Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) melalui Pemanfaatan Cerita Rakyat Lokal untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Sastra di SMAN 1 Lalolae

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i4.7111

Authors

  • Suleman Suleman Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Sarmila Sarmila Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Ummu Khusnul Khatimah Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Selamet Ridwan Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Kadirun Kadirun Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Sarmadan Sarmadan Universitas Sembilanbelas November Kolaka

Keywords:

modul pembelajaran, project based learning, cerita rakyat lokal, keterampilan menulis sastra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul ajar berbasis Project Based Learning (PjBL) dengan memanfaatkan cerita rakyat lokal dalam pembelajaran menulis sastra bagi siswa SMA Negeri 1 Lalolae. Latar belakang penelitian ini berangkat dari rendahnya keterampilan menulis sastra siswa yang disebabkan oleh penggunaan metode pembelajaran yang bersifat konvensional, kurangnya inovasi dalam penyajian materi, serta belum optimalnya pemanfaatan potensi budaya lokal sebagai sumber belajar. Untuk menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini mengadopsi metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg & Gall yang disederhanakan menjadi lima tahap, yaitu: (1) pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) uji coba lapangan, dan (5) penyempurnaan serta penyerahan produk. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, analisis dokumen, serta tes menulis sastra sebelum dan sesudah penerapan modul. Produk modul dikembangkan untuk tiga jenjang kelas (X, XI, dan XII) dengan materi sastra yang berbeda, disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik siswa. Instrumen penelitian meliputi teks cerita rakyat lokal, modul ajar berbasis PjBL, dan tes keterampilan menulis siswa. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul ajar berbasis PjBL yang dikembangkan memperoleh tingkat validitas sebesar 93% dan 90 % dari validator guru dan Dosen Unioversitas sembilanbelas November Kolaka, sehingga termasuk kategori sangat layak digunakan dalam pembelajaran. Aspek isi, kebahasaan, penyajian, dan kegrafikaan dinilai sangat baik oleh para ahli. Uji coba lapangan menunjukkan bahwa modul mampu meningkatkan hasil belajar menulis sastra melalui proyek yang kontekstual dan berbasis budaya lokal. Dengan demikian, modul ini tidak hanya efektif meningkatkan keterampilan menulis siswa, tetapi juga berperan sebagai sarana pelestarian budaya lokal dan implementasi Kurikulum Merdeka yang berpusat pada peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardhyantama, V. (2017). Pendidikan karakter melalui cerita rakyat pada siswa sekolah dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 1(2), 95-104. DOI: https://doi.org/10.17509/ijpe.v1i2.10819

Awalludin, A., & Lestari, Y. (2017). Pengembangan modul menulis makalah pada mata kuliah pengembangan keterampilan menulis. Jurnal Bindo Sastra, 1(2), 121-130. DOI: https://doi.org/10.32502/jbs.v1i2.762

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (2022). Menumbuhkan gerakan literasi di sekolah. Diakses dari https://badanbahasa.kemdikbud.go.id

Depdiknas.2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar.Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Famulaqih, S., & Lukman, A. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Modul Pembelajaran. Karakter: Jurnal Riset Ilmu Pendidikan Islam, 1(2), 01-12. DOI: https://doi.org/10.61132/karakter.v1i2.156

Firdaus, M. (2014). Cerita Rakyat Masyarakat Rambah Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau Teachers Directive Speech Acts In Muhadarah Activities In Mtsn Lubuk Buaya Kota Padang.

Maula, A., Khuzaemah, E., Herawati, L. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Menulis Cerita Pendek pada Siswa SMA. Diksa : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 10(1), 51-61. DOI: https://doi.org/10.33369/diksa.v10i1.31236

Noprina, W. (2019). Pengembangan Modul Menulis Cerpen Berbasis JB (PJBL) untuk Siswa MA Ar-Risalah. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1), 232-240.

Putri, D. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Pendek Dengan Menggunakan Teknik Copy The Master Pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Rokania. Jurnal Pendidikan Rokania, 2(1), 30-47. DOI: https://doi.org/10.25157/diksatrasia.v1i2.582

Rian, M. (2023). Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas sriwijaya 2023. Repository.Unsri.Ac.Id, 2017, 1–18

Simatupang, Y. J. (2020). Peningkatan kemampuan menulis teks prosedur dengan model pembelajaran pair check. Jurnal Metamorfosa, 8(2), 191-206. DOI: https://doi.org/10.46244/metamorfosa.v8i2.1139

Sriliza, S., Rahmadifa, R., & Dari, U. (2025). Strategi Pembelajaran Berbasis Pjbl, Berbasis (Pbl), Pembelajaran Kolaboratif, Belajar Sambil Bermain (PBL). JIP: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 134-151.

Triana, H., Yanti, P. G., & Hervita, D. (2023). Pengembangan Modul Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Interdisipliner Di Kelas Bawah Sekolah Dasar Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1). DOI: https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.4644

Tukiman. 2007. "Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerpen dengan Pendekatan Pembelajaran Terpadu (Studi pada Siswa Kelas XII IPA-3 SMA N 1 Mojolaban)". Jurnal Pendidikan, 16 (2) :151-163.

Thomas, J. W. (2000). Tinjauan Penelitian tentang Pembelajaran Berbasis Proyek. San Rafael, CA: The Autodesk Foundation.

Utami, M.W., Zakiyah, D., Nur, W.S., & Manjato, A. (2025). Analisis Dampak Penerapan Model Project Based Learning di Perguruan Tinggi. Diksa : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 11(1), 116-124.

Wibowo, R., Widodo, M., & Suyanto, E. (2020). Pengembangan Modul Menulis Sastra Lama Berbasis Photo Story Untuk Siswa SMP. J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(1).

UNESCO. (2023). Disruptions of literacy learning in Indonesia and Colombia dueto COVID-19. UNESCO.

Yuliyanti, S., Wijaya, S., & Nurma’ardi, H. D. (2025). Manfaat Model Project-Based Learning (PJBL) terhadap Kemampuan Menulis Cerpen pada Siswa Sekolah Dasar: Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 4(1), 118-126. DOI: https://doi.org/10.56855/jpsd.v4i1.1580

Published

2025-11-26

How to Cite

Suleman, S., Sarmila, S., Ummu Khusnul Khatimah, Selamet Ridwan, Kadirun, K., & Sarmadan, S. (2025). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) melalui Pemanfaatan Cerita Rakyat Lokal untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Sastra di SMAN 1 Lalolae. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(4), 5021–5034. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i4.7111

Issue

Section

Articles

Categories