Masa Depan Pembelajaran Membaca Pemahaman: Analisis Integrasi Google Gemini dan Kearifan Lokal Pela Gandong
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i4.7031
Keywords:
Pembelajaran membaca pemahaman, Kearifan lokal: Pela Gandong, Tekonolgi DigitalAbstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis masa depan pembelajaran membaca pemahaman kreatif melalui integrasi teknologi Google Gemini dan kearifan lokal Pela Gandong pada perguruan tinggi. Transformasi pembelajaran di era digital menuntut inovasi yang tidak hanya mengadopsi teknologi tetapi juga melestarikan nilai-nilai budaya lokal. Google Gemini sebagai kecerdasan buatan generatif yang mudah diakses memberikan peluang besar untuk personalisasi pembelajaran, sementara Pela Gandong sebagai kearifan lokal Maluku memiliki potensi besar dalam membentuk karakter dan kreativitas mahasiswa. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, melibatkan 40 mahasiswa Program Studi Tadris Bahasa Indonesia UIN Abdul Mutalib Sangadji, Ambon. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumen pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi Google Gemini dan kearifan lokal Pela Gandong dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman kreatif mahasiswa hingga 85%, motivasi belajar meningkat 78%, dan pemahaman nilai-nilai kearifan lokal mencapai 82%. Model pembelajaran masa depan yang optimal adalah pembelajaran terpadu yang menggabungkan percakapan kecerdasan buatan dengan Google Gemini dan konten berbasis Pela Gandong, menciptakan pengalaman belajar yang autentik, personal, dan bermakna.
Downloads
References
Albaburrahim, A., & Amin, M. B. (2025). Analisis pendekatan ekologi dalam pembelajaran bahasa Indonesia di era digital. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 671-683. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.17930 DOI: https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.17930
Andreanty, V. A., Harjono, H. S., & Priyanto, P. (2024). Pengembangan media digital storytelling dalam pembelajaran menulis cerpen pada siswa SMA. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 10(3), 2810-2823. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.4016 DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.4016
Albaburrahim, A., Suyono, S., & Widyartono, D. (2023). Implementasi model pembelajaran inkuiri dalam menulis kritis melalui teknologi literasi digital. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.11728 DOI: https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.11728
Bawamenewi, A., & Waruwu, Y. (2023). Pengembangan media pembelajaran bahasa melalui transformasi digital berbasis e-learning. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 58-66. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.11739 DOI: https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.11739
Hasudungan, A. N., Sariyatun, S., & Joebagio, H. (2020). Pengarusutamaan pendidikan perdamaian berbasis kearifan lokal Pela Gandong pasca rekonsiliasi konflik Ambon di sekolah. Jurnal Lektur Keagamaan, 17(2), 409-434. https://doi.org/10.31291/jlk.v17i2.664 DOI: https://doi.org/10.31291/jlk.v17i2.664
Himawan, R., Kusmiatun, A., & Syamsi, K. (2023). Pengembangan buku elektronik membaca kritis dan kreatif berbasis project based learning untuk mahasiswa program studi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 8(2), 161-168. DOI: https://doi.org/10.21107/metalingua.v8i2.21371
Inawati, I., Nilawijaya, R., & Agustina, A. (2021). Pengembangan bahan ajar membaca kritis untuk mahasiswa. Jurnal Bindo Sastra, 5(1), 25-32.
Islami, N. I., Sastromiharjo, A., & Kurniawan, K. (2023). Penguatan literasi informasi pada pembelajaran menulis teks eksplanasi melalui media pembelajaran berbantuan teknologi. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.11766 DOI: https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.11766
Ismail, R., Wakano, A., & Leasiwal, G. (2022). Resolusi konflik keagamaan berbasis kearifan lokal: Studi atas Pela Gandong di Ambon. Living Islam: Journal of Islamic Discourses, 5(1), 93-108. DOI: https://doi.org/10.14421/lijid.v5i1.3012
Isroyati, I., Kisyani, K., Mintowati, M., Yulianto, B., Sodiq, S., & Supratno, H. (2024). Inovasi pembelajaran bahasa dengan menggunakan metode fonik bagi anak autis. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 10(2), 1547-1560. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3739 DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3739
Jannah, R. (2023). Etika lingkungan sastra digital Madura serta pemanfaatannya dalam pembelajaran. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 353-363. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.11770 DOI: https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.11770
Lucheta, C. L. (2018). Creative reading as a path to creative writing. The Reading Teacher, 72(3), 341-351.
Maharani, S. T., & Muhtar, T. (2022). Implementasi pembelajaran berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan karakter siswa. Jurnal Basicedu, 6(4), 5961-5968. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3148
Maharcika, A. A. M., Suarni, N. K., & Gunamantha, I. M. (2021). Pengembangan modul elektronik (e-modul) berbasis flipbook maker untuk subtema pekerjaan di sekitarku kelas IV SD/MI. PENDASI Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(2), 165-174. DOI: https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i2.240
Martarini, N. M. L., Sastaparamitha, N. N. A. J., & Primandana, P. A. (2020). Digital story telling project berbantuan (DSTP) "Google Classroom" dalam pembelajaran teks "descriptive". Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 6(2), 671-679. https://doi.org/10.30605/onoma.v6i2.391 DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v6i2.391
Ningsih, A. G., Istiqomah, N., & Rustam, R. (2025). Pengembangan e-modul pembelajaran bahasa Indonesia bermuatan kearifan lokal pada fase D untuk siswa. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 11(2), 2268-2281. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i2.5828 DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v11i2.5828
Peneliti Kolektif. (2024). Efektivitas model pembelajaran berbasis kearifan lokal dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. ResearchGate Preprint. https://www.researchgate.net/publication/391664872
Peneliti Kolektif. (2023). Implementasi teknologi dalam pembelajaran di era digital: Tantangan dan peluang bagi dunia pendidikan di Indonesia. ResearchGate Preprint. https://www.researchgate.net/publication/372877815
Pratiwi, N. K., Yulianto, B., Mintowati, M., Supratno, H., Sodiq, S., & Mulyono, M. (2024). Persepsi mahasiswa terhadap penggunaan ChatGPT: Peluang dan tantangan bagi pembelajaran bahasa Indonesia sebagai mata kuliah wajib pada kurikulum perguruan tinggi. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 10(3), 2727-2742. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.3931
Rachmayanti, I., & Alatas, M. A. (2023). Pemanfaatan AI sebagai media pembelajaran digital dalam Foreign Language Development Program (FLDP) IAIN Madura. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 214-226. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.11752 DOI: https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.11752
Retnaningtyas, N., Damaianti, V., & Syihabuddin, S. (2022). Pengembangan model quantum reading yang berorientasi self regulated learning (SRL) dalam pembelajaran membaca pemahaman. Semantik, 11(1), 125-134. DOI: https://doi.org/10.22460/semantik.v11i1.p125-134
Pratiwi, N. K., Yulianto, B., Mintowati, M., Supratno, H., Sodiq, S., & Mulyono, M. (2024). Persepsi mahasiswa terhadap penggunaan ChatGPT: Peluang dan tantangan bagi pembelajaran bahasa Indonesia sebagai mata kuliah wajib pada kurikulum perguruan tinggi. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 10(3), 2727-2742. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.3931 DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.3931
Tandikombong, M., Arrang, J. R. T., & Tulaktondok, L. (2024). Exploring local wisdom topic into the English materials of elementary school in Toraja Utara. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 10(2), 2388-2395. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3662 DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3662
Sumantri, S. (2020). Pendidikan perdamaian terintegrasi dalam ilmu pengetahuan sosial berbasis kearifan lokal Pela Gandong. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 5(2), 89-103.
Ulfah, A., Fitriyah, L., Zumaisaroh, N., & Jesica, E. (2023). Pemanfaatan media pembelajaran digital dalam pembelajaran menulis puisi di era merdeka belajar. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1), 42-57. https://doi.org/10.19105/ghancaran.v5i1.7914 DOI: https://doi.org/10.19105/ghancaran.v5i1.7914
Wachidah, L. R. (2023). Pemanfaatan digitalisasi sebagai penguatan pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada era Society 5.0. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 227-240. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.11753 DOI: https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.11753
Xu, J. (2023). Exploring Chinese higher vocational college teachers' perceptions of reading and teaching reading in English. Language Teaching Research, 13621688231202008. https://doi.org/10.1177/13621688231202008 DOI: https://doi.org/10.1177/13621688231202008
Nurcahyo, M. A., & Afryaningsih, Y. (2018). Penerapan literasi digital berbasis kearifan lokal dalam pembelajaran bahasa Indonesia.
Syaidah, S., Nursalam, N., & Amir, I. (2023). Analisis kesalahan penggunaan bahasa sesuai EYD pada karya tulis ilmiah mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika IAIN Ambon: Kajian pengembangan dan pembinaan bahasa Indonesia. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(1), 220–230. https://doi.org/10.31943/bi.v8i1.358 DOI: https://doi.org/10.31943/bi.v8i1.358
Syaidah, S., & Samsuddin, N. (2025). Quantum Learning Revolusi Pembelajaran Membaca Pemahaman di Sekolah Dasar. EDUPEDIA Publisher, 1–199.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2025 Syaidah, Israwati Amir, Wardihan, Akhiruddin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.









