Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Menggunakan Strategi Directed Reading Activity di Kelas IV SDN 102/II Sungai Kerjan
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i4.6856
Keywords:
Membaca Pemahaman Menggunakan Strategi Directed Reading ActivityAbstract
Tujuan penelitian ini adalah mendekripsikan peningkatan keterampilan dan proses membaca pemahaman menggunakan strategi Directed Reading Activity di kelas IV SDN 102/II Sungai Kerjan. Jenis penelitian ini yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas yang dilakukan untuk memperbaikan proses dan hasil pembahasan penelitian ini dilakukan dalam dua siklu yang dimana terdapat empat kali pertemuan Langkah-langkah tahap penelitian perancanaan kelakuan pengamatan,dan analisi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini diantara lainya : penerapan pembelajaran dengan menggunkan strategi directed reading activity meningkatkan proses belajar Bahasa Indonesia peserta didik kelas IV SDN 102/II Sungai Kerjan. Hal ini terlihat dari proses mengajar pendidik siklus 1 pertemuan 1 55,71%, kemudian pada pertemuan 2 68,57% dan pada siklus 2 pertemuan 1 84,28% dan pada pertemuan ke 2 95,71%. Begitulah dengan pengamatan pembelajaran peserta didik juga mengalami kenaikan dalam setiap pertemuan. Sedangkan hasil tes kemampuan membaca pada siklus 1 50% dan siklus 2 77,78% dengan kategori baik. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi directed reading activity dapat peningkatan keterampilan membaca pemahaman pada kelas IV SDN 102/II Sungai Kerjan.
Downloads
References
Alfian, Agus, & Yuliana, Yuliana. (2020). Penerapan strategi Directed Reading Activity (DRA) untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, Vol. 4, No. 3, h. 732–738. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.409
Asih, Sang Ayu Nyoman Sri, Hamzah, Syukri, & Gumono, Gumono. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Membaca Pemahaman Menggunakan Strategi Dra (Directed Reading Activity) Dengan Strategi Konvensional Pada Siswa Kelas Xi Sma Negeri 9 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, Vol. 4, No. 1, h.128-137. https://doi.org/10.33369/jik.v4i1.8338
Darmini, Mimin, & Hikmah, Nurul. (2021). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Melalui Metode Direct Reading Thinking Activity (DRTA) Apada Tema Daerah Tempat Tinggalku Di Kelas IV. Prosiding Dan Web Seminar (Webinar), h. 238-244. Retrieved from https://ojs3.umc.ac.id/index.php/pro/article/view/2243
Dewi, Sinta Maria, Prawiyogi, Anggy Giri, Anwar, Aang Solahudin, & Wahyuni, Cici Sri. (2021). Efektivitas Strategi Direct Reading Thingking Activities terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, Vol. 5, No. 1, h. 453–455. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.786
Edwin, Dkk. (2021). Pengaruh Strategi Directed Reading Thinking Activity Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Kelas V SD Gugus 3 Kecamatan Gunung Sari. PENDAGOGIA: Jurnal Pendidikan Dasar, Vol.1, No.1, h10-18. Retrieved from https://jurnal.educ3.org/index.php
Hidayana, Siti, Pateda, Lamsike, Pautina, Amalia Rizki, Fitk, Pgmi, Sultan, Iain, Gorontalo, Amai, Fitk, Pgmi, Sultan, Iain, Fitk, Pgmi, Sultan, Iain, & Gorontalo, Amai. (2021). Pengaruh Strategi Directed Reading Thinking Activity ( DRTA ) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Oleh : Kata Kunci : Strategi Directed Reading Thinking Activity , Kemampuan Membaca Pemahaman Keywords : Directed Reading Comprehension Ability Thinking Act. EDUCATOR : Directory of Elementary Education Journal, Vol.2, No.1, h.58-81.
Hilda Melani Purba, Humairo Sakinah Zainuri, Nadia Syafitri, & Rizky Ramadhani. (2023). Aspek-Aspek Membaca Dan Pengembangan Dalam Keterampilan Membaca Di Kelas Tinggi. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, Vol.2, No.3, h.179-192. https://doi.org/10.58192/insdun.v2i3.1025
Irgi, Muhamad, Az-Zarkasyi, Abdillah, Dwi, Mawar, Firdaus, Aprillia, Pelupessy, Indah Fadilah, Fitriyah, Mahmudah, Syarif, Uin, & Jakarta, Hidayatullah. (2024). Analisis Dampak Tahap Perkembangan Membaca pada Anak dan Remaj. Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, Vol. 3, No.1, h. 78-91. Retrieved from https://doi.org/10.30640/dewantara.v3i1.2085
Johan, Gio Mohamad, & A., Vilda Ghasya D. (2018). Pengembangan Media Literasi Big Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, Vol. 5, No. 2, h. 184–198.
Juliana, Prayuda, Meikardo Samuel, & Tanjung. Darinda Sofia. (2023). Penerapan Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SDN 066050 Medan. Journal on Education, Vol.5, No.4, h. 11503-11520.
Latri. (2024). Implementation of Directed Reading Activity Learning Strategies to Improve Students’ Reading Comprehension Skills in Class IV SDN Inpres Mallengkeri Graded 1 Makassar City. Pinisi Journal of Education, h. 1-24.
Maladewi, Sri. (2021). Implementation of Directed Reading Activity (DRA) Strategy in Improving Comprehension Reading Ability. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), Vol. 5 No.3, h. 723-728. https://doi.org/10.33578/pjr.v5i3.8404
Marlina, L. (2021). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Strategi Reading Guide pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 12, No. 1, h. 45–54.
Masvupah, Ginaeni. (2019). Penerapan Strategi Directed Reading Activity (DRA) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Pembelajaran Tematik Tema Daerah Tempat Tinggalku Kemampuan Membaca Pemahaman: Penelitian Tindakan Kelas Di Kelas IV MI Muhammadiyah Cipasir Kabupaten B. Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.
Nuradi. (2016). Teknik Membaca. Jakarta:PT Bumi Aksara.
Puspitasari, E., & Asrori, M. (2020). Pengaruh Strategi Think-Pair-Share terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, Vol 20, No. 2, h. 100–110.
Putri, Anggitasari Rudyana, Ardianti, Sekar Dwi, & Ermawati, Diana. (2022). Model Scramble Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, Vol.8, No.3, h. 1192-1199. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.3162
Rakimahwati, Rakimahwati. (2018). Pelatihan Pembuatan Boneka Jari Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini Di Kecamatan V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, Vol. 2, No. 2, h. 1-11. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v2i2b.292
Nurul, N., & Suparman, S. (2021). Keefektifan Model Show Not Tell pada Pembelajaran Menulis Berita siswa kelas X SMA Negeri 1 Bua Kabupaten Luwu. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 1(1), 1-20
Resmini, Novi. (2018). Pembelajaran Apresiasi Sastra Di Sekolah Dasar Melalui Implementasi Strategi Directed Reading Activity (DRA). Jurnal Elementary, Vol. 3, No. 1, h. 135–155.
Herdiana, B., Suparman, S., & Srihidayati, G. (2024). Membaca Sehari (Penguatan Literasi) bagi Masyarakat, kerjasama dengan Komunitas Sebait Kata UNCP di Desa Mariotengngae, Kecamatan Marioriiwawo Kabupaten Soppeng. Abdimas Langkanae, 4(2), 105-109.
Simanjuta, Delima. (2017). Penerapan Strategi Directed Reading Activity (DRA) Untuk Meningatkan Kemampuan Siswa Dalam Membaca Pemahaman Kelas V SDN 003 Pagaran Tapah Darussalam Kabupaten Rokan Hulu. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. 6. No. 1, h. 47. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v6i1.4087
Simanjuta, Delima. (2019). Penerapan Strategi Directed Reading Activity (DRA) Untuk Meningatkan Kemampuan Siswa Dalam Membaca Pemahaman Kelas V SDN 003 Pagaran Tapah Darussalam Kabupaten Rokan Hulu. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, Vol. 6 (No. 1), h. 146-156.
Slamet. (2014). Belajar dan - faktor Yang Faktor Mempengarui. Rineka Cipta Surabaya.
Suparlan. (2021). Ketrampilan Membaca pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Jurnal Pendidikan Dasar, Vol.5 No.1, h. 1-12. https://doi.org/10.36088/fondatia.v5i1.1088
Wahyuni, S., & Hartati, R. (2022). Keterampilan Membaca Pemahaman dan Kaitannya dengan Berpikir Kritis pada Siswa SD. Jurnal Literasi Pendidikan, Vol. 5, No. 1, h. 12–21.
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2025 Windi, Aprizan, Puput Wahyu Hidayat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.