Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Negeri 130/VI Sungai Manau III
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i3.6732
Keywords:
Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Keterampilan Membaca PemahamanAbstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri 130/VI Sungai Manau III. Siswa mengalami kesulitan dalam menemukan ide pokok, menjawab pertanyaan berdasarkan teks, serta kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan proses dan hasil keterampilan membaca pemahaman melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas dua pertemuan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 26 siswa kelas V pada Semester I Tahun Pelajaran 2025/2026. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran mengalami peningkatan. Skor observasi pendidik meningkat dari 68,75% (siklus I pertemuan 1) menjadi 93,75% (siklus II pertemuan 2). Pada aspek peserta didik, kategori “sangat baik” meningkat dari 38,46% menjadi 50%, sementara kategori “kurang” menurun dari 19,23% menjadi 0%. Hasil belajar siswa juga menunjukkan peningkatan, yaitu dari 65,4% siswa yang tuntas pada siklus I menjadi 84,6% pada siklus II. Dengan demikian, penerapan model CIRC terbukti dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa.
Downloads
References
Abidin, Y. (2019). Konsep dasar bahasa indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
Agkris, M. T. (2022). Keterampilan Membaca. Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia (PRCI).
Akbar, J. S., Dharmayanti, P. A., & Nurhidayah, V. A. (2023). Model dan Metode Pembelajaran Inovatif (Teori dan Panduan Praktis) (Vol. 1).
Arikunto. (2020). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Ariyana, I. K. S., & Suastika, I. N. (2022). Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) sebagai Salah Satu Strategi Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(1), 203. https://doi.org/10.33087/jiubj.v22i1.2016
Astati. (2023). Peningkatan Kemampuan Membaca dan Menulis Permulaan dengan Metode Cooperative Integrated Reading and Composition pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II SD Negeri 08 Kubang Duo Koto Panjang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 20695–20701. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/9552
Aulia, R. (2023). Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Anak Tunarungu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(1), 347. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu
Ayuningrum, Syamzah, Herzamzam, & Anungrat, D. (2022). Konsep dan Implementasi Pembelajaran Membaca Pemahaman di SD kelas VI. Jurnal : Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 5(2), 232.
Daniati, E., Basri, I., & Nursaid. (2022). Pengaruh Strategi POINT terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman siswa kelas VIII SMPN 3 Talamau. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 263–270.
Fentika, A. G. (2025). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Model Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) Pada Siswa Sdn 8 Metro Barat. Skripsi Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan.
Haerullah, A., & Hasan, S. (2019). Model & Pendekatan Pembelajaran Inovatif (Teori dan Aplikasi). In Lintas Nalar. Lintas Nalar.
Helmiati. (2019). Model Pembelajaran. Aswaja Pressindo.
Istarani. (2021). Model Pembelajaran Inovatif. Media Persada.
Kodariah, S., & Samsudin, A. (2022). Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Bacaan Kelas Ii Menggunakan Model Circ (Cooperative Integrated Reading and Composition) Pada Siswa Sdn Tangkil. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 8(2), 3032–3039. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.555
Krida, S. K., Leuwol, F. S., Wijayanti, A., & Hiasa, F. (2023). Model-Model Pembelajaran: Prinsip, Konsep, dan Aplikasi. CV. Edupedia Publisher.
Kristia, R. F., & Fitriyah, H. (2018). Ketrampilan Membaca. STKIP PGRI Bangkalan.
Kusumaningrum, Rahma Aprillia, Arlinita, L., Shabrina, N., Sari, T. E. P., Liswara, B., & Ernawati, T. (2024). Blended Learning: Model Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532.
Munawaroh, Fajriyatul, Prastika, Devi, Malinda, Putri, D., & Tansilurrahman, M. (2024). Peran Perpustakaan Sekolah dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa. Jurnal Multidisiplin Ilmu Akademik, 1(4), 8–17.
Musyawir, Ansori, S., Irani, U., Delimayanti, K., Surwuy, M., S, G., Nurul Hidayah, S., Sihotang, C., Massang, B., Puspitasari, T., Magfirah, I., Agung, A. S., & Elvianasti, M. (2022). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Mifandi Mandiri Digital.
Niliawati, L. (2018). Penerapan Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Berbicara Dengan Bahasa Inggris. Jurnal Litbang: Media Informasi Penelitian, Pengembangan dan IPTEK, 14(2), 131–138. https://doi.org/10.33658/jl.v14i2.115
Ningrum, Y., & Kristin, F. (2019). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Model Cooperative Integrated Reading And Compotition Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Penelitian dan Artikel Pendidikan, Vol. 11, N.
Putri, Megawati, I., Yarmi, Gusti, Jaya, & Indra. (2024). Analisis Penilaian Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(02), 7304–7313.
Salamun, Widyastuti, A., Syawaluddin, Iwan, R. N. A., Simarmata, J., Simarmata, E. J., Suleman, Y. N., Lotulung, C., & Arief, M. H. (2023). Model Model Pembelajaran Inovatif. Yayasan Kita Menulis.
Sari, M. C., & Nababan, E. B. (2024). Penerapan Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Basataka (JBT), 7(1), 290–302.
Sari, M. P., Ahyani, N., & Nurlina, N. (2024). Peranan Perpustakaan dalam Meningkatkan Minat Baca di SD Islam Khalifah Annizam Palembang. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 4(3), 881–891. https://doi.org/10.37481/jmh.v4i3.1000
Siregar, S., Harahap, F. A., Dalimunthe, D., & Purnama, T. B. (2024). Faktor Penyebab Kesulitan Membaca dan Dampak terhadap Perkembangan Prestasi Siswa Kelas IV-VI SDN 104255 Pantai Labu. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 5, 391–400.
Soyli, Sisilia, Halidjah, S., & Margiati. (2023). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Menggunakan Metode Kerja Kelompok di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Untan, 1(3), 2–12.
Subadiyono. (2018). Pembelajaran Membaca. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Nomor 1). Noer Fikri Offset.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sunarti, D. (2023). Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Chakti Pustaka Indonesia.
Suparlan. (2021). Ketrampilan Membaca pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 1–12. https://doi.org/10.36088/fondatia.v5i1.1088
Syaifudin, S. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. In Borneo : Journal of Islamic Studies (Vol. 1, Nomor 2). Pystaka Insan. https://doi.org/10.37567/borneo.v1i2.440
Tampubolon, S. (2019). Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Erlangga.
Wirawan. (2022). Model-Model Pembelajaran Untuk Implementasi Kurikulum Merdeka. Bening Pustaka.
Yuberti. (2020). Teori Pembelajaran Dan Pengembangan Bahan Ajar Dalam Pendidikan. In Psikologi Pendidikan (Vol. 1). Anugrah Utama Raharja (AURA).
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2025 Dini Safitri, Aprizan Aprizan, Puput Wahyu Hidayat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.