Representasi Gangguan Berbahasa Autisme pada Tokoh Jati dalam Film Aku Jati Aku Asperger: Kajian Psikolinguistik

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i4.6670

Authors

  • Marsya Alvia Zahra Universitas Ahmad Dahlan
  • Angga Trio Sanjaya Universitas Ahmad Dahlan

Keywords:

Asperger, film, gangguan berbahasa, pragmatik klinis, psikolinguistik

Abstract

Penelitian ini membahas representasi gangguan berbahasa autisme pada tokoh Jati dalam film Aku Jati Aku Asperger (2024) melalui pendekatan psikolinguistik dan pragmatik klinis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan memahami bentuk-bentuk gangguan bahasa yang dialami Jati serta kaitannya dengan aspek kognitif dan sosial penyandang sindrom Asperger. Kajian ini menyoroti bentuk-bentuk gangguan seperti gangguan pemaknaan literal, echolalia, ketergantungan pada topik khusus, pemaknaan kaku terhadap jadwal dan aturan, serta kesulitan memahami emosi dan maksud lawan bicara. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik simak bebas libat cakap dan catat, serta analisis padan pragmatik dalam menginterpretasikan data. Sumber data berupa tuturan verbal tokoh Jati yang dianalisis berdasarkan konteks sosial dan emosional dalam adegan film. Hasil menunjukkan bahwa tokoh Jati menampilkan karakteristik khas sindrom Asperger dalam aspek semantik, pragmatik, dan regulasi emosi. Pendekatan pragmatik klinis dan teori pikiran digunakan untuk menelaah hambatan komunikasi tersebut. Penelitian ini berkontribusi dalam memperkaya kajian psikolinguistik dan pragmatik klinis melalui analisis representasi autisme dalam media film, sekaligus mendorong peningkatan empati dan kesadaran sosial terhadap individu dengan tantangan komunikasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Busro, M. (2016). Kajian dalam Psikolinguistik; Perangkat Penelitian, Strategi dan Penggunaan Metode Penelitian. Al Hikmah Jurnal Studi Keislaman, 6(2), 209-218.

Chaer, A. (2015). Psikolinguistik: Kajian Teoretik. Jakarta: Rineka Cipta.

Cummings, L. (2007). Pragmatik: Sebuah perspektif multidisipliner. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dardjowidjojo, S. (2018). Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Yayasan Pustaka Obor Indonesia. DKI Jakarta.

Gumiwang, A. R. (2021). Pragmatic Languange Impairment Pada Remaja Bilingual. 1–10.

Handayani Napitupulu, L. (2023). Kemampuan Berbahasa Anak Dengan Sindrom Asperger. BIP: Jurnal Bahasa Indonesia Prima, 5(2). https://doi.org/10.34012/bip.v4i1.2708 DOI: https://doi.org/10.34012/bip.v5i2.4162

Indah, R. N. (2017). Gangguan Berbahasa Kajian Pengantar. UIN-MALIKI Press.

Khoiriyah, N. (2022). Hambatan Komunikasi Tokoh Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Dalam Film Dancing in The Rain. Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran, 17(27).

Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa sebagai alat komunikasi dalam kehidupan manusia. Kampret Journal, 1(2), 1-10. DOI: https://doi.org/10.35335/kampret.v1i1.8

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Penelitian dan Pengabdian Sastra, J., Pendidikan, dan, Psikolinguistik, K., Berbahasa pada Anak Autisme Julianita, G., Kusyirah, M., & Universitas Islam Riau a-d julianita, F. (2023). SAJAK. 2(2). https://journal.uir.ac.id/index.php/sajak DOI: https://doi.org/10.25299/s.v2i2.11783

Pratama, R. Y. (2022). Analisis gangguan bahasa pada anak melalui kajian psikolinguistik. Fashohah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Arab, 2(1), 40-48. DOI: https://doi.org/10.33474/fsh.v2i1.14355

Rakhmanita, E. (2020). Kajian Psikolinguistik terhadap gangguan berbahasa autisme. Universitas Sebelas Maret, 1-9. DOI: https://doi.org/10.31227/osf.io/s8mu5

Soendari, T. (2012). Metode penelitian deskriptif. Bandung, UPI. Stuss, Magdalena & Herdan, Agnieszka, 17, 75.

Sudaryanto. (2015). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguistis. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian: Untuk Penelitian yang Bersifat Eksploratif, Interpretif, Interaktif, dan Konstruktif. Bandung: CV. Alfabeta.

Sundoro, A. (2020). Kajian Psikolinguistik terhadap Penderita Gangguan Berbicara Cadel pada Usia Remaja. Jurnal Diksatrasia, 8(2), 344–352. https://jurnal.unigal.ac.id/diksatrasia/article/download/13544/8242 DOI: https://doi.org/10.25157/diksatrasia.v8i2.13544

Ulumudin, I. (2020). Pengembangan Model “Teknik Imitasi” Sebagai Terapi Dasar Untuk Anak Usia Dini Dengan Autisme. 15(1), 41–52. DOI: https://doi.org/10.21009/JIV.1501.5

Utami, T. F. (2023). BAB II Landasan Teoretis: Kajian Psikolinguistik. https://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1405/6/BAB2_TRIAS%20FEBI%20UTAMI_PBSI%20-%20trias%20febi.pdf

Yani, N. F. (2017). Kemampuan anak penderita autis dalam memahami tindak tutur direktif: tinjauan pragmatik klinis. Retorika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 10(1), 256804.

Published

2025-11-18

How to Cite

Zahra, M. A., & Angga Trio Sanjaya. (2025). Representasi Gangguan Berbahasa Autisme pada Tokoh Jati dalam Film Aku Jati Aku Asperger: Kajian Psikolinguistik . Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(4), 4761–4774. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i4.6670