Pengaruh Penggunaan Media Sway terhadap Minat dan Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VI di MI Yapit Paranakeng Gowa

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i3.6766

Authors

  • Priti Sinta Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
  • Haniah Haniah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
  • Sitti Aisyah Chalik Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia

Keywords:

Media Sway, Minat, Hasil Belajar, Bahasa Arab

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) minat belajar bahasa Arab siswa kelas VI sebelum penggunaan media Sway, (2) minat belajar setelah penggunaan media Sway, (3) hasil belajar sebelum penggunaan media Sway, (4) hasil belajar setelah penggunaan media Sway, dan (5) pengaruh media Sway terhadap minat dan hasil belajar siswa di MI Yapit Paranakeng Gowa. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi experimental design) dan melibatkan 18 siswa yang dipilih melalui teknik non-probability sampling. Data dikumpulkan menggunakan angket dan tes, kemudian dianalisis secara deskriptif dan inferensial (uji t, uji F, dan uji hipotesis) dengan bantuan SPSS versi 24. Hasil penelitian menunjukkan: (1) sebelum penggunaan media Sway, rata-rata minat belajar siswa sebesar 20,50 (SD = 2,771) dengan 84% siswa pada kategori rendah; (2) setelah penggunaan media Sway, rata-rata minat belajar meningkat menjadi 35,39 (SD = 3,852) dengan 55% siswa pada kategori tinggi; (3) sebelum penggunaan media Sway, rata-rata hasil belajar siswa sebesar 54,72 (SD = 9,467) dengan 61% siswa pada kategori sedang; (4) setelah penggunaan media Sway, rata-rata hasil belajar meningkat menjadi 71,94 (SD = 9,097) dengan 83% siswa pada kategori tinggi. Uji Paired Sample Test menunjukkan nilai signifikansi 0,000 (< 0,05), sehingga hipotesis alternatif diterima. Hal ini membuktikan adanya perbedaan signifikan pada minat dan hasil belajar sebelum dan sesudah penggunaan media Sway. Dengan demikian, media Sway terbukti berpengaruh positif dalam meningkatkan minat dan hasil belajar bahasa Arab siswa kelas VI.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Yamin, D. L. (2023). Bahasa Arab Sebagai Identitas Budaya Islam dan Pemersatu Keberagaman Suku. Ta’limi | Journal of Arabic Education and Arabic Studies, 2(1). https://doi.org/10.53038/tlmi.v2i1.60 DOI: https://doi.org/10.53038/tlmi.v2i1.60

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azisah, S. (2014). Guru Dan Pengembangan Kurikulum Berkarakter.

Batubara, H. H. (2021). Media Pembelajaran Digital. PT Remaja Rosdakary.

Habibah, A., & Syihabuddin. (2021). Evaluasi Ketrampilan Menyimak Dengan Memanfaatkan Permainan Berbisik Berantai Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Al-Ittijah: Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Bahasa Arab, 12(2), 97–106.

Hakim, A. (2021). Pendekatan Sistem Pembelajaran Bahasa Arab. Shaut Al Arabiyyah, 9(2), 176. https://doi.org/10.24252/saa.v9i2.25177 DOI: https://doi.org/10.24252/saa.v9i2.25177

Haniah. (2014). Pemanfaatan teknologi informasi dalam mengatasi masalah belajar bahasa Arab. Al-Ta’rib: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 2(1), 1–19. https://doi.org/10.23971/altarib.v2i1.588 DOI: https://doi.org/10.23971/altarib.v2i1.588

Harefa, N., Fransisca Dewi Silalahi, N., Sormin, E., Sanga Lamsari Purba, L., & Sumiyati, S. (2019). The difference of students’ learning outcomes with project based learning using handout and sway Microsoft 365. Jurnal Pendidikan Kimia, 11(2), 24–30. https://doi.org/10.24114/jpkim.v11i2.14459 DOI: https://doi.org/10.24114/jpkim.v11i2.14459

Mania, S. S. dan S. (2020). Pengantar Metedologi Penelitian Panduan Bagi Peneliti Pemula. Pusaka Almaida.

Muhammad Yusuf Husen. (2020). Belajar Awal Aktual dengan Snowball Throwing Teavhing (STT).

Nurdyansyah. (2019). Media Pembelajaran Inovatif. UMSIDA Press. DOI: https://doi.org/10.21070/2019/978-602-5914-71-3

Patandung, Y., & Panggua, S. (2022). Analisis Masalah-Masalah Pendidikan dan Tantangan Pendidikan Nasional. Jurnal Sinestesia, 12(2).

Rahayu, B. I. (2020). Media Card Sort untuk Meningkatkan Pemahaman Kosakata dalam Maharah Qiro’ah (Membaca) pada Pembelajaran Bahasa Arab. Prosiding Semnasbama IV UM Jilid 1, IV(I), 255–267.

Rusydiyah, E. F. (2019). Teknologi Pembelajaran (Implementasi Pembelajaran Era 4.0). UIN Sunan Ampel Press.

Salma, D. (2012). Teknologi dalam Wawasan Pendidikan,.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.

Tamsil, I. M. (2020). Analisis Metode Card Sort Dalam Pembelajaran Mufradat Berbasis Pendekatan Kognitif. Lughawiyah: Journal of Arabic Education and Linguistics, 2(1), 46–55. https://doi.org/10.31958/lughawiyah.v2i1.1783 DOI: https://doi.org/10.31958/lughawiyah.v2i1.1783

Widyanti, H., Romlah, E. N., Akhyadi, A. S., & Jumiatin, D. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Permainan Pesan Berantai Pada Anak Usia Dini Di Tk Rian Kumarajaya. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(3), 92. https://doi.org/10.22460/ceria.v2i3.p92-104 DOI: https://doi.org/10.22460/ceria.v2i3.p92-104

Published

2025-08-21

How to Cite

Sinta, P., Haniah, H., & Chalik, S. A. (2025). Pengaruh Penggunaan Media Sway terhadap Minat dan Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VI di MI Yapit Paranakeng Gowa. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(3), 3752–3766. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i3.6766

Issue

Section

Articles

Categories