Register dan Pola Pasangan Berdampingan pada Negosiasi Jual Beli Gawai di Facebook
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i4.7110
Keywords:
register, pola pasangan berdampingan, negosiasiAbstract
Tujuan utama penelitian ini adalah menganalisis bentuk register, makna register, dan pola pasangan berdampingan yang terbentuk dari negosiasi jual beli gawai di grup Facebook Jual Beli Hp Gadget Jogja Istimewa. Penelitian ini menggunakan teori M.A.K Halliday untuk menganalisis register dan teori Coulthard untuk menganalisis pola pasangan berdampingan. Penyediaan data dalam penelitian ini menggunakan teknik baca dan catat. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis penggunaan register yaitu model Miles & Huberman. Adapun tahap analisisnya, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sementara itu, pola pasangan berdampingan dianalisis menggunakan metode padan pragmatis. Adapun tahapannya, yaitu identifikasi pasangan berdampingan (FPP dan SPP), analisis respons mitra tutur, interpretasi makna respons, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan 24 register yang terdiri dari 11 register selingkung terbuka dan 13 register selingkung terbatas. Register selingkung terbatas didominasi oleh register yang berkaitan dengan spesifikasi gawai. Selanjutnya, untuk pola pasangan berdampingan ditemukan sebanyak 5 pola, yaitu bertanya-menjawab, menawar-menolak tawaran, menawar-menerima tawaran, meminta informasi-memberi informasi, dan permintaan-pengabulan permintaan. Pasangan berdampingan didominasi oleh pola meminta informasi-memberi informasi. Pola tersebut biasanya digunakan untuk menanyakan spesifikasi gawai. Penelitian ini menunjukkan bahwa register yang terdapat dalam negosiasi terdiri dari berbagai bentuk dan makna sesuai konteks komunikasi. Demikian juga dengan pola pasangan berdampingan yang memiliki berbagai pola sesuai dengan tujuan komunikasi.
Downloads
References
Al-Mamoory, S. M. A., & Al-Ghizzy, M. J. D. (2023). A Pragmatic Study of Turn Taking and Adjacency Pairs in Online Conversations. International Journal of English Language Studies, 5(2), 84–93. https://doi.org/10.32996/ijels.2023.5.2.8. DOI: https://doi.org/10.32996/ijels.2023.5.2.8
Ariefandi, F. (2024). Register Komunitas Jual-Beli Ponsel Cerdas di Grup Facebook: Studi Kasus Kota Yogyakarta. Journal of Literature and Education, 2(1), 49–58. https://doi.org/10.69815/jle.v2i1.28. DOI: https://doi.org/10.69815/jle.v2i1.28
Clift, R. (2016). Conversation Analysis (1 ed.). Cambridge University Press. https://doi.org/10.1017/9781139022767. DOI: https://doi.org/10.1017/9781139022767
Coulthard, M. (1985). An Introduction to discourse analysis. Routledge.
Dasri, D. F., & Mahmudah, M. (2025). Register pada Media Sosial: Cara Pandang M.A.K. Halliday. Bahasa: Jurnal Keilmuan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(1), 268–282. https://doi.org/10.26499/bahasa.v7i1.1299. DOI: https://doi.org/10.26499/bahasa.v7i1.1299
Faujan, T. F. dkk. (2025). Pemanfaatan Whatsapp Group “Pasar Online” Sebagai Media Jual Beli Masyarakat Modern. PARADUTA : Jurnal Ekonomi dan Ilmu-Ilmu Sosial, 3. https://doi.org/10.56630/paraduta.v3i1.809. DOI: https://doi.org/10.56630/paraduta.v3i1.809
Halliday, M. A. K., & Hasan, R. (1989). Language, context, and text: Aspects of language in a social-semiotic perspective (2 ed.). Deakin University.
Hidayati, D. N. A. dkk. (2022). Penggunaan Register Pada Podcast SOAN: Kajian Sosiolinguistik. JPBSI: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 12. https://doi.org/10.23887/jjpbs.v12i2.44027.
Istikomah, N. (2021). Setiap Register Perdagangan Daring pada Tayangan Shopee Live Produk Fashion Wanita di Aplikasi Shopee (Kajian Sosiolinguistik). Jurnal Iswara : Jurnal Kajian Bahasa, Budaya, dan Sastra Indonesia, 1(1), 16. https://doi.org/10.20884/1.iswara.2021.1.1.5087. DOI: https://doi.org/10.20884/1.iswara.2021.1.1.5087
Khotimah, N. D. K., & Sodiq, S. (2021). Register Jual Beli Online dalam Aplikasi Shopee: Kajian Sosiolinguistik. Bapala, 8.
Levinson, S. C. (1983). Pragmatics. Cambridge Univ. Press. DOI: https://doi.org/10.1017/CBO9780511813313
Mahsun. (2017). Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya. PT Rajagrafindo Persada.
Martyawati, A. D. (2017). Pasangan Berdampingan (Adjacency Pairs) dalam Lomba Ngapeh di Kutai Kartanegara. PRASASTI: Conference Series. https://doi.org/10.20961/pras.v0i0.436.
Miles, M. B. dkk. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (Third edition). SAGE Publications, Inc.
Mulyadi, R. dkk. (2022). Analisis Register Bahasa Pengrajin Batu-Bata di Desa Kampung Selamat, Kecamatan Rao Selatan, Kabupaten Pasaman Timur, Sumatera Barat (Kajian Sosiolinguistik). Kajian Linguistik dan Sastra, 1(1), 59–83. https://doi.org/10.22437/kalistra.v1i1.18753. DOI: https://doi.org/10.22437/kalistra.v1i1.18753
Nisa, A. R. K., & Kurniawati, W. (2023). Register Dalam Media Sosial Media Markt. IDENTITAT : Jurnal Bahasa dan Sastra Jerman, 12(2).
Prasanty, A. B., & Kunturo, K. (2025). Register Bahasa Komunikasi Petani Pejawaran di Kabupaten Banjarnegara: Kajian Sosiolinguistik. LANGUAGE : Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa dan Sastra, 5(1), 13–24. https://doi.org/10.51878/language.v5i1.4987. DOI: https://doi.org/10.51878/language.v5i1.4987
Rahayu, P. dkk. (2021). Register Jual Beli Pakan Ternak di Pasar Induk Wonosobo Sebagai Referensi Pembelajaran Teks Negosiasi Bahasa Indonesia. Prawara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1). https://doi.org/10.20884/1.jpbsi.2021.2.1.4031. DOI: https://doi.org/10.20884/1.jpbsi.2021.2.1.4031
Rohendi, A. dkk. (2025). Analisis Register Formal dalam Berbagai Profesi di Film Rudy Habibie (2012). Jurnal Bahasa dan Sastra, 12(2). https://doi.org/10.60155/jbs.v12i2.516. DOI: https://doi.org/10.60155/jbs.v12i2.516
Schegloff, E. A., & Sacks, H. (1973). Opening up Closings. Semiotica, 8(4). https://doi.org/10.1515/semi.1973.8.4.289. DOI: https://doi.org/10.1515/semi.1973.8.4.289
Sudaryanto. (2015). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan Secara Linguistis. Sanata Dharma Uniersity Press.
Triana, L., & Khotimah, K. (2021). Register Nelayan di Desa Munjungagung, Kramat, Tegal. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 9(1), 33. https://doi.org/10.30659/jpbi.9.1.33-39. DOI: https://doi.org/10.30659/jpbi.9.1.33-39
Wardhaugh, R. (2006). An introduction to sociolinguistics (5. ed., repr). Blackwell.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2025 Wulan Ramadhani, Jendriadi Jendriadi, Herpindo Herpindo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.









