Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) melalui Pemanfaatan Cerita Rakyat Lokal untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Sastra di SMAN 1 Lalolae
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i4.7111
Keywords:
modul pembelajaran, project based learning, cerita rakyat lokal, keterampilan menulis sastraAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul ajar berbasis Project Based Learning (PjBL) dengan memanfaatkan cerita rakyat lokal dalam pembelajaran menulis sastra bagi siswa SMA Negeri 1 Lalolae. Latar belakang penelitian ini berangkat dari rendahnya keterampilan menulis sastra siswa yang disebabkan oleh penggunaan metode pembelajaran yang bersifat konvensional, kurangnya inovasi dalam penyajian materi, serta belum optimalnya pemanfaatan potensi budaya lokal sebagai sumber belajar. Untuk menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini mengadopsi metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg & Gall yang disederhanakan menjadi lima tahap, yaitu: (1) pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) uji coba lapangan, dan (5) penyempurnaan serta penyerahan produk. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, analisis dokumen, serta tes menulis sastra sebelum dan sesudah penerapan modul. Produk modul dikembangkan untuk tiga jenjang kelas (X, XI, dan XII) dengan materi sastra yang berbeda, disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik siswa. Instrumen penelitian meliputi teks cerita rakyat lokal, modul ajar berbasis PjBL, dan tes keterampilan menulis siswa. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul ajar berbasis PjBL yang dikembangkan memperoleh tingkat validitas sebesar 93% dan 90 % dari validator guru dan Dosen Unioversitas sembilanbelas November Kolaka, sehingga termasuk kategori sangat layak digunakan dalam pembelajaran. Aspek isi, kebahasaan, penyajian, dan kegrafikaan dinilai sangat baik oleh para ahli. Uji coba lapangan menunjukkan bahwa modul mampu meningkatkan hasil belajar menulis sastra melalui proyek yang kontekstual dan berbasis budaya lokal. Dengan demikian, modul ini tidak hanya efektif meningkatkan keterampilan menulis siswa, tetapi juga berperan sebagai sarana pelestarian budaya lokal dan implementasi Kurikulum Merdeka yang berpusat pada peserta didik.
Downloads
References
Ardhyantama, V. (2017). Pendidikan karakter melalui cerita rakyat pada siswa sekolah dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 1(2), 95-104. DOI: https://doi.org/10.17509/ijpe.v1i2.10819
Awalludin, A., & Lestari, Y. (2017). Pengembangan modul menulis makalah pada mata kuliah pengembangan keterampilan menulis. Jurnal Bindo Sastra, 1(2), 121-130. DOI: https://doi.org/10.32502/jbs.v1i2.762
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (2022). Menumbuhkan gerakan literasi di sekolah. Diakses dari https://badanbahasa.kemdikbud.go.id
Depdiknas.2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar.Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.
Famulaqih, S., & Lukman, A. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Modul Pembelajaran. Karakter: Jurnal Riset Ilmu Pendidikan Islam, 1(2), 01-12. DOI: https://doi.org/10.61132/karakter.v1i2.156
Firdaus, M. (2014). Cerita Rakyat Masyarakat Rambah Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau Teachers Directive Speech Acts In Muhadarah Activities In Mtsn Lubuk Buaya Kota Padang.
Maula, A., Khuzaemah, E., Herawati, L. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Menulis Cerita Pendek pada Siswa SMA. Diksa : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 10(1), 51-61. DOI: https://doi.org/10.33369/diksa.v10i1.31236
Noprina, W. (2019). Pengembangan Modul Menulis Cerpen Berbasis JB (PJBL) untuk Siswa MA Ar-Risalah. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1), 232-240.
Putri, D. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Pendek Dengan Menggunakan Teknik Copy The Master Pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Rokania. Jurnal Pendidikan Rokania, 2(1), 30-47. DOI: https://doi.org/10.25157/diksatrasia.v1i2.582
Rian, M. (2023). Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas sriwijaya 2023. Repository.Unsri.Ac.Id, 2017, 1–18
Simatupang, Y. J. (2020). Peningkatan kemampuan menulis teks prosedur dengan model pembelajaran pair check. Jurnal Metamorfosa, 8(2), 191-206. DOI: https://doi.org/10.46244/metamorfosa.v8i2.1139
Sriliza, S., Rahmadifa, R., & Dari, U. (2025). Strategi Pembelajaran Berbasis Pjbl, Berbasis (Pbl), Pembelajaran Kolaboratif, Belajar Sambil Bermain (PBL). JIP: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 134-151.
Triana, H., Yanti, P. G., & Hervita, D. (2023). Pengembangan Modul Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Interdisipliner Di Kelas Bawah Sekolah Dasar Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1). DOI: https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.4644
Tukiman. 2007. "Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerpen dengan Pendekatan Pembelajaran Terpadu (Studi pada Siswa Kelas XII IPA-3 SMA N 1 Mojolaban)". Jurnal Pendidikan, 16 (2) :151-163.
Thomas, J. W. (2000). Tinjauan Penelitian tentang Pembelajaran Berbasis Proyek. San Rafael, CA: The Autodesk Foundation.
Utami, M.W., Zakiyah, D., Nur, W.S., & Manjato, A. (2025). Analisis Dampak Penerapan Model Project Based Learning di Perguruan Tinggi. Diksa : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 11(1), 116-124.
Wibowo, R., Widodo, M., & Suyanto, E. (2020). Pengembangan Modul Menulis Sastra Lama Berbasis Photo Story Untuk Siswa SMP. J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(1).
UNESCO. (2023). Disruptions of literacy learning in Indonesia and Colombia dueto COVID-19. UNESCO.
Yuliyanti, S., Wijaya, S., & Nurma’ardi, H. D. (2025). Manfaat Model Project-Based Learning (PJBL) terhadap Kemampuan Menulis Cerpen pada Siswa Sekolah Dasar: Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 4(1), 118-126. DOI: https://doi.org/10.56855/jpsd.v4i1.1580
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2025 Suleman Suleman, Sarmila Sarmila, Ummu Khusnul Khatimah, Selamet Ridwan, Kadirun Kadirun, Sarmadan Sarmadan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.









