto, N. J. (2018). Lagu Sebagai Media Pembelajaran Tata Bahasa Arab (Nahwu). Maharat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.18196/mht.111 DOI: https://doi.org/10.18196/mht.111
Purwanto, W. R., Waluya, S. B., Rochmad, & Wardono. (2020). Analysis of mathematical critical thinking ability in student learning style. Journal of Physics: Conference Series, 1511(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1511/1/012057 DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1511/1/012057
Putri, F. A. (2020). Implementasi metode lagu pada pembelajaran bahasa arab siswa. Jurnal Thulabuna, 2(02), 156–181.
Rachmawati, R. A. &, & Husin. (2022). Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Di Panti Asuhan Nurul Jannah. Berajah Journal, 2(2), 223–230. https://doi.org/10.47353/bj.v2i2.81 DOI: https://doi.org/10.47353/bj.v2i2.81
Rahmat, A. S., & Abdurrahman, M. (2017). Analysis of Nahwu Learning Progress in Indonesian Universities Based on the Character of Value Concerns. TAWARIKH International Journal for Historical Studies, 8(April), 189–202. Retrieved from www.mindamas-journals.com/index.php/tawarikh 189
Ridwan, R., & Awaluddin, A. F. (2019). Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Penguasaan Mufradat Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Raodhatul Athfal. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 13(1), 56–67. https://doi.org/10.30863/didaktika.v13i1.252 DOI: https://doi.org/10.30863/didaktika.v13i1.252
Ritonga, M., Nazir, A., & Wahyuni, S. (2016). Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Kota Padang. Arabiyat : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.15408/a.v3i1.2879 DOI: https://doi.org/10.15408/a.v3i1.2879
Safitri, L., & Munafiah, N. (2024). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Melalui Metode Bernyanyi pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 2171–2175.
Yahya, E., Kurniawan, B., Kom, S., & Hum, M. (2017). Metode Gerak Dan Lagu Dalam Pengajaran Kosakata Bahasa Tionghoa Di Sd Anugerah School Sidoarjo Sidoarjo 恩惠小学带动唱汉语词汇教学. Student Journal – Program Studi Sastra Tionghoa. DOI: https://doi.org/10.9744/century.5.1.28-40
Zakiyah, N., Widyaningrum, A., & Mushafanah, Q. (2023). Kreativitas Guru Dalam Penggunaan Media Lagu Pada Tema 7 Subtema 1 Di Kelas Iv Sd Negeri Ngasinan Kabupaten Rembang. IJES : Indonesian Journal of Elementary School, 3(1), 55–64. DOI: https://doi.org/10.26877/ijes.v3i1.17129
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2025 Zain Nafis, Mamam Abdurrahman, Nalahuddin Saleh

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.









