Representasi Gangguan Berbahasa Autisme pada Tokoh Jati dalam Film Aku Jati Aku Asperger: Kajian Psikolinguistik
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i4.6670
Keywords:
Asperger, film, gangguan berbahasa, pragmatik klinis, psikolinguistikAbstract
Penelitian ini membahas representasi gangguan berbahasa autisme pada tokoh Jati dalam film Aku Jati Aku Asperger (2024) melalui pendekatan psikolinguistik dan pragmatik klinis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan memahami bentuk-bentuk gangguan bahasa yang dialami Jati serta kaitannya dengan aspek kognitif dan sosial penyandang sindrom Asperger. Kajian ini menyoroti bentuk-bentuk gangguan seperti gangguan pemaknaan literal, echolalia, ketergantungan pada topik khusus, pemaknaan kaku terhadap jadwal dan aturan, serta kesulitan memahami emosi dan maksud lawan bicara. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik simak bebas libat cakap dan catat, serta analisis padan pragmatik dalam menginterpretasikan data. Sumber data berupa tuturan verbal tokoh Jati yang dianalisis berdasarkan konteks sosial dan emosional dalam adegan film. Hasil menunjukkan bahwa tokoh Jati menampilkan karakteristik khas sindrom Asperger dalam aspek semantik, pragmatik, dan regulasi emosi. Pendekatan pragmatik klinis dan teori pikiran digunakan untuk menelaah hambatan komunikasi tersebut. Penelitian ini berkontribusi dalam memperkaya kajian psikolinguistik dan pragmatik klinis melalui analisis representasi autisme dalam media film, sekaligus mendorong peningkatan empati dan kesadaran sosial terhadap individu dengan tantangan komunikasi.
Downloads
References
Busro, M. (2016). Kajian dalam Psikolinguistik; Perangkat Penelitian, Strategi dan Penggunaan Metode Penelitian. Al Hikmah Jurnal Studi Keislaman, 6(2), 209-218.
Chaer, A. (2015). Psikolinguistik: Kajian Teoretik. Jakarta: Rineka Cipta.
Cummings, L. (2007). Pragmatik: Sebuah perspektif multidisipliner. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dardjowidjojo, S. (2018). Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Yayasan Pustaka Obor Indonesia. DKI Jakarta.
Gumiwang, A. R. (2021). Pragmatic Languange Impairment Pada Remaja Bilingual. 1–10.
Handayani Napitupulu, L. (2023). Kemampuan Berbahasa Anak Dengan Sindrom Asperger. BIP: Jurnal Bahasa Indonesia Prima, 5(2). https://doi.org/10.34012/bip.v4i1.2708 DOI: https://doi.org/10.34012/bip.v5i2.4162
Indah, R. N. (2017). Gangguan Berbahasa Kajian Pengantar. UIN-MALIKI Press.
Khoiriyah, N. (2022). Hambatan Komunikasi Tokoh Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Dalam Film Dancing in The Rain. Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran, 17(27).
Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa sebagai alat komunikasi dalam kehidupan manusia. Kampret Journal, 1(2), 1-10. DOI: https://doi.org/10.35335/kampret.v1i1.8
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Penelitian dan Pengabdian Sastra, J., Pendidikan, dan, Psikolinguistik, K., Berbahasa pada Anak Autisme Julianita, G., Kusyirah, M., & Universitas Islam Riau a-d julianita, F. (2023). SAJAK. 2(2). https://journal.uir.ac.id/index.php/sajak DOI: https://doi.org/10.25299/s.v2i2.11783
Pratama, R. Y. (2022). Analisis gangguan bahasa pada anak melalui kajian psikolinguistik. Fashohah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Arab, 2(1), 40-48. DOI: https://doi.org/10.33474/fsh.v2i1.14355
Rakhmanita, E. (2020). Kajian Psikolinguistik terhadap gangguan berbahasa autisme. Universitas Sebelas Maret, 1-9. DOI: https://doi.org/10.31227/osf.io/s8mu5
Soendari, T. (2012). Metode penelitian deskriptif. Bandung, UPI. Stuss, Magdalena & Herdan, Agnieszka, 17, 75.
Sudaryanto. (2015). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguistis. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian: Untuk Penelitian yang Bersifat Eksploratif, Interpretif, Interaktif, dan Konstruktif. Bandung: CV. Alfabeta.
Sundoro, A. (2020). Kajian Psikolinguistik terhadap Penderita Gangguan Berbicara Cadel pada Usia Remaja. Jurnal Diksatrasia, 8(2), 344–352. https://jurnal.unigal.ac.id/diksatrasia/article/download/13544/8242 DOI: https://doi.org/10.25157/diksatrasia.v8i2.13544
Ulumudin, I. (2020). Pengembangan Model “Teknik Imitasi” Sebagai Terapi Dasar Untuk Anak Usia Dini Dengan Autisme. 15(1), 41–52. DOI: https://doi.org/10.21009/JIV.1501.5
Utami, T. F. (2023). BAB II Landasan Teoretis: Kajian Psikolinguistik. https://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1405/6/BAB2_TRIAS%20FEBI%20UTAMI_PBSI%20-%20trias%20febi.pdf
Yani, N. F. (2017). Kemampuan anak penderita autis dalam memahami tindak tutur direktif: tinjauan pragmatik klinis. Retorika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 10(1), 256804.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2025 Marsya Alvia Zahra, Angga Trio Sanjaya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.









