Masa Depan Pembelajaran Membaca Pemahaman: Analisis Integrasi Google Gemini dan Kearifan Lokal Pela Gandong

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i4.7031

Authors

  • Syaidah Syaidah Institut Agama Islam Negeri Ambon
  • Israwati Amir Institut Agama Islam Negeri Ambon
  • Wardihan Wardihan Institut Agama Islam Negeri Ambon
  • Akhiruddin Akhiruddin Universitas Papua

Keywords:

Pembelajaran membaca pemahaman, Kearifan lokal: Pela Gandong, Tekonolgi Digital

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis masa depan pembelajaran membaca pemahaman kreatif melalui integrasi teknologi Google Gemini dan kearifan lokal Pela Gandong pada perguruan tinggi. Transformasi pembelajaran di era digital menuntut inovasi yang tidak hanya mengadopsi teknologi tetapi juga melestarikan nilai-nilai budaya lokal. Google Gemini sebagai kecerdasan buatan generatif yang mudah diakses memberikan peluang besar untuk personalisasi pembelajaran, sementara Pela Gandong sebagai kearifan lokal Maluku memiliki potensi besar dalam membentuk karakter dan kreativitas mahasiswa. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, melibatkan 40 mahasiswa Program Studi Tadris Bahasa Indonesia UIN Abdul Mutalib Sangadji, Ambon. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumen pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi Google Gemini dan kearifan lokal Pela Gandong dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman kreatif mahasiswa hingga 85%, motivasi belajar meningkat 78%, dan pemahaman nilai-nilai kearifan lokal mencapai 82%. Model pembelajaran masa depan yang optimal adalah pembelajaran terpadu yang menggabungkan percakapan kecerdasan buatan dengan Google Gemini dan konten berbasis Pela Gandong, menciptakan pengalaman belajar yang autentik, personal, dan bermakna.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Albaburrahim, A., & Amin, M. B. (2025). Analisis pendekatan ekologi dalam pembelajaran bahasa Indonesia di era digital. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 671-683. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.17930 DOI: https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.17930

Andreanty, V. A., Harjono, H. S., & Priyanto, P. (2024). Pengembangan media digital storytelling dalam pembelajaran menulis cerpen pada siswa SMA. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 10(3), 2810-2823. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.4016 DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.4016

Albaburrahim, A., Suyono, S., & Widyartono, D. (2023). Implementasi model pembelajaran inkuiri dalam menulis kritis melalui teknologi literasi digital. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.11728 DOI: https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.11728

Bawamenewi, A., & Waruwu, Y. (2023). Pengembangan media pembelajaran bahasa melalui transformasi digital berbasis e-learning. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 58-66. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.11739 DOI: https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.11739

Hasudungan, A. N., Sariyatun, S., & Joebagio, H. (2020). Pengarusutamaan pendidikan perdamaian berbasis kearifan lokal Pela Gandong pasca rekonsiliasi konflik Ambon di sekolah. Jurnal Lektur Keagamaan, 17(2), 409-434. https://doi.org/10.31291/jlk.v17i2.664 DOI: https://doi.org/10.31291/jlk.v17i2.664

Himawan, R., Kusmiatun, A., & Syamsi, K. (2023). Pengembangan buku elektronik membaca kritis dan kreatif berbasis project based learning untuk mahasiswa program studi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 8(2), 161-168. DOI: https://doi.org/10.21107/metalingua.v8i2.21371

Inawati, I., Nilawijaya, R., & Agustina, A. (2021). Pengembangan bahan ajar membaca kritis untuk mahasiswa. Jurnal Bindo Sastra, 5(1), 25-32.

Islami, N. I., Sastromiharjo, A., & Kurniawan, K. (2023). Penguatan literasi informasi pada pembelajaran menulis teks eksplanasi melalui media pembelajaran berbantuan teknologi. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.11766 DOI: https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.11766

Ismail, R., Wakano, A., & Leasiwal, G. (2022). Resolusi konflik keagamaan berbasis kearifan lokal: Studi atas Pela Gandong di Ambon. Living Islam: Journal of Islamic Discourses, 5(1), 93-108. DOI: https://doi.org/10.14421/lijid.v5i1.3012

Isroyati, I., Kisyani, K., Mintowati, M., Yulianto, B., Sodiq, S., & Supratno, H. (2024). Inovasi pembelajaran bahasa dengan menggunakan metode fonik bagi anak autis. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 10(2), 1547-1560. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3739 DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3739

Jannah, R. (2023). Etika lingkungan sastra digital Madura serta pemanfaatannya dalam pembelajaran. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 353-363. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.11770 DOI: https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.11770

Lucheta, C. L. (2018). Creative reading as a path to creative writing. The Reading Teacher, 72(3), 341-351.

Maharani, S. T., & Muhtar, T. (2022). Implementasi pembelajaran berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan karakter siswa. Jurnal Basicedu, 6(4), 5961-5968. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3148

Maharcika, A. A. M., Suarni, N. K., & Gunamantha, I. M. (2021). Pengembangan modul elektronik (e-modul) berbasis flipbook maker untuk subtema pekerjaan di sekitarku kelas IV SD/MI. PENDASI Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(2), 165-174. DOI: https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i2.240

Martarini, N. M. L., Sastaparamitha, N. N. A. J., & Primandana, P. A. (2020). Digital story telling project berbantuan (DSTP) "Google Classroom" dalam pembelajaran teks "descriptive". Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 6(2), 671-679. https://doi.org/10.30605/onoma.v6i2.391 DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v6i2.391

Ningsih, A. G., Istiqomah, N., & Rustam, R. (2025). Pengembangan e-modul pembelajaran bahasa Indonesia bermuatan kearifan lokal pada fase D untuk siswa. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 11(2), 2268-2281. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i2.5828 DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v11i2.5828

Peneliti Kolektif. (2024). Efektivitas model pembelajaran berbasis kearifan lokal dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. ResearchGate Preprint. https://www.researchgate.net/publication/391664872

Peneliti Kolektif. (2023). Implementasi teknologi dalam pembelajaran di era digital: Tantangan dan peluang bagi dunia pendidikan di Indonesia. ResearchGate Preprint. https://www.researchgate.net/publication/372877815

Pratiwi, N. K., Yulianto, B., Mintowati, M., Supratno, H., Sodiq, S., & Mulyono, M. (2024). Persepsi mahasiswa terhadap penggunaan ChatGPT: Peluang dan tantangan bagi pembelajaran bahasa Indonesia sebagai mata kuliah wajib pada kurikulum perguruan tinggi. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 10(3), 2727-2742. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.3931

Rachmayanti, I., & Alatas, M. A. (2023). Pemanfaatan AI sebagai media pembelajaran digital dalam Foreign Language Development Program (FLDP) IAIN Madura. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 214-226. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.11752 DOI: https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.11752

Retnaningtyas, N., Damaianti, V., & Syihabuddin, S. (2022). Pengembangan model quantum reading yang berorientasi self regulated learning (SRL) dalam pembelajaran membaca pemahaman. Semantik, 11(1), 125-134. DOI: https://doi.org/10.22460/semantik.v11i1.p125-134

Pratiwi, N. K., Yulianto, B., Mintowati, M., Supratno, H., Sodiq, S., & Mulyono, M. (2024). Persepsi mahasiswa terhadap penggunaan ChatGPT: Peluang dan tantangan bagi pembelajaran bahasa Indonesia sebagai mata kuliah wajib pada kurikulum perguruan tinggi. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 10(3), 2727-2742. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.3931 DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.3931

Tandikombong, M., Arrang, J. R. T., & Tulaktondok, L. (2024). Exploring local wisdom topic into the English materials of elementary school in Toraja Utara. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 10(2), 2388-2395. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3662 DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3662

Sumantri, S. (2020). Pendidikan perdamaian terintegrasi dalam ilmu pengetahuan sosial berbasis kearifan lokal Pela Gandong. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 5(2), 89-103.

Ulfah, A., Fitriyah, L., Zumaisaroh, N., & Jesica, E. (2023). Pemanfaatan media pembelajaran digital dalam pembelajaran menulis puisi di era merdeka belajar. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1), 42-57. https://doi.org/10.19105/ghancaran.v5i1.7914 DOI: https://doi.org/10.19105/ghancaran.v5i1.7914

Wachidah, L. R. (2023). Pemanfaatan digitalisasi sebagai penguatan pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada era Society 5.0. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 227-240. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.11753 DOI: https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.11753

Xu, J. (2023). Exploring Chinese higher vocational college teachers' perceptions of reading and teaching reading in English. Language Teaching Research, 13621688231202008. https://doi.org/10.1177/13621688231202008 DOI: https://doi.org/10.1177/13621688231202008

Nurcahyo, M. A., & Afryaningsih, Y. (2018). Penerapan literasi digital berbasis kearifan lokal dalam pembelajaran bahasa Indonesia.

Syaidah, S., Nursalam, N., & Amir, I. (2023). Analisis kesalahan penggunaan bahasa sesuai EYD pada karya tulis ilmiah mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika IAIN Ambon: Kajian pengembangan dan pembinaan bahasa Indonesia. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(1), 220–230. https://doi.org/10.31943/bi.v8i1.358 DOI: https://doi.org/10.31943/bi.v8i1.358

Syaidah, S., & Samsuddin, N. (2025). Quantum Learning Revolusi Pembelajaran Membaca Pemahaman di Sekolah Dasar. EDUPEDIA Publisher, 1–199.

Published

2025-11-10

How to Cite

Syaidah, S., Israwati Amir, Wardihan, W., & Akhiruddin, A. (2025). Masa Depan Pembelajaran Membaca Pemahaman: Analisis Integrasi Google Gemini dan Kearifan Lokal Pela Gandong. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(4), 4542–4553. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i4.7031