Pengaruh Penggunaan Media Sway terhadap Minat dan Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VI di MI Yapit Paranakeng Gowa
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i3.6766
Keywords:
Media Sway, Minat, Hasil Belajar, Bahasa ArabAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) minat belajar bahasa Arab siswa kelas VI sebelum penggunaan media Sway, (2) minat belajar setelah penggunaan media Sway, (3) hasil belajar sebelum penggunaan media Sway, (4) hasil belajar setelah penggunaan media Sway, dan (5) pengaruh media Sway terhadap minat dan hasil belajar siswa di MI Yapit Paranakeng Gowa. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi experimental design) dan melibatkan 18 siswa yang dipilih melalui teknik non-probability sampling. Data dikumpulkan menggunakan angket dan tes, kemudian dianalisis secara deskriptif dan inferensial (uji t, uji F, dan uji hipotesis) dengan bantuan SPSS versi 24. Hasil penelitian menunjukkan: (1) sebelum penggunaan media Sway, rata-rata minat belajar siswa sebesar 20,50 (SD = 2,771) dengan 84% siswa pada kategori rendah; (2) setelah penggunaan media Sway, rata-rata minat belajar meningkat menjadi 35,39 (SD = 3,852) dengan 55% siswa pada kategori tinggi; (3) sebelum penggunaan media Sway, rata-rata hasil belajar siswa sebesar 54,72 (SD = 9,467) dengan 61% siswa pada kategori sedang; (4) setelah penggunaan media Sway, rata-rata hasil belajar meningkat menjadi 71,94 (SD = 9,097) dengan 83% siswa pada kategori tinggi. Uji Paired Sample Test menunjukkan nilai signifikansi 0,000 (< 0,05), sehingga hipotesis alternatif diterima. Hal ini membuktikan adanya perbedaan signifikan pada minat dan hasil belajar sebelum dan sesudah penggunaan media Sway. Dengan demikian, media Sway terbukti berpengaruh positif dalam meningkatkan minat dan hasil belajar bahasa Arab siswa kelas VI.
Downloads
References
Al Yamin, D. L. (2023). Bahasa Arab Sebagai Identitas Budaya Islam dan Pemersatu Keberagaman Suku. Ta’limi | Journal of Arabic Education and Arabic Studies, 2(1). https://doi.org/10.53038/tlmi.v2i1.60 DOI: https://doi.org/10.53038/tlmi.v2i1.60
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Azisah, S. (2014). Guru Dan Pengembangan Kurikulum Berkarakter.
Batubara, H. H. (2021). Media Pembelajaran Digital. PT Remaja Rosdakary.
Habibah, A., & Syihabuddin. (2021). Evaluasi Ketrampilan Menyimak Dengan Memanfaatkan Permainan Berbisik Berantai Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Al-Ittijah: Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Bahasa Arab, 12(2), 97–106.
Hakim, A. (2021). Pendekatan Sistem Pembelajaran Bahasa Arab. Shaut Al Arabiyyah, 9(2), 176. https://doi.org/10.24252/saa.v9i2.25177 DOI: https://doi.org/10.24252/saa.v9i2.25177
Haniah. (2014). Pemanfaatan teknologi informasi dalam mengatasi masalah belajar bahasa Arab. Al-Ta’rib: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 2(1), 1–19. https://doi.org/10.23971/altarib.v2i1.588 DOI: https://doi.org/10.23971/altarib.v2i1.588
Harefa, N., Fransisca Dewi Silalahi, N., Sormin, E., Sanga Lamsari Purba, L., & Sumiyati, S. (2019). The difference of students’ learning outcomes with project based learning using handout and sway Microsoft 365. Jurnal Pendidikan Kimia, 11(2), 24–30. https://doi.org/10.24114/jpkim.v11i2.14459 DOI: https://doi.org/10.24114/jpkim.v11i2.14459
Mania, S. S. dan S. (2020). Pengantar Metedologi Penelitian Panduan Bagi Peneliti Pemula. Pusaka Almaida.
Muhammad Yusuf Husen. (2020). Belajar Awal Aktual dengan Snowball Throwing Teavhing (STT).
Nurdyansyah. (2019). Media Pembelajaran Inovatif. UMSIDA Press. DOI: https://doi.org/10.21070/2019/978-602-5914-71-3
Patandung, Y., & Panggua, S. (2022). Analisis Masalah-Masalah Pendidikan dan Tantangan Pendidikan Nasional. Jurnal Sinestesia, 12(2).
Rahayu, B. I. (2020). Media Card Sort untuk Meningkatkan Pemahaman Kosakata dalam Maharah Qiro’ah (Membaca) pada Pembelajaran Bahasa Arab. Prosiding Semnasbama IV UM Jilid 1, IV(I), 255–267.
Rusydiyah, E. F. (2019). Teknologi Pembelajaran (Implementasi Pembelajaran Era 4.0). UIN Sunan Ampel Press.
Salma, D. (2012). Teknologi dalam Wawasan Pendidikan,.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.
Tamsil, I. M. (2020). Analisis Metode Card Sort Dalam Pembelajaran Mufradat Berbasis Pendekatan Kognitif. Lughawiyah: Journal of Arabic Education and Linguistics, 2(1), 46–55. https://doi.org/10.31958/lughawiyah.v2i1.1783 DOI: https://doi.org/10.31958/lughawiyah.v2i1.1783
Widyanti, H., Romlah, E. N., Akhyadi, A. S., & Jumiatin, D. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Permainan Pesan Berantai Pada Anak Usia Dini Di Tk Rian Kumarajaya. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(3), 92. https://doi.org/10.22460/ceria.v2i3.p92-104 DOI: https://doi.org/10.22460/ceria.v2i3.p92-104
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2025 Priti Sinta, Haniah, Sitti Aisyah Chalik

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.